cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota metro,
Lampung
INDONESIA
DERIVATIF
ISSN : 19786573     EISSN : 2477300x     DOI : -
Core Subject : Science,
Derivatif includes articles on the results of research and scientific work with the scope of Economics, Management, Business, and Islamic Economic Studies. The Derivatif journal is managed by the Management Program, University Muhammadiyah of Metro, published by the Scientific Publication Unit University Muhammadiyah of Metro.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 2 (2016): November" : 9 Documents clear
PEMODELAN KEPUASAN NASABAH KREDIT UMUM MENGGUNAKAN PELAYANAN DAN DAYA TARIK PRODUK Suharto Suharto
Derivatif : Jurnal Manajemen Vol 10, No 2 (2016): November
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jm.v10i2.114

Abstract

ABSTRACT             The method used in this research is explanatory survey method. This type of research is quantitative research with the object of research is a service, product appeal and customer satisfaction. The study population of customers at Bank Eka Bumi Arta Metro City with a total sample of 80 customers were taken using accidental sampling technique. Decision-making research results based on the results of the analysis using multiple linear regression analysis.             The purpose of this study was to analyze the influence of services and product appeal to customer satisfaction of public credit at Bank Eka Bumi Artha Metro City. Type of research is descriptive qualitative research procedures that produce descriptive data based on the results of a quantitative analysis of the variables of the study. The technique of collecting data using interviews, documentation and questionnaires using a questionnaire. The analysis tool used is to use data quality analysis and multiple linear regression analysis.             In conclusion, the resulted of analytical services have a significant impact on customer satisfaction. The appeal of the products have a significant impact on customer satisfaction. Fascination services and products simultaneously have a significant influence on customer satisfaction. These results it can be summary that the independent variables are positive and significant impact on customer satisfaction. Keywords: Services, Fascination Products, Customer Satisfaction.
STRATEGI PEMASARAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO Fitriani Fitri; Bambang Suhada Bambang
Derivatif : Jurnal Manajemen Vol 10, No 2 (2016): November
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jm.v10i2.109

Abstract

ABSTRAK Universitas Muhammadiyah Metro (UMM) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Provinsi Lampung. Semakin berkembangnya UMM di Lampung menjadikan UMM masuk ke dalam 7 (tujuh) Universitas terbaik di Lampung dari versi Informasi peringkat Webometrics 2015/2016. Tujuan dari penelitian ini (1) Menganalisis faktor lingkungan eksternal dan internal yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam pemasaran UMM, (2) Menyusun Strategi Pemasaran yang tepat bagi UMM. Metode analisis menggunakan analisis SWOT, QSPM dan AHP. Hasil dari analisis SWOT diperoleh, dalam pilihan strategi kombinas S-O dilakukan melalu Market Development Strategy, strategi kombinasi S-T dilakukan dengan Product Development Strategy, strategi kombinasi W-O menggunakan Market Penetration Strategy, dan Strategi kombinasi W-T menggunakan Brand Image Strategy. Dari hasil penentuan prioritas dengan analisis QSPM, dihasilkan prioritas strategi Market Development Strategy (nilai TAS 6,123) dan dari pengolahan hasil analisis AHP didapatkan alternatif tertinggi yaitu strategi Market Development Strategy (nilai PV 0,436) dengan bergitu strategi yang tepat pagi UMM yaitu Market Development Strategy (MDS). Kata Kunci :Manajemen Strategi, Analisis SWOT, QSPM dan AHP
PENGARUH MOTIVASI KERJA, BUDAYA ORGANISASI, DAN SEMANGAT KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO SUWARTO SUWARTO
Derivatif : Jurnal Manajemen Vol 10, No 2 (2016): November
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jm.v10i2.115

Abstract

ABSTRAKDalam melaksanakan kegiatan Universitas Muhammadiyah Metro memerlukan karyawan yang memiliki motivasi yang tinggi, budaya  dan semangat kerja yang nyaman agar produktivitas kerja karyawan dapat berhasil sesuai dengan yang diharapkan oleh Organisasi atau Perguruan Tinggi itu, karena semakin banyaknya persaingan antara Perguruan Tinggi yang bergerak dibidang Akademik baik itu Perguruan Negeri Maupun Perguruan Tinggi Swasta yang berlomba-lomba mencari Mahasiswa yang berkualitas, tentunya diimbangi dengan pelayananan baik dibidang Akademik maupun keuangan.Karyawan Universitas Muhammadiyah Metro meskipun belum dapat dikatakan memiliki produktivitas tinggi, kurang bersungguh-sungguh, masih terdapat yang bermalas-malasan dalam  menjalankana tugas ada yang belum optimal tetapi kemauan karyawan untuk bekerja sama antara karyawan yang satu dengan karyawan yang lainnya saling menunjang. Setiap karyawan bekerja menyumbangkan tenaga dan pikirannya secara sukarela dan mau untuk saling membantu guna mencapai tujuan bersama. Produktivitas kerja karyawan tercermin pula dalam disiplin yang ditujukan oleh kesungguhan karyawan untuk mematuhi aturan kerja yang berlaku dan kemauan karyawan untuk bekerja sesuai dengan cara-cara yang ditentukan oleh Organisasi itu.Tujuan penelitian ini adalah untuk  mengetahui  variabel X1 terhadp X2, X2 terhadap X3, X1 terhadap X4, X2 terhadap X4, X3 terhadap X4 pada karyawan Universitas Muhammadiyah Metro, Permasalahan dalam penelitian ini adalah  Apakah Motivasi Kerja berpengaruh terhadap Semangat Kerja, Apakah Budaya Organisasi berpengaruh terhadap Semangat Kerja, Apakah Motivasi Kerja berpengaruh terhadap Produktivitas Kerja, Apakah Budaya Organisasi berpengaruh terhadap Produktivitas Kerja dan Apakah Semangat Kerja  berpengaruh terhadap Produktivitas Kerja”., analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif, hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X1 terhadp X2, X2 terhadap X3, X1 terhadap X4, X2 terhadap X4, X3 terhadap X4 pada karyawan Universitas Muhammadiyah Metro.Uji yang digunakan adalah validitas,  reliabilitas, normalitas dan linieritas dengan menggunakan analisis  Untuk menguji pengaruh variabel intervening digunakan metode analisis jalur (Path Analysis) analisis regresi untuk menaksir hubungan kausalitas antar variabel (model casual) yang telah menaksir hubungan sebab-akibat dan juga tidak dapat digunakan sebagai subtitusi bagi peneliti untuk melihat hubungan kausalitas antar variabel.Hubungan kausalitas antar variabel telah dibentuk dengan model berdasarkan landasan teoritis. Kata Kunci : Pengaruh Motivasi Kerja, Budaya Organisasi, dan Semangat Kerja Terhadap Produktivitas Kerja.
PENGARUH NILAI SAHAM PERTANIAN TERHADAP EKSPOR PERTANIAN Mamay Komarudin Mamay
Derivatif : Jurnal Manajemen Vol 10, No 2 (2016): November
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jm.v10i2.110

Abstract

ABSTRAKSIPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh nilai saham pertanian terhadap ekspor pertanian dengan menganalisis return saham, Prece Book Value, Return on Asset serta Net Price Margin dengan mengunakan data sekunder dari lima perusahaan di sektor pertanian yang sahamnya tercatat di BEI. Dengan mengunakan analisis regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik dan uji hipotesa yang meliputi uji heteroskedastisitas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi, dan uji normalitas. ABSTRACTIONThis research aims to find out how to influence the value of the shares of agriculture agricultural exports by analyzing return stock, Prece Book Value, Return on Assets and Net Price Margins by using secondary data from five companies in the agricultural sector that are publicly listed on the BEI. By using multiple linear regression analysis with a classic assumption test and test the hypothesis that includes test heteroskedastisitas test multikolinieritas, autocorrelation test, and the test of normality.
PEMBINAAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS HUMAN CAPITAL MARHABAN, MARHABAN SIGALINGGING
Derivatif : Jurnal Manajemen Vol 10, No 2 (2016): November
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jm.v10i2.111

Abstract

ABSTRAK             Penelitian ini bertujuan menggali informasi yang mendalam terkait keberhasilan PT. Mitra Intimarga dalam mengembangkan unit bisnisnya dan meningkatkan asetnya lebih dari 1000 kali lipat sejak 10 tahun perusahaan tersebut meulai beroperasi. Penelitian ini dilaksanakan pada PT. Mitra Intimarga dengan menggunakan studi kasus dan analisis data kualitatif dalam menemukan tema-tema sosial yang melatari fenomena tersebut. Ada 40 lebih informan yang terlibat dalam penelitian ini dan tiga diantaranya ditetapkan sebagai informan kunci. Analisis data menginformasikan bahwa keberhasilan dalam mengembangkan unit bisnis dan peningkatan asset ini dilatari oleh (1) perusahaan behasil mengembangkan dan mengimplementasikan pembelajaran organisasi; (2) sumber daya manusianya disiapkan secara hati-hati dengan mengikuti proses pembelajaran dan pelatihan; dan (3) ada nilai-nilai baru yang dikembangkan organisasi untuk memelihara sumber daya manusianya dengan menerapkan perusahaan berbasis spiritual. Temuan di atas mengisyaratkan bahwa proses belajar dan pengetahuan merupakan kekuatan utama dalam mendukung keberhasilan organisasi PT. Mitra Intimarga. Kata Kunci: Pembelajaran organisasi, Investasi manusia, Perusahaan Berbasis Spiritual
PERAN LEMBAGA PEMBIAYAAN MODAL VENTURA DALAM PEMBERDAYAAN USAHA KECIL Nitaria Angkasa Nitaria
Derivatif : Jurnal Manajemen Vol 10, No 2 (2016): November
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jm.v10i2.112

Abstract

ABSTRAKPerkembangan lembaga pembiayaan yang baru-baru ini yang berkembang seperi halnya lembaga keuangan, namun lembaga pembiayaan belum terkenal di masyarakat karena dilihat dari eksistensinya lembaga pembiayaan yang memang relatif baru jika dibanding dengan lembaga keuangan bank, meskipun lembaga pembiayaan merupakan lembaga keuangan bersama-sama dengan lembaga perbankan, namun dilihat dari paduan dan penekanan kegiatan usahanya antara lembaga pembiayaan dan lembaga keuangan berbeda.Usaha modal ventura dimaksudkan untuk memperluas alternatif sumber pembiayaan bagi dunia usaha di samping sumber-sumber pembiayaan yang sudah ada, khususnya ditujukan kepada usaha kecil dan menengah (UKM). Sementara itu, UKM sebagai pendukung perekonomian mempunyai ciri yaitu sulit mencari pembiayaan untuk modal usaha, di sisi lain PMV menawarkan penyertaan pembiayaan bagi PPU yang dalam hal ini termasuk UKM. Adapun permasalahan yang timbul dalam makalah ini adalah 2. Hukum tentang model ventura dalam lembaga pembiayaan dan 2. Model Ventura dapat berpengaruh dalam perkembangan usaha kecil.Masa perkembangan modal ventura yang sangat legalistis ini ditandai    dengan dikeluarkannya peraturan yang mengatur tentang lembaga pembiayaan, termasuk modal ventura ini, yakni dengan dikeluarkannya Keppres No 61 Tahun 1988 Tentang Lembaga Pembiayaan, di mana dalam Pasal 2 nya disebutkan bahwa modal ventura merupakan salah satu dari lembaga pembiayaan kemudian peraturan tersebut ditindaklanjuti dengan Kep. Menkeu No. 1251/KMK.013/1988, tentang ketentuan dan tata cara pelaksanaan lembaga pembiayaan sebagaimana telah berkali-kali diubah, terakhir dengan keputusan menteri keuangan RI No 448/KMK.017/2000 tentang perusahaan pembiayaan.Perusahaan modal ventura yang dibentuk oleh pemerintah mengemban misi membantu usaha kecil dengan penyertaan modal saham. Disamping penyertaan modal perusahaan modal ventura juga membantu mengembangkan usaha kecil dengan bantuan manajemen. Ventura cukup berperan dalam memberdayakan usaha kecil, sedangkan pola pembiayaan yang diterapkan belum sepenuhnya mencerminkan pola pembiayaan perusahaan modal ventura. Adanya anggunan yang diberikan oleh perusahaan pasangan usaha menunjukkan bahwa PT. Sarana Sumsel ventura belum menunjukkan karakteristik perusahaan modal ventura.  Kata kunci: Penyertaan, modal, ventura. usaha kecil, usaha menegah.
PENGARUH BUDAYA ORGANISASI, MOTIVASI DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA DOSEN DENGAN KOMITMEN ORGANISASIONAL SEBAGAI VARIABEL ANTARA (STUDI KASUS PADA PTS DI SURAKARTA) Elia Ardyan Elia; Budi Istiyanto Budi
Derivatif : Jurnal Manajemen Vol 10, No 2 (2016): November
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jm.v10i2.107

Abstract

ABSTRACT       This research aims to know that leadership style, motivation and organization culture can influence the lecturer performance through organizational commitment, besides, to be able to be reference for the next research having almost the same discussion.The research is conducted using primary data that is questionnaire distributed to the respondent as the sample. The sample of this research is the lecturers in the private colleges in Surakarta area. The questionnaire distribution uses the sample counted 50 respondents for certificated lecturers because it is based on what will be discussed in this research.The questionnaire is tested its validity and reliability. The questionnaire which is distributed from the validity and reliability test result produces valid and reliable questionnaire. For the model used in the research is done classical assumption test consisting multi colonearity, heterosdesticity, autocorrelation, and normality.Doubled regression test is done in two stages they are to test causal regression I and causal regression II. Causal regression I is to know the influence of leadership style, motivation and organization culture toward organizational commitment. Causal regression II is to test the influence of leadership style, motivation, organization culture and organizational commitment toward the performance with the purpose to know the direct influence of variable of leadership style, motivation and organization culture toward the performance, also for indirect influence if there must be organizational commitment among those variables.The result and discussion gotten from causal regression I test knows that leadership style and lecturer motivation influence the organizational commitment, while organization culture does not influence the organizational commitment. Causal regression II knows that only motivation influences the lecturer performance, but if the motivation is not directly to the performance yet must be through organizational commitment so the motivation does not have influence the performance. For the leadership style and organization culture variable either directly or indirectly do not have influence the performance, and also with the organizational commitment.The result of the research will be used as the enrichment material and included into reputable online journal. Suggestion for the next research is expected having sample which is broader its scope of area cooperate with parties supporting the next research like Kopertis (Private Colleges Association) Keyword :  leadership style, organization culture, motivation, performance, organizational                   commitment
PENDEKATAN OVOP SEBAGAI PROGRAM PENGEMBANGAN PRODUK UNGGULAN WILAYAH KOTA PROVINSI LAMPUNG Ratmono Ratmono; Nedi Hendri Nedi; Yateno Yateno
Derivatif : Jurnal Manajemen Vol 10, No 2 (2016): November
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jm.v10i2.113

Abstract

AbstrakPendekatan One Village One Product (OVOP) adalah merupakan bagian dari  pembangunan melalui program pengembangan produk-produk unggulan yang dimiliki oleh dareah kota provinsi Lampung dengan tujuan untuk memajukan ekonomi daerah. Konsep OVOP berasal dari Oita, Jepang dan diadopsi oleh berbagai negara di dunia. Indonesia melalui Kementerian Perindustrian sejak tahun 2008 melaksanakan program OVOP yang bertujuan untuk memajukan potensi yang dimiliki oleh daerah melalui pengembangan produk unggulan daerah tersebut khususnya yang terdapat pada daerah kota di provinsi Lampung. Pendekatan OVOP dalam  rangka mengembangkan produk ungulannya memerlukan pendekatan dengan prinsip mendasar OVOP dan dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh industri produk di daerah sasaran penelitian, hal ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan OVOP di Indonesia yang telah berlangsung sejak tahun 2008 dan menyusun sebuah rekomendasi bagi pengembangan potensi produk unggulan dengan pendekatan OVOP dengan mengambil obyek daeah kota Provinsi Lampung. Dalam pengembangan produk unggulan yang dimiliki oleh daerah kota provinsi lampung tidak akan terlepas dari campur tangan pemerintah setempat selain itu juga  partisipasi masyarakat dalam melaksanakan dan mengawasi berjalannya pengembangan produk unggulan. Dalam program pengembangan desain produk memegang peranan yang sangat penting. Diperlukan peran desainer yang sangat kuat untuk dapat mengembangkan desain yang dapat memahami kebutuhan pasar sekaligus mempertahankan nilai-nilai tradisional produk dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dalam pengembangan produk tersebut.Kata kunci: Produk unggulan, Pendekatan OVOP, Wilayah Kota
ANALISIS PENGARUH NILAI KURS RUPIAH, NILAI INDONESIA CRUDE PRICE (ICP) DAN SERTIFIKAT BANK INDONESIA (SBI) TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (IHSG) MENJELANG PEMBERLAKUAN MEA 2015 FEBRIYANTO FEBRI
Derivatif : Jurnal Manajemen Vol 10, No 2 (2016): November
Publisher : Universitas Muhammadiyah Metro Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jm.v10i2.108

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Nilai Indonesia Crude Price (ICP), Nilai Kurs Rupiah dan Sertifikat Bank Indonesia (SBI) terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menjelang pemberlakuan MEA 2015.Sampel Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data IHSG, ICP, Nilai Kurs Rupiah, SBI yang dibatasi pada data penutupan tiap akhir-akhir bulan dengan waktu pengamatan tahun 2014-2015 atau menjelang pemberlakuan program MEA. Alasan pemilihan periode tahun 2014-2015 yang digunakan adalah untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat sesuai dengan keadaan.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan alat analisis Regresi ganda untuk menguji pengaruh antara ICP, Nilai Kurs dan SBI terhadap IHSG.Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ”ICP, Nilai Kurs dan SBI berpengaruh terhadap IHSG”. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh hasil bahwa hipotesis tersebut terbukti, artinya ketika nilai ICP, nilai Kurs Rupiah dan SBI mengalami perubahan maka IHSG akan terpengaruh juga dan mengalami perubahan.Informasi adanya pemberlakukan MEA, berdasarkan hasil pengematan yang dilakukan terkait dengan nilai ICP, Kurs dan SBI berpengaruh signifikan terhadap IHSG. Konteks pengaruh tersebut ternyata tidak serta merta membuat aktivitas perekonomian menjadi terpengaruh secara signifikan pula. Hal ini tercermin dari stabilitas nilai IHSG selama periode pengamatan. Keywords: IHSG, Indonesia Crude Price  (ICP), Nilai Kurs Rupiah, SBI.

Page 1 of 1 | Total Record : 9