cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Teknik Sipil
ISSN : 08532982     EISSN : 25492659     DOI : 10.5614/jts
Core Subject : Engineering,
Jurnal Teknik Sipil merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan berkala setiap tiga bulan, yaitu April, Agustus dan Desember. Jurnal Teknik Sipil diterbitkan untuk pertama kalinya pada tahun 1990 dengan membawa misi sebagai pelopor dalam penerbitan media informasi perkembangan ilmu Teknik Sipil di Indonesia. Sebagai media nasional, Jurnal Teknik Sipil diharapkan mampu mengakomodir kebutuhan akan sebuah media untuk menyebarluaskan informasi dan perkembangan terbaru bagi para peneliti dan praktisi Teknik Sipil di Indonesia. Dalam perkembangannya, Jurnal Teknik Sipil telah terakreditasi sebagai jurnal ilmiah nasional sejak tahun 1996 dan saat ini telah terakreditasi kembali (2012-2017). Dengan pencapaian ini maka Jurnal Teknik Sipil telah mengukuhkan diri sebagai media yang telah diakui kualitasnya. Hingga saat ini Jurnal Teknik Sipil tetap berusaha mempertahankan kualitasnya dengan menerbitkan hanya makalah-makalah terbaik dan hasil penelitian terbaru.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 28 No 1 (2021): Jurnal Teknik Sipil" : 12 Documents clear
Study of Factors Affecting Consumer Satisfaction of Trans Metro Bandung Bus Using Structural Equation Modeling - Partial Least Square Method Dwi Prasetyanto; Andrean Maulana; Muhammad Rizki; Made Devina Parantina
Jurnal Teknik Sipil Vol 28 No 1 (2021): Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Institut Teknologi Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5614/jts.2021.28.1.11

Abstract

Abstrak Sarana angkutan umum massal yang beroperasi di Kota Bandung salah satunya adalah Bus Trans Metro Bandung (TMB) koridor 3, rute Cicaheum-Sarijadi. Pelayanan Bus TMB tersebut harus memenuhi kepuasan penggunanya, tetapi saat ini kepuasan pengguna Bus TMB dirasa kurang khususnya dalam hal kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan penggunanya menggunakan metode Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Pengujian model SEM-PLS dibagi menjadi 2 yaitu outer model (model pengukuran) dan inner model (model struktural). Hasil analisis yang telah dilakukan menemukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen Bus TMB yaitu variabel reliability (waktu kedatangan bus) dan variabel tangibles (kebersihan interior, tempat duduk, dan jendela bus), variabel assurance (keramahan dan kesopanan petugas dalam memberikan pelayanan), variabel responsiveness (transaksi yang dilayani atau dilaksanakan dengan cepat dan tepat) dan variabel emphaty (kepedulian petugas untuk mengingatkan penumpang yang akan turun). Adapun dari kelima variabel, variabel yang paling signifikan terhadap kepuasan konsumen adalah dimensi reliability (waktu kedatangan bus sesuai jadwal). Kata Kunci: Kepuasan konsumen; metode SEM-PLS; reliability Abstract One of the mass public transportation facilities in Bandung city is Trans Metro Bandung (TMB) Bus, which is operating in corridor 3, Cicaheum-Sarijadi route. The TMB Bus service must fulfill the satisfaction of its users, but currently the satisfaction of TMB Bus users is felt to be lacking, especially in terms of service quality. This study aims to analyze the factors that influence user's satisfaction using the Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) method. SEM-PLS model is divided into 2 model, outer model (measurement model) and inner model (structural model). The analysis found that the factors that affect customer satisfaction of TMB are the reliability variable (bus arrival time) and tangibles variables (interior cleanliness, seats and bus windows), the assurance variable (friendliness and courtesy of the officers in providing services) , the responsiveness variable (transactions that are served or executed quickly and accurately) and the emphaty variable (the officer's concern to remind passengers to get off). Among the five variables, the dimension of reliability (bus arrival time according to schedule)is the most significant variable that influenced customer satisfaction. Key words: Customer satisfaction; SEM-PLS method; reliability
Pengembangan metode penilaian indikator transportasi berkelanjutan di Indonesia Russ Bona Frazila; Febri Zukhruf; Taufiq Suryo Nugroho; Rudy Hermawan Karsaman; Harmein Rahman
Jurnal Teknik Sipil Vol 28 No 1 (2021): Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Institut Teknologi Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5614/jts.2021.28.1.8

Abstract

Abstrak Kegiatan ekonomi di suatu kawasan perlu ditunjang oleh mobilitas yang tinggi namun tetap efisien. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan pengembangan sistem transportasi berkelanjutan di suatu kawasan. Sistem transportasi yang berkelanjutan memastikan bahwa sumber daya yang digunakan untuk melakukan mobilitas pada saat ini tidak akan menimbulkan dampak negatif bagi generasi yang akan datang. Makalah ini mengusulkan metode penilaikan indikator transportasi berkelanjutan di Indonesia dan membagi indikator transportasi berkelanjutan menjadi tiga pilar: ekonomi, sosial, dan lingkungan. Selain itu makalah ini mengusulkan metode perhitungan indikator transportasi berkelanjutan untuk 2 jenis kawasan: kawasan perkotaan, dan kawasan antar kota. Metode perhitungan indeks ini kemudian diaplikasikan untuk menghitung indeks transportasi berkelanjutan di kawasan kota-kota provinsi Jawa Barat. Untuk kawasan antar kota, perhitungan indeks untuk provinsi Jawa Barat kemudian dibandingkan dengan 4 provinsi lain di Indonesia dengan karakter yang hampir sama yaitu: Sumatera Utara, Banten, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Keywords: Indeks transportasi; kawasan perkotaan; transportasi berkelanjutan Abstract In many cities and countries, efficient movements for people and goods are required to support the economy. This can usually be achieved by developing a sustainable transportation system. A sustainable transportation system ensures that the resources used to provide existing transportation system will continue to be available in the future and that the externalities associated with transportation will not have negative impacts to the future generations. This paper suggests a method to calculate index to measure sustainability of the transport systems in Indonesia. The method includes a calculation for three main pillars of a sustainable transportation system: economy, social, and environment. Further, this paper suggests the methods to calculate the index for two different area: urban area and inter urban area. The suggested methods then are applied for West Java. For urban area, we calculate the index for five cities in West Java. As for intercity cases, the index for West Java than is compared with four other provinces with similar characteristics: North Sumatera, Banten, West Java, Central Java, and East Java. Keywords: Transportation index; urban area, sustainable transport
Tinjauan Teknis Permasalahan dan Penanggulangan Banjir di Sungai Krueng Teunom Hilir Provinsi Aceh, Menuju Mitigasi Bencana Banjir Terintegrasi Ella Meilianda; Dedy Alfian; Nazriatun Nisa; Fitri Zaitun Nurnalisa; Taslia Khaira; Veri Yanti; Saumi Syahreza
Jurnal Teknik Sipil Vol 28 No 1 (2021): Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Institut Teknologi Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5614/jts.2021.28.1.6

Abstract

Abstrak  Peristiwa banjir yang dialami oleh masyarakat di hilir sungai Krueng Teunom di Kabupaten Aceh Jaya dapat mewakili kasus-kasus bencana banjir yang sering terjadi di kawasan pesisir barat Provinsi Aceh. Dalam kurun waktu 2012 – 2019 terdapat 28 kali kejadian banjir, akibat luapan sungai Krueng Teunom yang melintasi Kecamatan Keude Teunom. Tinjauan teknis terhadap faktor-faktor penyebab banjir di Kawasan Teunom sejauh ini belum dilakukan secara komprehensif dan terintegrasi, sehingga upaya yang dilakukan untuk memitigasi bencana banjir menjadi kurang efektif. Untuk itu, penelitian ini mempunyai dua tujuan, yaitu: 1) meninjau secara teknis faktor-faktor yang menjadi penyebab terjadinya banjir; 2) memberikan rekomendasi terhadap sasaran pengendalian debit sungai Krueng Teunom sebagai upaya untuk mitigasi bencana banjir. Selain melakukan analisis permasalahan banjir secara empiris melalui FGD dengan pemangku kebijakan dan kepentingan, juga dilakukan tinjauan teknis menggunakan analisis spasial berbasis GIS. Penyebab utama banjir di hilir DAS Krueng Teunom adalah penurunan kapasitas sungai (pendangkalan) baik di badan sungai ataupun di muara sungai akibat sedimentasi yang cukup tinggi. Penyebab banjir lainnya adalah besarnya laju angkutan sedimen dari arah laut yang menutup muara sungai. Upaya mitigasi yang disarankan adalah merehabilitasi tanggul-tanggul kritis, mengendalikan dan mengurangi sedimen dari laut untuk mengurangi pendangkalan muara sungai. Kata-kata Kunci: Mitigasi banjir, curah hujan, GIS, FGD, tutupan lahan Abstract Flood events experienced by the community downstream of the Krueng Teunom river in Aceh Jaya District represent cases of flood disasters that often occur in the western coast of Aceh Province. During the period of 2012 - 2019 there were 28 flood events, due to the overflowing of the Krueng Teunom river that crossed Keude Teunom Sub District. So far, the technical review of the factors causing floods in the Teunom area has not been carried out in a comprehensive and integrated manner, so that the efforts made to mitigate flood disasters have become less effective. For this reason, the objectives of the study are twofolds: 1) technical review the factors causing floods; 2) provide recommendations on the Krueng Teunom river discharge control target as a mitigation effort. In addition to analyze the flood problems empirically through FGDs with policy makers and stakeholders, a technical review was conducted using GIS-based spatial analysis. The main cause of flooding in the downstream of the Krueng Teunom is a decrease in river capacity (silting) due to high sedimentation. Another cause of flooding is the large rate of sediment transport from the sea that closes the river mouth. The recommended mitigation measures are rehabilitating critical dykes, controlling and reducing sediment from the sea to reduce silting of river mouths. Keywords: Floods mitigation, rainfall, GIS, FGD, land cover
Study on Motorcycle Crash Cost in Bandung City Safety Husna Pangestika; Aine Kusumawati; Ade Sjafruddin
Jurnal Teknik Sipil Vol 28 No 1 (2021): Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Institut Teknologi Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5614/jts.2021.28.1.2

Abstract

Crash cost is an important component for conducting economic analysis in selecting countermeasures for crash locations. It is used to convert the benefit of crash or fatality reduction into monetary terms. Many research on crash cost have been carried out in Indonesia. Most of the research utilized gross output/human capital approach. However, this approach has been widely criticized for not being able to describe the quality of life of crash casualties and the costs of pain, grief and suffering (i.e. human cost). The concept of Value of Statistical Life  (VoSL) has been introduced by InDeV (2016) to calculate the human cost, which is assessed by using willingness to pay approach. To obtain a more reliable estimation of crash cost for Indonesia, it is necessary to conduct a study on crash cost involving motorcycles which incorporates the estimation of human cost. The VoSL is obtained by interviewing motorcycle users for willingness to pay with safety equipment. Based on the analysis, it is obtained that the value of statistical life (VoSL) for fatality in a road crash was estimated to be Rp.2.3 billion. The unit cost of fatal injury is Rp.3.08 billion, serious injury is Rp.333 million and slight injury is Rp.24.9 million. The unit cost of fatal crash on arterial roads is Rp.3.23 billion, serious crash is Rp.451 million and the slight crash is Rp.114 million. The unit cost of fatal crash on collector roads is Rp.3.16 billion, serious crashes is Rp.381 million and minor crash is Rp.69.4 million. The unit cost of fatal crash on local roads is Rp.3.09 billion, serious crash is Rp.338 million, and minor crash is Rp.29.8 million. Keywords: Motorcycle crash cost, gross output approach, human capital approach, willingness to pay approach
Penilaian Kondisi Visual dan Prediksi Sisa Umur Jembatan Way Gedau Lampung dengan Metode Bridge Management System Nadifa Gina Safana; Sumargo Sumargo
Jurnal Teknik Sipil Vol 28 No 1 (2021): Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Institut Teknologi Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5614/jts.2021.28.1.3

Abstract

Abstrak Jembatan merupakan prasarana yang erat kaitannya dengan sistem jaringan jalan karena jika terjadi kerusakan pada jembatan, maka lalu lintas akan terganggu. Oleh sebab itu pemeriksaan dan penilaian kondisi jembatan sangat penting dilakukan untuk memantau dan menjaga kinerja jembatan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi kerusakan elemen dan struktur Jembatan Way Gedau sehingga dapat diperoleh gambaran kondisi dan prediksi sisa umur jembatan. Pemeriksaan inventarisasi dan pemeriksaan detail Jembatan Way Gedau dilaksanakan tahun 2017 menggunakan metode BMS yang telah menjadi rujukan umum pemeriksaan jembatan di Indonesia. Pengolahan data survei dilakukan untuk menentukan nilai kondisi. Sisa umur jembatan diestiamsi dari hasil nilai kondisi dengan menggunakan persamaan yang dikembangkan Bina Marga. Hasil analisa menujukkan bahwa jembatan mengalami beberapa kerusakan terutama pada elemen lantai dan bangunan bawah jembatan sehingga dibutuhkan pemeliharaan rutin dan penanganan sementara. Prediksi sisa umur Jembatan Way Gedau adalah 18,89 tahun dengan nilai kondisi jembatan secara keseluruhan sebesar 2 yang berarti jembatan masuk dalam kategori rusak ringan. Hasil ini menunjukkan bahwa perlu dilakukan pencegahan dan perbaikan berupa penambaan pada lapis permukaan yang berlubang dan pembuatan bronjong di sekitar abutment. Perbaikan tersebut dapat menjadi salah satu upaya menjaga kinerja jembatan tetap optimal hingga umur rencana. Kata-kata Kunci: BMS, jembatan, nilai kondisi, Way Gedau Lampung Abstract   Bridges are infrastructure that is closely related to the road network system because if there is damage to the bridge, traffic will be disrupted. Therefore, checking and assessing the condition of the bridge is very important to monitor and mantain bridge performance. The purpose of this research is to identify damaged elements and structures of the Way Gedau Bridge so that a description of the condition and prediction of the remaining life of the bridge can be obtained. Inventory checks and detailed checks on the Way Gedau Bridge were carried out in 2017 using the BMS method which has become the general reference for bridge inspection in Indonesia. Survey data processing is carried out to determine the value of the condition. The remaining life of the bridge is estimated from the results of the condition values using the equation developed by Bina Marga. The results of the analysis show that the bridge has suffered several damages, especially on the floor elements and under the bridge, so that it requires routine maintenance and temporary handling. The prediction for the remaining life of the Way Gedau Bridge is 18.89 years with a value of the overall condition of the bridge of 2, which means that the condition of the bridge is in the lightly damaged category. These results indicate that it is necessary to prevent and repair by patching on the perforated surface layer and making gabions around the abutment. This repair can be an effort to keep the bridge perform optimally until the design life. Keywords: BMS, condition value, bridge, Way Gedau Lampung
Optimasi Tarif Kereta Bandara Soekarno-Hatta dengan Model Permintaan Berbasis Discrete Choice Experiment Fransiscus Rian Pratikto; Mathew Zephaniah Samtani
Jurnal Teknik Sipil Vol 28 No 1 (2021): Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Institut Teknologi Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5614/jts.2021.28.1.9

Abstract

Abstrak  Penelitian ini bertujuan menentukan tarif optimal Kereta Bandara Soekarno Hatta dengan fungsi permintaan yang diturunkan dengan pendekatan discrete-choice experiment. Fungsi permintaan diperoleh dengan memprediksi pilihan setiap individu pada beberapa tingkat harga yang berbeda, mengagregasikannya, dan kemudian menginterpolasikannya sehingga diperoleh fungsi yang kontinyu dan differentiable. Pilihan setiap individu diprediksi dari data utilitas individual menggunakan simulasi randomized first choice, sementara interpolasi fungsi permintaan dilakukan menggunakan cubic spline. Utilitas individual diestimasi dari data stated-preference berbentuk choice menggunakan pendekatan Bayesian. Dengan membatasi dua kelas tarif, harga ditentukan dengan mempertimbangkan kanibalisasi antar kelas tarif dan memperhatikan profitabilitas jangka panjang. Formulasi masalah optimasi yang diperoleh berbentuk nonlinear integer programming dengan fungsi tujuan polinomial orde empat yang parameternya dipengaruhi oleh nilai variabel keputusan. Ruang solusi yang tidak terlalu luas memungkinkan untuk memperoleh solusi dengan enumerasi, di mana diperoleh tarif optimal sebesar Rp70.000 untuk kelas tarif 1 di mana layanan Kereta Bandara dibundle dengan diskon angkutan taksi berbasis aplikasi, dan Rp67.000 untuk kelas tarif 2 yang berupa layanan Kereta Bandara saja. Dengan tarif tersebut diperkirakan akan diperoleh kontribusi total sebesar Rp375,27 milyar per tahun. Kata-kata Kunci: Bayesian, kanicalisasi, discrete-choice experiment, randomized first choice Abstract This research aims to determine optimal prices for the Soekarno-Hatta Airport Shuttle Train services in which the demand function is derived using the discrete-choice experiment approach. The demand function is obtained by predicting and aggregating individual choices at several price levels, followed by interpolating the results to obtain a continuous and differentiable function. Individual choices are predicted from individual utility data using the randomized first choice simulation, while the interpolation is conducted using cubic splines. Inidividual utilities are estimated choice stated-preference data using Bayesian approach. By assuming two fare-classes, optimal prices are determined by considering cannibalization between fare-classes and operator’s long-term profitability. The resulted optimization formulation is a nonlinear integer programming problem with quartic polynomial objective function whose coefficients depend on the value of the decision variables. Since the solution space is relatively small, optimal prices can be obtained using enumeration. The optimal prices are Rp70,000 for fare-class 1 where the sevice is bundled with a discount on the app-based taxi service, and Rp67,000 for fare-class 2 which provides shuttle train only. The annual total contribution from such pricing policy is estimated to be Rp375.27 billion. Keywords: Bayesian, cannibalization, discrete-choice experiment, randomized first choice.
Pengaruh Penambahan Tulangan Tekan Eksternal Terhadap Perilaku Struktur Beton Bertulang Nuroji Nuroji
Jurnal Teknik Sipil Vol 28 No 1 (2021): Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Institut Teknologi Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5614/jts.2021.28.1.4

Abstract

Abstrak Daktilitas struktur merupakan syarat yang harus dipenuhi pada struktur tahan gempa dimana struktur mampu berdeformasi besar pasca leleh tanpa runtuh. Kondisi demikian hanya dapat terjadi jika struktur direncanakan berdasarkan kaidah strong column weak beam dimana ketika terjadi gempa kuat sendi plastis hanya boleh terjadi pada balok di muka kolom kecuali pada kolom lantai dasar. Empat benda uji balok 180 mm×250 mm×2400 mm ditumpu sendi rol dengan jarak antar tumpuan 2250 mm dikenakan pembebanan four point bending dengan dimana jarak  beban  ke  beban  630  mm.  Tipe  I  terdiri  dari  dua  benda  uji  dengan  kuat  tekan  fc¢=47,280  MPa  dan  rasio tulangan dan r=26,00 % rb dan dua lainnya adalah tipe II dengan fc¢=38,168 MPa dan r = 59,02 % rb. Masing- masing tipe satu balok untuk benda uji kontrol dan satu lainnya untuk benda uji dengan penambahan pelat baja dengan lebar 50 mm dan tebal 5 mm di permukaan beton tekan. Peningkatan kapasitas, kekakuan dan daktilitas untuk tipe I masing-masing sebesar 27,50 %; 32,02 % dan 103,67 %, sedangkan untuk tipe II peningkatannya masing-masing sebesar 16,30 %; 0,77 % dan 21,24 %. Semakin tinggi rasio luas pelat dan luas tulangan tarik Ap/ As semakin besar pengaruhnya dalam peningkatan kapasitas, kekakuan dan daktilitas penampang beton. Kata-kata Kunci: Pelat baja, Tulangan eksternal, Kapasitas, Kekakuan, dan Daktilitas. Abstract The ductility requirements of a structure are defined by the degree of deformation after steel yielding induced by the earthquake responses. Such a condition can only be achieved when the structure is designed based on the strong column weak beam philosophy, where the plastic hinges only form in the beam at the column face due to seismic force, except the first floor. Four 180 mm×250 mm×2400 mm beams supported by hinge and roll with 2250 mm span subjected to four-point bending, where load to load span is 630 mm. Type I consists of two specimens with concrete compressive strength fc¢=47.280 MPa and reinforcing steel ratio r=26,00 % rb, and two others are type II with concrete compressive  strength  fc¢=38.168  MPa,  and reinforcing steel ratio  r=59,02  %  rb.  Each types one beam is the controlling specimen, and the other one is the specimen that has to be attached steel plate with 50 mm width and 5 mm thickness on compression concrete fiber. Increased capacity, stiffness, and ductility of type I are 27.50 %, 32.02 %, and 103.67 % respectively, while the increase of type II is 16.30 %, 0.77 %, and 21.24 % respectively. The higher the ratio of the steel plate area and the tensile reinforcement area Ap/As, the greater the effect on the increasing capacity, stiffness, and ductility to the concrete section. Keywords: Steel plate, External bar, Capacity, Stiffness, and Ductility.
Kajian Investasi Pembangunan Jalan Tol Menggunakan Dana Haji (Studi Kasus: Jalan Tol Gempol - Pandaan) Achmad Dzulfiqar Alfiansyah; Rudy Hermawan Karsaman; Harun Al-Rasyid
Jurnal Teknik Sipil Vol 28 No 1 (2021): Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Institut Teknologi Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5614/jts.2021.28.1.7

Abstract

Abstrak Pendanaan jalan tol di Indonesia dapat berasal dari dana pemerintah, swasta ataupun sumber lain. Salah satu alternatifnya adalah dengan sistem syariah yang didasarkan pada bagi hasil keuntungan dan resiko sesuai dengan presentase modal pinjaman yang diberikan. Pemerintah Indonesia telah berencana menggunakan dana haji sebagai modal investasi pembangunan infrastruktur, salah satunya pembangunan jalan tol. Namun hal ini menimbulkan protes dari masyarakat sebagai pemilik dana haji karena langkah tersebut dinilai berisiko tinggi. Sebagai hasil analisis kelayakan finansial diperoleh bahwa skema dana haji memiliki kelayakan investasi yang paling baik dibandingkan skema konvensional dan skema bank syariah berdasarkan parameter NPV, BCR, Payback Period, IRR, ROI, dan ROE dikarenakan tingkat suku bunga pada konvensional lebih tinggi dibandingkan skema syariah. Skema dana haji lebih baik dibandingkan skema bank syariah disebabkan cara menghitung bagi hasil skema dana haji menghasilkan nilai yang lebih kecil dibandingkan pinjaman bank syariah. Dana haji layak secara finansial dan dapat diterapkan pada pembiayaan jalan tol di Indonesia. Namun perlu adanya perundang- undangan yang jelas dan menjamin penggunaan dana haji aman dan bermanfaat bagi pemilik dana haji. Kata-kata Kunci: Jalan tol, dana haji, investasi, kelayakan finansial, tarif tol, optimasi. Abstract Toll road funding in Indonesia could come from the government, private sector or other sources. One of funding alternative is the sharia system, which based on profit and risk sharing according to the percentage of loan capital provided. The Indonesian government has planned to use Hajj fund as investment capital for construction of toll road. However, this plan caused protests from the society as an owner of the Hajj fund because it was considered as a high-risk investment. The result of this study, the Hajj fund scheme have the best investment feasibility more than conventional and sharia bank scheme based on NPV, BCR, Payback Period, IRR, ROI, and ROE due to higher conventional interest rate than the sharia scheme. The hajj fund scheme is better than the Islamic bank scheme because the method of calculating the profit share of the Hajj fund scheme produces smaller value than the Islamic bank scheme. Hajj fund scheme has lower investment risk than conventional and islamic bank loan. Hajj fund is financially feasible and thus is applicable to financing toll road in Indonesia.. However, it is imperative to establish a clear regulation that can guarantee for their owners that the Hajj fund is safe and beneficial. Keywords: Toll roads, hajj funds, investment, financial feasibility, toll rates, optimization.
Studi Pelaksanaan Integrasi SMK3 dan SMKK Pada BUMN PT. XX (Persero) Desiderius Viby Indrayana; Krishna Suryanto Pribadi; Rizal Z. Tamin; Iris Mahani
Jurnal Teknik Sipil Vol 28 No 1 (2021): Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Institut Teknologi Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5614/jts.2021.28.1.10

Abstract

Salah satu fenomena sektor industri konstruksi periode lima tahun terakhir (2015-2020) adalah fakta data kepemilikan sertifikat Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) perusahaan mengalami kenaikan mendekati 70% (2017) namun tingkat kecelakaan kerja tidak mengalami penurunan bahkan mengalami kenaikan mendekati 40% (2017) (data Kemenaker RI). Persentase terbesar dari kecelakaan kerja tersebut disumbang oleh sektor konstruksi yaitu 32%. Melalui Permen PUPR RI No. 21/PRT/M/2019 pasal.3 ditegaskan bahwa setiap penyedia jasa harus menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK) dalam penyelenggaraan Jasa Konstruksi. PP No.50 tahun 2012 juga mewajibkan SMK3 bagi perusahaan yang memiliki potensi bahaya tinggi, yang salah satunya adalah perusahaan sektor konstruksi. Penerapan sistem tersebut secara terintegrasi dalam perusahaan konstruksi akan menimbulkan tantangan serta dampak, bagi perusahaan maupun proyek secara khusus. Makalah ini mencoba menyajikan hasil pengambilan informasi terkait tantangan dan dampak kondisi tdiatas melalui metode indepth interview online yang dilakukan oleh peneliti terhadap stakeholder PT. XX (persero). Informasi dan data yang didapat akan dibandingkan dan disinkronisasikan dengan beberapa hasil penelitian sebelumnya. Dan kesimpulan penelitiani ni adalah penerapan terintegrasi SMK3 dan SMKK dapat dilaksanakan oleh PT. XX (persero) dengan salah satu cara dengan memodifikasi form isian agar dapat digunakan secara bersamaan dalam audit SMK3, SMKK dan bahkan ISO 45001.
Kajian Harga Bahan pada Proyek Konstruksi dengan Analisa Dinamik Diah Sarasanty
Jurnal Teknik Sipil Vol 28 No 1 (2021): Jurnal Teknik Sipil
Publisher : Institut Teknologi Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.5614/jts.2021.28.1.12

Abstract

Abstrak  Konstruksi merupakan salah satu industri yang memberikan kontribusi secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi suatu negara. Sebuah proyek konstruksi dikatakan berhasil apabila dalam pelaksanaannya memenuhi tiga komponen yakni biaya, waktu, dan mutu. Komponen biaya digunakan untuk studi kelayakan dan pemilihan desain yang optimal dalam sebuah proyek konstruksi. Ketidak akuratan dalam menganalisa biaya konstruksi dapat memberikan efek negatif pada seluruh proses konstruksi dan semua pihak yang terlibat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dinamika harga bahan pada proyek konstruksi. Tahapan metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan mengidentifikasi hubungan sebab akibat antar variabel dalam menganalisa harga bahan. Dari hasil simulasi diperoleh analisa secara grafis melalui keluaran model. Validasi model dilakukan dengan membandingkan base model dengan sebuah skenario. Hasil perhitungan analisa sensitivitas dari perbandingan memperoleh nilai mean comparison ≤ 5% dan variasi amplitudo error variance ≤ 30% yang mengindikasikan kevalidan model yang diusulkan. Dengan keakurasian tersebut diharapkan dapat mengakomodasi segala kemungkinan adanya penyimpangan yang akan terjadi dimasa depan termasuk faktor resiko, sehingga dapat menciptakan sistem yang sesuai dengan kinerja yang diinginkan dan sumber daya yang digunakan lebih efektif serta efisien dalam rangka mencapai sasaran proyek. Kata-kata Kunci: Harga bahan, dinamik, proyek konstruksi. Abstract  Construction is an industry that contributes significantly to a country's economic growth. A construction project is said to be successful if it fulfills three components, namely cost, time and quality. The cost component is used for a feasibility study and the optimal design selection in a construction project. Inaccuracy in analyzing construction costs can have a negative effect on the entire construction process and all parties involved. This study aims to analyze the dynamics of material prices in construction projects. The method used in this research is to identify the causal relationship between variables in analyzing the price of materials. From the simulation results obtained graphical analysis through the model output. Model validation is done by comparing the base model with a scenario. The results of the calculation of the sensitivity analysis from the comparison obtained a mean comparison value of ≤ 5% and the amplitude variation value of the variance error ≤ 30% which indicates the validity of the proposed model. With this accuracy it is expected to be able to accommodate all possible deviations that will occur in the future including risk factors, so as to create a system that is in accordance with the desired performance and the resources used more effectively and efficiently in order to achieve project goals. Keywords: Material cost, dynamic, construction project

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 32 No 2 (2025): Jurnal Teknik Sipil - Edisi Agustus Vol 32 No 1 (2025): Jurnal Teknik Sipil - Edisi April Vol 31 No 3 (2024): Jurnal Teknik Sipil - Edisi Desember Vol 31 No 2 (2024): Jurnal Teknik Sipil - Edisi Agustus Vol 31 No 1 (2024): Jurnal Teknik Sipil - Edisi April Vol 30 No 3 (2023): Jurnal Teknik Sipil Vol 30 No 2 (2023): Jurnal Teknik Sipil Vol 30 No 1 (2023): Jurnal Teknik Sipil Vol 29 No 3 (2022): Jurnal Teknik Sipil Vol 29 No 2 (2022): Jurnal Teknik Sipil Vol 29 No 1 (2022): Jurnal Teknik Sipil Vol 28 No 3 (2021): Jurnal Teknik Sipil Vol 28 No 2 (2021): Jurnal Teknik Sipil Vol 28 No 1 (2021): Jurnal Teknik Sipil Vol 27 No 3 (2020) Vol 27 No 2 (2020) Vol 27, No 1 (2020) Vol 27 No 1 (2020) Vol 26, No 3 (2019) Vol 26 No 3 (2019) Vol 26, No 2 (2019) Vol 26 No 2 (2019) Vol 26, No 1 (2019) Vol 26, No 1 (2019) Vol 26 No 1 (2019) Vol 25, No 3 (2018) Vol 25 No 3 (2018) Vol 25, No 3 (2018) Vol 25 No 2 (2018) Vol 25, No 2 (2018) Vol 25 No 1 (2018) Vol 25, No 1 (2018) Vol 24, No 3 (2017) Vol 24 No 3 (2017) Vol 24, No 2 (2017) Vol 24 No 2 (2017) Vol 24, No 2 (2017) Vol 24, No 1 (2017) Vol 24 No 1 (2017) Vol 23, No 3 (2016) Vol 23 No 3 (2016) Vol 23, No 2 (2016) Vol 23 No 2 (2016) Vol 23 No 1 (2016) Vol 23, No 1 (2016) Vol 22 No 3 (2015) Vol 22, No 3 (2015) Vol 22, No 2 (2015) Vol 22 No 2 (2015) Vol 22 No 1 (2015) Vol 22, No 1 (2015) Vol 21 No 3 (2014) Vol 21, No 3 (2014) Vol 21, No 2 (2014) Vol 21 No 2 (2014) Vol 21 No 1 (2014) Vol 21, No 1 (2014) Vol 20, No 3 (2013) Vol 20 No 3 (2013) Vol 20 No 2 (2013) Vol 20, No 2 (2013) Vol 20 No 1 (2013) Vol 20, No 1 (2013) Vol 19, No 3 (2012) Vol 19 No 3 (2012) Vol 19 No 2 (2012) Vol 19, No 2 (2012) Vol 19, No 1 (2012) Vol 19 No 1 (2012) Vol 18, No 3 (2011) Vol 18 No 3 (2011) Vol 18 No 2 (2011) Vol 18, No 2 (2011) Vol 18 No 1 (2011) Vol 18, No 1 (2011) Vol 17 No 3 (2010) Vol 17, No 3 (2010) Vol 17, No 2 (2010) Vol 17 No 2 (2010) Vol 17, No 1 (2010) Vol 17 No 1 (2010) Vol 16, No 3 (2009) Vol 16 No 3 (2009) Vol 16, No 2 (2009) Vol 16 No 2 (2009) Vol 16, No 1 (2009) Vol 16 No 1 (2009) Vol 15, No 3 (2008) Vol 15 No 3 (2008) Vol 15, No 2 (2008) Vol 15 No 2 (2008) Vol 15 No 1 (2008) Vol 15, No 1 (2008) Vol 14 No 4 (2007) Vol 14, No 4 (2007) Vol 14, No 3 (2007) Vol 14 No 3 (2007) Vol 14 No 2 (2007) Vol 14, No 2 (2007) Vol 14, No 1 (2007) Vol 14 No 1 (2007) Vol 13, No 4 (2006) Vol 13 No 4 (2006) Vol 13, No 3 (2006) Vol 13 No 3 (2006) Vol 13, No 2 (2006) Vol 13 No 2 (2006) Vol 13 No 1 (2006) Vol 13, No 1 (2006) Vol 12 No 4 (2005) Vol 12, No 4 (2005) Vol 12, No 3 (2005) Vol 12 No 3 (2005) Vol 12 No 2 (2005) Vol 12, No 2 (2005) Vol 12, No 1 (2005) Vol 12 No 1 (2005) Vol 11, No 4 (2004) Vol 11 No 4 (2004) Vol 11, No 3 (2004) Vol 11, No 3 (2004) Vol 11 No 3 (2004) Vol 11, No 2 (2004) Vol 11 No 2 (2004) Vol 11, No 1 (2004) Vol 11 No 1 (2004) Vol 10 No 4 (2003) Vol 10, No 4 (2003) Vol 10, No 3 (2003) Vol 10 No 3 (2003) Vol 10 No 2 (2003) Vol 10, No 2 (2003) Vol 10 No 1 (2003) Vol 10, No 1 (2003) More Issue