cover
Contact Name
Ardi Widhia Sabekti, S.Pd., M.Pd.
Contact Email
sabekti.ardi@umrah.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalzarah@umrah.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota tanjung pinang,
Kepulauan riau
INDONESIA
Jurnal Zarah
ISSN : 23547162     EISSN : 25492217     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Zarah menerbitkan artikel hasil penelitian, pengembangan, dan kajian literatur tentang berbagai topik dalam bidang Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 5 No 1 (2017): Jurnal Zarah" : 5 Documents clear
ANALISA KUALITATIS DAN KUANTITATIF BIOAKTIF KOMPONEN HASIL EKSTRAKSI BAWANG DAYAK Apriliani, Noor Rahmah
Jurnal Zarah Vol 5 No 1 (2017): Jurnal Zarah
Publisher : Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.834 KB)

Abstract

Bawang Dayak merupakan tumbuhan yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, yang mana sangat dibutuhkan oleh tubuh. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan  kandungan antioksidan dari bawang dayak dengan menggunakan pelarut metanol konsentrasi 30%. Bawang dayak yang digunakan yaitu serbuk bawang dayak yang dikeringkan dan dihaluskan terlebih dahulu. Penelitian ini menggunakan metode ekstraksi maserasi dengan variasi waktu 1 hari, 2 hari, 3 hari, 4 hari, 5 hari, dan 6 hari. Kemudian menggunakan distilasi. Lalu dilakukan uji antioksidan dengan menggunakan DPPH. Selain menggunakan ekstraksi maserasi, dilakukan pula ekstraksi soklet, kemudian didistilasi. Hasil distilasi ekstraksi maserasi mendapatkan yield yang bervariasi, yaitu 1 hari (0.90%), 2 hari (0.94%), 3 hari (0.96%), 4 hari (0.97%), 5 hari (0.98%), dan 6 hari (1.02%). Hasil distilasi dari ekstraksi soklet yaitu sebesar (1.09%).  Pada penelitian ini terbukti bahwa bawang Dayak dengan pelarut metanol 30% memiliki kandungan antioksidan yang dibuktikan dengan menguji sampel menggunakan larutan DPPH, sehingga mengakibatkan perubahan sampel menjadi berwarna kuning. Semakin kuning perubahan warna, maka semakin banyak kandungan antioksidan yang terkandung didalamnya.
Penggunaan Media Plastisin untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Materi Bentuk Molekul Kelas X LM di SMA N 8 Malang Indiatiningsih, Indiatiningsih
Jurnal Zarah Vol 5 No 1 (2017): Jurnal Zarah
Publisher : Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (529.266 KB)

Abstract

Penggunaan Media Plastisin untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Materi Bentuk Molekul kelas X LM di SMA N 8 Malang. Tujuan Penelitian ini adalah: Mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran plastisin untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa lintas minat kimia kelas X di SMAN 8. Penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berasal dari kelas X bahasa dan kelas X IPS yang mengambil lintas minat kimia, di SMAN 8 Malang semester genap tahun pelajaran 2015/2016 yang mendapatkan materi bentuk molekul. Instrumen yang digunakan adalah adalah tes hasil belajar siswa materi bentuk molekul, lembar observasi aktifitas siswa dan lembar observasi keterampilan pembuatan model molekul suatu senyawa. Berdasarkan Hasil tes belajar siswa, hasil nilai kognitif,nilai afektif yang menggunakan media plastisin dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dibandingkan dengan hasil belajar siswa tahun yang lalu. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai ulangan harian, nilai kognitif, maupun nilai afektif materi bentuk molekul sebagai berikut: (1) Aktifitas Sikap Siswa, Data aktifitas sikap siswa pada pembelajaran yang menggunakan media plastisin pada materi bentuk molekul dapat diketahui bahwa 5 unsur dasar pembelajaran kooperatif benar-benar terlihat proses pembelajaran yang mengalami peningkatan yang cukup berarti. Hal ini dapat terlihat pada masing-masing unsur pembelajaran yaitu saling ketergantungan positif dalam unsur ini, kelompok kooperatif mengalami kenaikan dari 75 % sampai 79,5 % dan jika dirata-rata maka akan diperoleh hasil rerata sebesar 77.25 %. Interaksi langsung antar siswa dari 79 % sampai dengan 79,5 % yang jika dirata-rata tingkat interaksi langsung antar siswa mencapai 79,25 %. Ini berarti bahwa komunikasi dalam kelompok kooperatif terjalin dengan baik antar anggota kelompoknya. Pertanggung jawaban individu dari 75 % menjadi 88,6 % dan jika dirata-rata adalah 82%. Ketrampilan berinteraksi antar individu dan kelompokm mengalami kenaikan dari 73 % sampai 75 % dan jika dirata-rata persentase untuk unsur keterampilan berinteraksi antar individu dan kelompok adalah 74. Keefektifan proses kelompok mengalami kenaikan persentase dari 58 % sampai dengan 88,6% yang jika diambil rata-rata persentase keefektifan proses kelompok sebesar 73,3%. keterampilan siswa yang terdiri dari: Keaktifan dari 66 % sampai 79,5 dan rata-rata 73,1 5 %, keseriusan/motivasi/perhatian dari 81,3 % sampai 79,5 rata-rata persentase 80,4 %, ketepatan waktu dalam mengumpulkan tugas dari 87,5 % sampai 88,6% rata-rata 88,1 %, kerjasama dan tanggung jawab dari 77,1 % sampai 79,5% rata-rata 78,3 %, menghargai orang lain dari 77,1 % sampai 75,0 rata-rata 76,0 %, tidak mengganggu teman lain dari 91,7 % dan 88,6 rata-rata persentase 90,2 %. (3) Nilai Kognitif, dari nilai harian meramalkan bentuk molekul didapatkan nilai rata-rata sebesar 92 dan dari materi meramalkan bentuk molekul didapatkan nilai rata-rata sebesar 86 dari kedua nilai meramalkan bentuk molekul dan menentukana kepolaran senyawa terdapat rata-rata nilai sebesar 89. Dibandingkan dengan rata-rata nilai ulangan pada materi yang sama pada tahun 2014/2015 nilai rata-rata dari 65 menjadi 89. Hal ini dimungkinan bahwa penggunaan media plastisin pada pembelajaran materi meramalkan bentuk molekul dan polaritas senyawa dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa disarankan agar : (1) peneliti/ guru lain diharapkan dapat melanjutkan penelitian ini agar didapatkan temuan-temuan lain yang berarti (2) menggunakan waktu cukup panjang, diharapkan untuk peneliti lain dapat menemukan cara yang lebih pendek dan hasil yang optimal (3) penggunaan media pembelajaran berupa plastisin diharapkan dapat digunakan untuk pembelajaran lain yang memiliki karakter yang sama dengan materi bentuk molekul dan polaritas senyaw
STUDI PEMANFAATAN ZEOLIT UNTUK PENGOLAHAN BIODIESEL DAN BIOETANOL Rachmawati, Anna Dwi
Jurnal Zarah Vol 5 No 1 (2017): Jurnal Zarah
Publisher : Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (550.661 KB)

Abstract

Identifikasi Konsep Sukar dan Kesalahan Konsep Reaksi Redoks Astutik, Trining Puji
Jurnal Zarah Vol 5 No 1 (2017): Jurnal Zarah
Publisher : Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (515.537 KB)

Abstract

Tujuan pembelajaran kimia adalah siswa dapat memahami konsep kimia. Reaksi redoks merupakan salah satu konsep kimia bersifat abstrak dan berjenjang yang diperlukan dalam mempelajari konsep lebih kompleks. Kesukaran siswa dalam mempelajari konsep dapat menimbulkan konsep sukar dan kesalahan konsep. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengidentifikasi: konsep sukar dan kesalahan konsep yang dialami siswa. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah tes diagnostik sebanyak 14 butir soal tes pilihan ganda, 5 pilihan jawaban disertai alasan jawaban, dan diperkuat hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Konsep sukar adalah (a) reaksi oksidasi berdasarkan penggabungan dan pelepasan oksigen; (b) reaksi reduksi berdasarkan transfer elektron; (c) oksidator; (d) reduktor; dan (e) bilangan oksidasi, dan (2) Jenis kesalahan konsep yang dialami siswa adalah siswa menganggap: (a) oksidator mengalami peningkatan bilangan oksidasi; (b) reduktor adalah zat yang mengalami reaksi reduksi; (c) bilangan oksidasi ion monoatomik tidak sama dengan muatan ionnya dan angka indeks menunjukkan bilangan oksidasi; dan (d) reaksi redoks apabila terjadi perubahan muatan pada ion poliatomik menjadi senyawa. Kata kunci: konsep sukar, kesalahan konsep, reaksi redoks
a- ENZYME XYLANASE ACTIVITY TEST USE DNS METHOD TO KNOWN HIGH ACTIVITIES OF ENZYME XYLANASE Kurniawan, Nur Ari; Febransyah, Mochammad Romdhoni
Jurnal Zarah Vol 5 No 1 (2017): Jurnal Zarah
Publisher : Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Maritim Raja Ali Haji

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (426.448 KB)

Abstract

Page 1 of 1 | Total Record : 5