cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ilmiah KOMPUTASI
Published by STMIK JAKARTA STI&K
ISSN : 14129434     EISSN : 25497227     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Ilmiah Komputasi ISSN : 1412-9434 adalah jurnal ilmiah di bidang Komputer dan Komunikasi yang memuat tulisan-tulisan ilmiah mengenai penelitian-penelitian di bidang: perangkat keras, perangkat lunak, komputasi, jaringan komputer dan komunikasi data. Jurnal terbit empat kali dalam setahun yakni bulan Juni, September, Desember, Maret dan diterbitkan oleh Lembaga Penelitian Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer STI&K. Dewan penyunting merupakan mitra bestari dari beberapa perguruan tinggi yakni: Universitas Gunadarma (UG), Sekolah Tinggi Teknik Cendekia (STTC), Sekolah TinggiManajemen Informatika dan Komputer Pradnya Paramita Malang (STIMATA) dan Universitas Indonesia (UI). Redaksi mengundang para peneliti, praktisi, dan mahasiswa untuk menulis perkembangan ilmu di bidang-bidang tersebut.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue " Vol 17, No 1 (2018): Maret" : 9 Documents clear
Analisis Nilai VCR (Volume,Capacity, Ratio) untuk Bobot Dinamis dalam Analisis Rute Menggunakan Metode Dijkstra (Studi Kasus Jalan Godean KM 4,5) Arief Rachma Wibowo; Indah Soesanti; Widyawan
Jurnal Ilmiah KOMPUTASI Vol 17, No 1 (2018): Maret
Publisher : STMIK JAKARTA STI&K

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kepadatan lalu lintas merupakan kondisi dimana terjadinya penumpukan kendaraan disuatu ruas jalan tertentu, Pertumbuhan populasi penduduk Yogyakarta yang meningkat dari tahun ke tahun menyebabkan ketidakseimbangan antara jumlah moda transportasi yang ada di jalan raya dengan kapasitas ruas jalan yang tersedia. Hal ini menyebabkan berbagai masalah lau lintas, diantaranya adalah kemacetan dan kecelakaan lalu lintas. Jalan godean KM 4.5 merupakan saalah satu wilayah di Yogyakarta yang sering mengalami kepadatan lalu lintas.Sumber data dari riset ini langsung diperoleh dari Dinas Perhubungan DIY. Analisis VCR (volume, capacity, ratio)merupakan analisis dengan membandingkan nilai Volume kendaraan dengan kapasitas jalan tersebut, analisis ini digunakan untuk klasifikasi kondisi jalan tersebut serta hasil dari analisis VCR akan di gunakan sebagai nilai bobot yang bersifat dinamis untuk analisis rute menggunakan metode Dijkstra. Analisis rute menuju jalan godean menggunakan 2 bobot yang berbeda, yaitu bobot yang bersifat statik (bobot jarak) dan bobot yang bersifat dinamis (bobot VCR). Hasil dari analisis rute menggunakan bobot statik memberikan rute yang tetap, tanpa ada perubahan rute disetiap kondisi waktu lalu lintas, sedangkan hasil dari analisis rute menggunakan bobot yang dinamis akan memberikan rute yang berbeda-beda sesuai kondisi waktu keadaan lalu lintas. Dengan menggunakan bobot dinamis hasil nya akan lebih baik daripada bobot yang statik, karena hasil dari analisis tersebut akan memberikan sebuah rute alternativeyang berbeda-beda disetiap jam sesuai dengan kondisi bobot yang digunakan, sehingga masyarakat dapat menggunakan rute tersebut tanpa harus melalui jalur padat.
Matriks Insidensi dari Graf Cayley Latifah
Jurnal Ilmiah KOMPUTASI Vol 17, No 1 (2018): Maret
Publisher : STMIK JAKARTA STI&K

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Matriks merupakansalah satu cara yang berguna untuk merepresentasikan suatu graf kedalam suatu komputer. Dalam banyak aplikasi teori Graf seperti pada analisi sjaringan elektrik dan Riset Operaional matriks juga merupakan cara yang alami untuk menyatakan suatu problema. Salah satu jenis graf yang mempunyai banyak sifat keistimewaan adalah graf Cayley. Graf Cayley merupakan graf dengan sifat simetri, berderajat konstan dan mempunyai jalur Hamiltonian.Artikel ini membahas matriks insidensi ari Graf Cayley, dengan menelusuri setiap ruas yang berkaitan dengan suatusimpul. Darimatriks insidensi dapat dilihat keterhubungan antara tiap simpul dan ruas dalam graf.
Augmented Reality Peragaan Busana Wanita Berbasis Android Cyntya Widyarsih; Dewi Agushinta Rahayu
Jurnal Ilmiah KOMPUTASI Vol 17, No 1 (2018): Maret
Publisher : STMIK JAKARTA STI&K

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan dunia fashion yang semakin berkembang saat ini dapat dilihat dari semakin banyaknya akses untuk mengetahui tren fashion terbaru baik melalui majalah, televisi, internet, toko penjualan dan play store. Android adalah sistem operasi untuk handphone yang berbasis Linux. Android menyediakan berbagai platform terbuka bagi para pengguna untuk membuat aplikasi sendiri yang digunakan oleh para pengguna Android. Pengguna Android juga bisa mendapatkan aplikasi baru secara gratis melalu Play Store. Hal ini menyebabkan banyaknya aplikasi-aplikasi Android yang menarik sesuai dengan kebutuhan konsumen. Perkembangan Augmented Reality saat ini cukup pesat karena semakin banyak aplikasi-aplikasi pada Android yang mengusung tema Augmented Reality. Hal tersebut dikarenakan kebutuhan untuk menampilkan objek yang “nyata”. Pada bidang fashion penggunaan Augmented Reality cukup sesuai karena pengguna akan merasakan sensasi yang berbeda dalam melihat peragaan busana wanita. Tulisan ini mendeskripsikan pembuatan aplikasi Android yang memadukan konsep Augmented Reality dengan fashion. Aplikasi ini hanya menampilkan peragaan busana wanita yang bertemakan monochrome. Untuk memudahkan masyarakat, aplikasi ini dapat digunakan dengan versi minimum 4.0.3, dengan menggunakan software Blender, MakeHuman dan Unity.
Kajian Implementasi Perangkat Keras Metode Steganografi LSB Berbasiskan FPGA Swelandiah Endah Pratiwi; Deny Rochman Arifatno
Jurnal Ilmiah KOMPUTASI Vol 17, No 1 (2018): Maret
Publisher : STMIK JAKARTA STI&K

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kebutuhan data dalam penggunaan informasi diharuskan adanya kebutuhan juga untuk melindungi data dari ancaman gangguan yang dapat merusak data atau ancaman kebocoran data sehingga dapat digunakan oleh pihak yang tidak berkepentingan. Permasalahan keamanan data di era ini sudah banyak diaplikasikan oleh beberapa perusahaan atau komunitas di berbagai bidang, seperti dalam penggunaan media internet, e-commerce dan lain-lain. Kemanan data yang dimaksud adalah menjaga integritas atau keutuhan data dari pihak yang tidak berkepentingan dengan menggunakan algoritma kemanan data seperti metode kriptografi, watermark atau steganografi. Steganografi adalah salah satu teknik yang sangat kuat dalam menyisipkan data pada sebuah turunan mutimedia seperti gambar, suara, video , teks, dan protokol. Terdapat 2 kategori umum pada steganografi gambar yaitu Domain Spasial dan Frekuensi. Domain spasial berbasis pesan tertanam (embedding message) terdapat teknik LSB (least significant bit) pada pixel gambar
Perancangan E-Commerce Penjualan Buku Online Menggunakan WP WooCommerce dan Smartphone Android Ani Rachmaniar; Mohamad Saefudin
Jurnal Ilmiah KOMPUTASI Vol 17, No 1 (2018): Maret
Publisher : STMIK JAKARTA STI&K

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan internet yang sangat pesat mendorong manusia untuk hidup secara lebih praktis dan mudah. Sebelumnya internet hanya bisa dinikmati oleh beberapa orang tertentu saja dan fungsinya terbatas. Internet saat ini sangat mendukung kegiatan disemua bidang kehidupan contohnya bidang bisnis dan perdagangan. Pada saat ini, badan usaha baik perusahaan besar, organisasi maupun perorangan sudah memanfaatkan internet untuk bisnis mereka, misalnya bisnis dan perdagangan dibidang makanan secara online. Istilah yang populer dalam dunia bisnis dan perdagangan secara online adalah e-commerce. Aplikasi Android yang dibuat penulis sebuah rancangan sistem penjualan online yang menggunakan e-commerce.  Aplikasi e-mmerce penjualan buku ini dirancang untuk mempermudah calon pembeli dalam melakukan pembelian dan transaksi melalui media perangkat bergerak dan internet. Selain itu dengan adanya Aplikasi ini dapat menghemat waktu dan tenaga bagi calon pembeli.Aplikasi Katalog dan Penjualan Buku ini dibuat dengan menggunakan WP WooCommerce dan SmartPhone Android dan basis data yang digunakan yaitu MySql. Aplikasi Smartphone ini dilengkapi dengan fitur-fitur seperti home, Katalog, Detail Buku, release Baru, kategori, tentang kami, kontak, how to order, size guide dan shopping cart.
Aplikasi Pencatatan Transaksi Penyewaan Lapangan Futsal Menggunakan Microsoft Visual FOXPRO Soegijanto; Zaenal Iroqi
Jurnal Ilmiah KOMPUTASI Vol 17, No 1 (2018): Maret
Publisher : STMIK JAKARTA STI&K

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam era globalisasi sekarang ini teknologi informasi melaju dengan cepatnya, sehingga membuat sebuah jasa penyewaan futsal mampu bersaing untuk menjaga keberlangsungan usahanya, salah satunya dengan cara memanfaatkan teknologi komputer.Agar mendapatkan suatu kepercayaan dari para pelanggan maka jasa penyewaan futsal tersebut harus memberikan pelayanan yang baik bagi para pelanggannya. Pelanggan akan tetap setia untuk menyewa lapangan Futsal. Penulis membuat Aplikasi Pencatatan Transaksi Penyewaan Lapangan Futsal dengan Menggunakan Microsoft Visual Foxpro 9.0. Aplikasi pencatatan transaksi penyewaan lapangan futsal sangat membantu dalam pelaksanaan kegiatan pencatatan Transaksi dan data pelanggan. Aplikasi ini memberikan keuntungan lebih karena semua perhitungan penyewaan dan data pelanggan tersusun dengan baik.
Perancangan Aplikasi Pengenalan Negara-Negara Pendiri ASEAN dengan Penerapan Augmented Reality Menggunakan Metode Markerless Pada Smartphone Berbasis Android Guntur Eka Saputra; Edwyn Pratama
Jurnal Ilmiah KOMPUTASI Vol 17, No 1 (2018): Maret
Publisher : STMIK JAKARTA STI&K

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) adalah organisasi geo-politik dan ekonomi dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara, yang didirikan di Bangkok pada tanggal 8 Agustus 1967 berdasarkan Deklarasi Bangkok, yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Pengenalan negara-negara pendiri ASEAN ini dipelajari oleh siswa-siswi kelas VI (enam) sekolah dasar pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial yang hanya menggunakan buku yang memiliki elemen multimedia dua dimensi yaitu teks dan gambar tak bergerak. Informasi yang terdapat pada buku diantaranya bangunan bersejarah, bendera, lambang negara, dan lagu kebangsaan dan belum menggunakan media pembelajaran multimedia yang lebih menarik dengan pemanfaatan teknologi Augmented Reality dengan metode markerless. Metode markerless pada augmented reality digunakan agar tidak harus menggunakan sebuah marker khusus yang harus dicetak terlebih dahulu. Markerless yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mendeteksi sebuah teks yang ditulis dengan huruf kapital agar dapat terdeteksi kamera pada smartphone berbasis Android. Dalam penelitian perancangan aplikasi ini dihasilkan kebutuhan fungsional dan non-fungsional, perancangan dengan menggunakan struktur navigasi dan storyboard untuk dapat melihat gambaran alur dari aplikasi yang dirancang, dan menggunakan unified modeling language (UML), yaitu use case dan activity diagram untuk pemodelan yang dikomunikasikan dengan pengguna sehingga dapat dilihat interaksi antara pengguna dengan aplikasi, serta dihasilkan 5 (lima) rancangan tampilan aplikasi dan 1 (satu) contoh tampilan teks marker.
Analisis dan Desain Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Kas pada STMIK Jakarta STI&K Eka Sally Moreta; Neneng Mariana
Jurnal Ilmiah KOMPUTASI Vol 17, No 1 (2018): Maret
Publisher : STMIK JAKARTA STI&K

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini termotivasi untuk menganalisis sistem informasi akuntansi penerimaan kas yang digunakan pada STMIK Jakarta STI&K yang masih memilik kelemahan dalam pelaksanaannya, dengan menggunakan metode penelitian analisis deskriptif kualitatif dan metode pengumpulan data menggunakan wawancara serta observasi untuk mendapatkan data primer dan data sekunder. Sedangkan alat perancangan sistem menggunakan flowchart, Data Flow Diagram (DFD) dan Entity Relationship Diagram (ERD). Kemudian hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa sistem penerimaan kas yang terdahulu memilik beberapa kelemahan. Diharapkan dengan dilakukannya penelitian ini dapat memberi solusi atas sistem penerimaan kas tersebut sehingga dapat mengurangi dan meminimalkan kelemahan - kelemahan.
Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Android Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Kotabumi Tahun Pelajaran 2016/2017 Yulina
Jurnal Ilmiah KOMPUTASI Vol 17, No 1 (2018): Maret
Publisher : STMIK JAKARTA STI&K

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran project based learning berbantuan multimedia interaktif berbasis android terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Kotabumi tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran project based learning berbantuan multimedia interaktif berbasis android terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental design) dengan desain penelitian post-test only control group design. Populasi penelitianini adalah siswa kelas XI MIPA semester genap SMA Negeri 3 Kotabumi tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 274 siswa. Sampel penelitiannya yaitu XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Data mengenai kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes essay kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi transformasi geometri. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan Uji kesamaan dua rata-rata (uji-t) dengan taraf signifikan (α = 5% yang diperoleh t (0,05)(76) = 1,992 dan t hit = 4,893 ternyata dapat terlihat t hitung > t tabel pada kepercayaan 95%, berarti H 0 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran project based learning berbantuan multimedia interaktif berbasis android terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Kotabumi Tahun Pelajaran 2016/2017.

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol. 24 No. 3 (2025): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 24 No 3, September 2025 Vol. 24 No. 2 (2025): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 24 No 2, Juni 2025 Vol. 24 No. 1 (2025): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 24 No 1, Maret 2025 Vol. 23 No. 4 (2024): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 23 No 4, Desember 2024 Vol. 23 No. 3 (2024): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 23 No 3, September 2024 Vol. 23 No. 2 (2024): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 23 No 2, Juni 2024 Vol. 23 No. 1 (2024): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 23 No 1, Maret 2024 Vol. 22 No. 4 (2023): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 22 No 4, Desember 2023 Vol. 22 No. 3 (2023): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 22 No 3, September 2023 Vol. 22 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 22 No 2, Juni 2023 Vol. 22 No. 1 (2023): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 22 No 1, Maret 2023 Vol. 21 No. 4 (2022): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 21 No 4, Desember 2022 Vol. 21 No. 3 (2022): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 21 No 3, September 2022 Vol. 21 No. 2 (2022): Jurnal Ilmiah Komputasi Volume: 21 No. 2, Juni 2022 Vol. 21 No. 1 (2022): Jurnal Ilmiah Komputasi Volume: 21 No. 1, Maret 2022 Vol. 21 No. 2 (2022): Juni 2022 Vol. 20 No. 4 (2021): Jurnal Ilmiah Komputasi Volume: 20 No. 4, Desember 2021 Vol. 20 No. 1 (2021): Jurnal Ilmiah Komputasi Volume: 20 No. 1, Maret 2021 Vol. 19 No. 4 (2020): Jurnal Ilmiah Komputasi Volume: 19 No. 4, Desember 2020 Vol. 19 No. 3 (2020): Jurnal Ilmiah Komputasi Volume: 19 No. 3, September 2020 Vol. 19 No. 2 (2020): Jurnal Ilmiah Komputasi Volume: 19 No. 2, Juni 2020 Vol. 19 No. 1 (2020): Jurnal Ilmiah Komputasi Volume: 19 No. 1, Maret 2020 Vol 19, No 2 (2020): Juni Vol 19, No 1 (2020): Maret Vol 18, No 4 (2019): Desember Vol 18, No 3 (2019): September Vol 18, No 2 (2019): Juni Vol 18, No 1 (2019): Maret Vol 17, No 4 (2018): Desember Vol 17, No 3 (2018): September Vol 17, No 2 (2018): Juni Vol 17, No 1 (2018): Maret Vol 17, No 1 (2018): Maret Vol 16, No 3 (2017): Desember Vol 16, No 2 (2017): September Vol 16, No 1 (2017): Juni Vol 15, No 2 (2016): Desember Vol 15, No 1 (2016): Jurnal Ilmiah KOMPUTASI Vol 15, No 1 (2016): Juni Vol 14, No 2 (2015): Desember Vol 14, No 2 (2015): Desember Vol 14, No 1 (2015): Juni Vol. 12 No. 2 (2013): Jurnal Ilmiah Komputasi Volume: 12 No. 2, Desember 2013 Vol. 12 No. 1 (2013): Jurnal Ilmiah Komputasi Volume: 12 No. 1, Juni 2013 Vol 12, No 2 (2013): Desember More Issue