cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. aceh besar,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Penerbitan jurnal ini untuk mendukung mahasiswa Program studi pendidikan fisika dalam bidang penelitian dan juga untuk menambah pengetahuan mengenai Ilmu-ilmu pendidikan dibidang sains khususnya fisika.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 3 (2020): JULI 2020" : 5 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REACT TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DI SMA NEGERI 1 TAKENGON Oktavani Putri Azti, Zainuddin, Soewarno
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika Vol 5, No 3 (2020): JULI 2020
Publisher : FKIP Unsyiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Korelasi Uji Keterampilan Proses Sains dan Uji Kemampuan Kognitif Fisika Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Kutacane Eva Aini, Evendi, Muhammad Syukri
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika Vol 5, No 3 (2020): JULI 2020
Publisher : FKIP Unsyiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara uji keterampilan proses sains dan uji kemampuan kognitif fisika siswa kelas XI pada materi suhu, kalor dan perpindahan kalor di SMA Negeri 1 Kutacane. Keterampilan proses sains merupakan keseluruhan keterampilan ilmiah yang terarah baik kognitif maupun psikomotorik yang dapat siswa gunakan untuk menemukan pengetahuan. Pedoman penilaian pada pembelajaran di sekolah seharusnya tidak hanya mengarah pada kemampuan kognitif namun juga harus memperhatikan keterampilan proses sains yang dimiliki oleh siswa. Siswa yang memiliki keterampilan proses sains tinggi dapat memiliki kemampuan kognitif yang tinggi maupun rendah. Kemampuan kognitif tentunya harus sesuai dan seimbang dengan keterampilan proses sains yang dimiliki siswa, dikarenakan keterampilan proses sains yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif atau hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kutacane sebanyak 100 orang. Data hasil penelitian dianalisis dengan metode analisis korelasi product moment. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa koefisien korelasi antara uji keterampilan proses sains dan uji kemampuan kognitif fisika sebesar 0,43 dan koefisien determinan sebesar 18,49%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara uji keterampilan proses sains dan uji kemampuan kognitif fisika siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Kutacane dengan kategori sedang.
FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMAN 1 TAKENGON Amalia Nuranda, Yusrizal, Soewarno
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika Vol 5, No 3 (2020): JULI 2020
Publisher : FKIP Unsyiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian deskriptif kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa melalui pembelajaran daring pada mata pelajaran fisika di SMAN 1 Takengon. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA.3 SMAN 1 Takengon yang berjumlah 30 responden. Pengumpulan data diperoleh dengan angket untuk kesulitan belajar siswa melalui pembelajaran daring pada mata pelajaran fisika. Teknik analisis data yhang digunakan untuk mengetahui persentase faktor kesulitan belajar yaitu memilah data sesuai indikator-indikator penelitian meliputi faktor guru, faktor fasilitas, faktor lingkungan, dan faktor siswa. Hasil analaisis data diperoleh bahwa faktor-faktor kesulitan belajar dengan persentase secara berturut-turut adalah faktor fasilitas (63,99%), faktor siswa (63,33 %), faktor guru (56,48%) dan faktor lingkungan (55,71%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa faktor utama yang mempengaruhi kesulitan belajar adalah faktor fasilitas.
PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA UNSYIAH FKIP FISIKA ANGKATAN 2016 Nur Khairina Hidayatika, Mustafa, Tarmizi Hamid
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika Vol 5, No 3 (2020): JULI 2020
Publisher : FKIP Unsyiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam era globalisasi seperti sekarang ini, alat komunikasi sangat berkembang begitu pesat contohnya gadget. Gadget adalah alat komunikasi yang mempunyai banyak fungsi.Dimana fungsi tersebut sudah menggunakan fitur yang berbeda.Gadget dianggap lebih lengkap dari pada alat elektronik lainnya karena fungsi dan sifatnya yang berbeda.Gadget yang diteliti meliputi laptop dan handphone. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif.Dalam penelitian ini bersumber dari mahasiswa yang aktif menggunakan gadget dalam konteks kegiatan diperkuliahan.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan bukti IPK mahasiswa.Adapun analisis dan pengolahan data digunakan dengan koefesien korelasi product moment dan regresi linier sederhana yang mana kedua data berbentuk interval. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan nilai harga r hitung lebih besar dari r tabel baik untuk kesalahan 5% maupun 1% (0,76 0,345 0,266), sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.Simpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif penggunaan gadget terhadap IPK mahasiswa pendidikan fisika angkatan 2016.Yang mana diharapkan dapat membantu menaikan IPK apabila penggunaan gadget secara positif.
NALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI OPTIKGEOMETRI MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSYIAH Sarah Octaviana, Abdul hamid, Elisa
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika Vol 5, No 3 (2020): JULI 2020
Publisher : FKIP Unsyiah

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis mahasiswa fisika FKIP Unsyiah berdasarkan indikator berpikir kritis dalam menyelesaikan soal optik geometri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Fisika angkatan 2016 sebanyak 57 mahasiswa dengan 40 mahasiswa sebagai sampel responden. Pengumpulan data dilakukan menggunakan tes yang terdiri dari 5 soal essay yang telah tervalidasi untuk digunakan sebagai instrumen tes berpikir kritis. Data yang didapatkan dirata-ratakan per indikator kemudian dipersentasekan untuk di kategorikan menggunakan tabel kriteria kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan persentase rata-rata nilai yang didapatkan mahasiswa dalam menyelesaikan persoalan optik geometri untuk tiap kemampuan berpikir kritis adalah 43% pada kemampuan memberikan penjelasan sederhana, 33% pada kemampuan membangun ketermpilan dasar, 25% pada kemampuan menyimpulkan, 33% pada kemampuan memberikan penjelasan lebih lanjut, dan13% pada kemampuan menyusun strategi dan taktik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir kritis mahasiswa berdasarkan tiap indikator pada mahasiswa pendidikan fisika FKIP Unsyiah masih rendah.

Page 1 of 1 | Total Record : 5