cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ilmiah KOMPUTASI
Published by STMIK JAKARTA STI&K
ISSN : 14129434     EISSN : 25497227     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Ilmiah Komputasi ISSN : 1412-9434 adalah jurnal ilmiah di bidang Komputer dan Komunikasi yang memuat tulisan-tulisan ilmiah mengenai penelitian-penelitian di bidang: perangkat keras, perangkat lunak, komputasi, jaringan komputer dan komunikasi data. Jurnal terbit empat kali dalam setahun yakni bulan Juni, September, Desember, Maret dan diterbitkan oleh Lembaga Penelitian Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer STI&K. Dewan penyunting merupakan mitra bestari dari beberapa perguruan tinggi yakni: Universitas Gunadarma (UG), Sekolah Tinggi Teknik Cendekia (STTC), Sekolah TinggiManajemen Informatika dan Komputer Pradnya Paramita Malang (STIMATA) dan Universitas Indonesia (UI). Redaksi mengundang para peneliti, praktisi, dan mahasiswa untuk menulis perkembangan ilmu di bidang-bidang tersebut.
Arjuna Subject : -
Articles 32 Documents
Search results for , issue "Vol. 20 No. 4 (2021): Jurnal Ilmiah Komputasi Volume: 20 No. 4, Desember 2021" : 32 Documents clear
Desain Interaksi Aplikasi Komando Pasukan Khusus (KOPASSUS) Berbasis Mobile: Desain Interaksi Aplikasi Komando Pasukan Khusus (KOPASSUS) Berbasis Mobile Pujiono; Ire Puspa Wardhani
Jurnal Ilmiah KOMPUTASI Vol. 20 No. 4 (2021): Jurnal Ilmiah Komputasi Volume: 20 No. 4, Desember 2021
Publisher : Lembaga Penelitian STMIK Jakarta STI&K

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masyarakat yang tinggal di pedesaan atau pelosok jauh dari keramaian lebih banyak menggunakan smartphone untuk mengakses informasi. Aplikasi Kopassus Mobile merupakan media informasi bagi mereka yang bercita-cita ingin menjadi tentara khususnya dari matra darat satuan elit TNI AD yaitu Kopassus dan dapat diakses menggunakan smartphone. Tujuan dari aplikasi Kopassus Mo- bile ialah untuk memudahkan mereka yang tinggal di pedesaan atau pelosok jauh dari keramaian supaya tidak ketinggalan informasi menyangkut Kopassus. Metode penelitian yang digunakan ialah perancangan dengan tahapan navigasi struktur, owchart, storyboard, dan UML, serta observasi ke- butuhan terhadap informasi Kopassus dan kuesioner untuk menguji hasil aplikasi Kopassus Mobile. Hasil perancangan tahap struktur navigasi bahwa semua menu dalam satu tingkatan, dan owchart untuk memperjelas mekanisme dari alur navigasi. Tahap storyboard menampilkan menu sama secara fungsi yaitu menampilkan isi konten masing-masing kecuali menu keluar. Tahap UML menampilkan hubungan pengguna dengan sistem. Hasil pengujian terhadap aplikasi bahwa masyarakat dimudahkan dalam mendapatkan informasi terkait Kopassus. Aplikasi mudah dioperasikan karena menu pencarian tampil pada level yang sama dan hanya melalui satu tahapan setelah login. Konten mudah dimengerti karena letak isi konten terbedakan dalam menu berbeda atau sesuai dengan topik yang disampaikan. Kepuasan pengguna dalam mencoba aplikasi karena aplikasi mengikuti standar rata-rata pemakaian yakni diawali dengan registrasi, login dan masuk halaman menu, dan menu tersedia dalam satu level sehingga tidak berbelit-belit dalam mencari informasi yang diinginkan
Analisa Perbandingan Metode Fuzzy dan Metode Inframerah Dalam Autonomous Braking System Indrayanti, Annisa; Wardhani, Ire Puspa
Jurnal Ilmiah KOMPUTASI Vol. 20 No. 4 (2021): Jurnal Ilmiah Komputasi Volume: 20 No. 4, Desember 2021
Publisher : Lembaga Penelitian STMIK Jakarta STI&K

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembàngàn dunià îtîmîtif sààt ini semàkin meningkàt dàn ñànggih dengan meningkat- nya prîduksi mîbil dari tahun ke tahun. Mîbil nyàmàn dàn memiliki keñepàtàn tinggi dengan keamanan dan kenyamanan serta tenàgà yàng primà àdàlàh impiàn dàri semuà penggunà. Nàmun keinginan tersebut memiliki resikî seperti angka keñelàkààn jugà semàkin tinggi. Oleh karenanya perlu peningkatan sistem pengendalian dan pengereman otomatis yang dapat menghitung jaga jarak aman kendaraan agar dapat menghindari tabrakan maupun kecelakaan antara kendaraan dengan objek lain. Pada penelitian ini fokus membandingkan keakuratan metode infrared dengan metode fuzzy dalam mendeteksi dan menghitung objek dengan jarak yang berdekatan. Berdasarkan hasil dari yang telah di bandingkan dengan metode yang ada dapat diketahui bahwa dengan penggunaan metode fuzzy lebih efektif digunakan sebagai sis- tem pengendalian dan pengereman otomatis dikarenakan pada metode ini didapatkan sistem kendali pemberhentian berkala yang lebih halus dapat tercapai, sedangkan pada sistem pen- gendalian dan pengereman dengan metode inframerah nilai output yang tertera hanya berupa signal atas dan bawah saja dan hanya dapat disimpulkan sebagai sistem pengereman yang tidak halus
Data Mining Dengan Model Klasifikasi Naïve Bayes Untuk Pengukuran Pemilihan Matakuliah Peminatan Istianah, Iis; Purnamasari , Detty
Jurnal Ilmiah KOMPUTASI Vol. 20 No. 4 (2021): Jurnal Ilmiah Komputasi Volume: 20 No. 4, Desember 2021
Publisher : Lembaga Penelitian STMIK Jakarta STI&K

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kurikulum perguruan tinggi mencakup berbagai jenis matakuliah. Sebuah jurusan atau program studi tertentu memiliki struktur kurikulum. Ketika mahasiswa memilih suatu minat tertentu, harapan terbesar dari jurusan dan mahasiswa yang bersangkutan adalah lulus tepat waktu memiliki kopetensi sesuai dengan konsentrasi. Algoritma yang digunakan naïve bayes, data yang digunakan adalah tahun angkatan 2013, 2014, 2015 & 2016 mahasiswa teknik informatika, untuk mengetahui hasil klasifikasi dengan menggunakan algoritma naïve bayes dalam menentukan mata kuliah peminatan, terhadap data mahasiswa program studi Teknik Informatika-S1 STMIK Bani Saleh berdasarkan dari kemampuan akademisnya, sehingga dapat memberikan informasi yang baru dan berguna sebagai rekomendasi dalam pemilihan jalur peminatan. Algoritma yang digunakan untuk mengukur tingkat akurasi peminatan penjurusan Program Studi Teknik Informatika dengan jumlah data training sebanyak 824 dan data testing sebanyak 206 dengan menggunakan naïve bayes. Dengan memunculkan 2 peminatan yaitu Sofatware Engeenering dan Networking. Adapun aplikasi yang digunakan untuk membantu proses perhitungan naïve bayes rapidminer 5.3. Dari hasil pengukuran menggunakan rapidminer diperoleh nilai akurasi sebesar 98,06%.
Komparasi Teknik Decision Tree, KNN dan Naive Bayes dalam Analisis Klasifikasi Narapidana Kasus Narkotika pada Lapas Herdian Ananta Putra; Sigit Widiyanto
Jurnal Ilmiah KOMPUTASI Vol. 20 No. 4 (2021): Jurnal Ilmiah Komputasi Volume: 20 No. 4, Desember 2021
Publisher : Lembaga Penelitian STMIK Jakarta STI&K

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Narapidana yang ada di dalam lapas akan menempati sel atau kamar yang telah disediakan oleh pihak lapas. Namun saat ini pada lapas X belum ada klasifikasi narapidana terutama kasus narkotika berdasarkan tingkat risiko untuk penem-patan kamar. Hal ini akan berdampak terhadap adanya potensi gangguan keamanan dan ketertiban terutama peredaran dan pengendalian narkotika dari dalam lapas X. Dampak lainnya dapat terjadi narapidana dengan kasus narkotika dapat mempengaruhi narapidana lain untuk melakukan kejahatan serupa dari dalam lapas X. Fakta yang sering muncul bahwa pelaku kejahatan narkotika dapat digolongkan sebagai bandar, pengedar dan pengguna. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan teknik klasifikasi yang paling tepat untuk digunakan dalam klasifikasi narapidana kasus narkotika dengan membandingkan 3 teknik klasifikasi yaitu Decision tree, KNN, dan Naive bayes. Hasil penelitian menemukan bahwa teknik Decision tree merupakan teknik yang paling tepat digunakan berdasarkan nilai accuracy
Analisis Kualitas Media Pembelajaran Daring Edmodo di Sekolah SMK Teratai Putih Gobal 3 Bekasi Berdasarkan Standar ISO 25010 Masroni; Atit Pertiwi
Jurnal Ilmiah KOMPUTASI Vol. 20 No. 4 (2021): Jurnal Ilmiah Komputasi Volume: 20 No. 4, Desember 2021
Publisher : Lembaga Penelitian STMIK Jakarta STI&K

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

SMK Teratai Putih Global 3 Bekasi adalah salah satu sekolah kejuruan di Kota Bekasi yang sudah menggunakan media daring dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yaitu menggunakan aplikasi Edmodo. Dengan aplikasi ini Interaksi yang dilakukan dapat berjalan dengan baik antara guru dan murid dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, baik pemberian materi, tugas maupun diskusi. Kepuasan suatu tampilan dan performa perangkat lunak diutamakan agar dapat memberikan pelayanan yang baik kepada para siswa guna mendapatkan pendidikan yang berkualitas, sehingga perangkat lunak ini perlu untuk dilakukan analisis kualitasnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perangkat lunak Edmodo berdasarkan standar ISO 25010 yang terdiri dari 8 (delapan) karakteristik yaitu functional suitability, performance efficiency, reliability, usability, security, portability, compatibility, dan maintainability dengan menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah pada karakteristik functional suitability menghasilkan nilai X=1, performance efficiency untuk kecepatan rata-rata membuka halaman (93%) dan YSlow (88%), reliability 100%, nilai usability 83,16, security (tingkat keamanan website) berdasarkan tool SUCURI (100%), portability 100%, compatibility 75%.
Sistematik Literatur Sistem Temu Kembali Informasi dengan Vector Space Model dan Depth First Search Anggita Azizah Amalia; N. Setyawidati; Mungaran, Lulu Chaerani
Jurnal Ilmiah KOMPUTASI Vol. 20 No. 4 (2021): Jurnal Ilmiah Komputasi Volume: 20 No. 4, Desember 2021
Publisher : Lembaga Penelitian STMIK Jakarta STI&K

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan terus mendorong dikembangkannya teknologi pencarian data dan informasi, khususnya artikel ilmiah. Pencarian artikel ilmiah perlu pengelolaan agar titik temu kembali informasi menjadi mudah, tepat dan cepat. Saat ini berkembang banyak algoritma untuk sistem temu kembali informasi atau information retrieval. Dalam penulisan ini melalui Systematic Literature Review akan dibandingkan dua algoritma Vector Space Model dan Depth First Search. Hasil dari perbandingan algoritma ini untuk titik temu kembali artikel ilmiah diketahui bahwa algoritma Vector Space Model dapat digunakan untuk melakukan proses pencarian yang relevan dari query inputan sesuai dengan dokumen dari database berdasarkan kemiripan antar dokumen. Sedangkan algoritma Depth First Search lebih tepat digunakan dalam pencarian informasi dengan teknik web-crawler sederhana, dimana fungsinya adalah untuk penjelajahan serta pengambilan halaman-halaman situs dari hasil pengumpulan situs.
Perbandingan Algoritma SVM dan Algoritma KNN Dalam Menghasilkan Klasifikasi DDoS dan Benign Darryl, Patrick; Subali, Muhammad
Jurnal Ilmiah KOMPUTASI Vol. 20 No. 4 (2021): Jurnal Ilmiah Komputasi Volume: 20 No. 4, Desember 2021
Publisher : Lembaga Penelitian STMIK Jakarta STI&K

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi dan internet semakin cepat. Semakin terbukanya pengetahuan hacking dan cracking maka banyak kelompok yang tidak bertanggung jawab mencoba untuk mengambil atau mencuri informasi, salah satu serangan yang dapat dilakukan adalah Distributed Denial of Service (DDOS). Ada beberapa jenis serangan dari DDOS yang sering terjadi seperti UDP Flooding, SYN Flooding, Ping of Death, dan Remote Controlled Attack. Serangan DDoS mengakibatkan sistem yang diserang mengalami gangguan berupa error request, halt, kegagalan sistem dan sebagainya. Berdasarkan penjelasan diatas, serangan DDoS dan nantinya log serangan akan dikirim kedalam database untuk proses pengklasifikasian menggunakan SVM dan KNN dengan tujuan mencegah jika terjadi serangan dan mempermudah proses klasifikasi maupun analisa, menghasilkan output mudah dibaca oleh administrator jika terdapat serangan terhadap server dan administrator dapat mengatasinya terhadap serangan terhadap server tersebut. Penelitian ini telah menghasilkan klasifikasi DDoS dan Benign pada dataset CCIDS menggunakan algoritma SVM dan K-Nearest Neighbor. Penelitian ini berhasil menampilkan perbedaan performa dari algoritma SVM dan K-Nearest Neighbor dalam menghasilkan klasifikasi DDoS dan Benign.
Penerapan Metode Rapid Application Development Sistem Informasi Pengarsipan Surat SMK Nusantara 02 (Kesehatan) Ivetriana Fachmi Injaya; Bagas Setiyaki Wicaksono
Jurnal Ilmiah KOMPUTASI Vol. 20 No. 4 (2021): Jurnal Ilmiah Komputasi Volume: 20 No. 4, Desember 2021
Publisher : Lembaga Penelitian STMIK Jakarta STI&K

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan administrasi merupakan kegiatan umum dalam setiap lembaga atau institusi. Kegiatan administrasi di institusi pemerintah atau swasta banyak jenis salah satu kegiatan tersebut adalah administrasi arsipan surat. Dokumen sirkulasi surat sebaiknya disimpan untuk penggunaan pada waktu yang akan datang. Kegiatan manajemen arsip bila menggunakan bentuk kertas membutuhkan banyak tempat. Proses pencarian dokumen surat juga akan terkendala jika kondisi surat sangat banyak. Penggunaan media digital seperti computer juga harus dilakukan pengelolaan yang baik secara terus menerus. SMK Nusantara 02 (Kesehatan) merupakan salah satu instansi pendidikan yang banyak merima dan mengeluarkan surat baik pihak internal maupun eksternal sehingga menghadapi masalah dalam pengelolaan arsip, seperti mengorganisir dan menyimpan data serta pencarian data. Untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadap SMK Nusantara 02 (Kesehatan), maka diperlukan suatu sistem informasi pengarsipan surat berbasis komputer yang mengelola penyimpanan dan pengaksesan data surat. Sistem dikembangkan dengan menggunakan metodologi Rapid Application Development.
Analisis Pengalaman Pengguna Aplikasi Mobile Payment Menggunakan Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi Kasus : Aplikasi GoPay dan OVO) Cahyani, Intan; Sanjaya, Rangga
Jurnal Ilmiah KOMPUTASI Vol. 20 No. 4 (2021): Jurnal Ilmiah Komputasi Volume: 20 No. 4, Desember 2021
Publisher : Lembaga Penelitian STMIK Jakarta STI&K

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mobile Payment ialah teknologi fintech yang memberikan kemudahan bagi masyarakat terhadap kegiatan bertransaksi yang bersifat non-tunai, sehingga dalam melakukan pembayaran menjadi lebih praktis, nyaman serta efisien. Sebagian masyarakat mengetahui mobile payment atau uang elektronik dapat digunakan untuk membayar berbagai macam transaksi yang sudah tersedia di berbagai merchant. Beberapa aplikasi yang mendukung adayanya teknologi mobile payment yaitu GoPay dan OVO. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk membandingkan dua aplikasi mobile payment yang memiliki fungsi serta proses bisnis yang sama dari aspek pengalaman pengguna. Pada penelitian ini menggunakan 2 metode yaitu pengujian tingkat kegunaan menggunakan metode Usability Testing dengan melakukan penyebaran kuisisoner System Usability Scale (SUS) serta metode User Experience Questionnaire (UEQ) yang merupakan alat bantu mengukur pengolahan data hasil kuiseoner berdasarkan pengalaman pengguna. Metode UEQ memiliki 6 skala yaitu : attractiveness, efficiency, perspicuity, dependability, stimulation dan novelty, yang dibagikan kepada responden yang mempunyai latar belakang dan usia yang berbeda-beda. Selanjutnya, dari hasil kedua pengujian secara subjektif, responden cenderung memberikan hasil positif pada kedua aplikasi serta nilai rata-rata untuk Usability Testing berada pada level Margin-Hight dan pada metode UEQ berada pada level positif (good). Lalu dari kedua aplikasi tersebut GoPay lebih unggul dari OVO karena memperoleh nilai rata-rata lebih tinggi pada kedua metode. Kata Kunci : Pengalaman pengguna, Mobile Payment, System Usability Scale, UEQ, Usability Testing
Penyusunan Indikator Kinerja Berbasis IT Balanced Scorecard di RSUD Kota Batu Ikbar, Thoriq; Santosa, Iqbal; Lubis, Muharman
Jurnal Ilmiah KOMPUTASI Vol. 20 No. 4 (2021): Jurnal Ilmiah Komputasi Volume: 20 No. 4, Desember 2021
Publisher : Lembaga Penelitian STMIK Jakarta STI&K

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

SAKIP merupakan prosedur yang dirancang untuk pelaporan kinerja pada instansi pemerintah, dalam rangka pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi pemerintah. Di RSU XYZ, seluruh LAKIP yang dimiliki, dipublikasikan melalui situs web SAKIP milik RSU XYZ. Dilihat dari data yang tersedia pada situs web SAKIP RS, ditemukan rumusan indikator kinerja yang tidak melampaui target di sektor SI. Kemudian terdapat indikator kinerja yang belum jelas cara mengukurnya di sektor SI dan TI. Indikator kinerja utama yang digunakan untuk mengejar sasaran strategis yang terkait TI hanya menghitung persentase unit RS yang sudah terintegrasi SIMRS. Untuk meningkatkan suatu kualitas manajemen menggunakan sistem TI tidak hanya dari segi pengintegrasian sistem saja. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dibutuhkan penyusunan indikator kinerja baru berbasis IT BSC (Information Technology Balanced Scorecard). IT BSC merupakan alat untuk mengukur kinerja dari suatu sistem teknologi informasi yang memandang unit bisnis teknologi informasi dari empat perspektif. Dari hasil analisis menggunakan IT BSC dan juga cascading menggunakan COBIT Goals Cascade, dibuatlah rancangan Balanced Scorecard untuk Enterprise Goals, IT Balanced Scorecard untuk IT-Related Goals. kedua rancangan tersebut menjadi dasar dalam melakukan rancangan indikator baru untuk tiap sasaran bisnis strategis Unit TI dan juga Unit selain TI yang terlibat. Dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menghasilkan rekomendasi untuk rancangan indikator kinerja baru di unit dan layanan TI di RSU XYZ.

Page 1 of 4 | Total Record : 32


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol. 24 No. 3 (2025): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 24 No 3, September 2025 Vol. 24 No. 2 (2025): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 24 No 2, Juni 2025 Vol. 24 No. 1 (2025): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 24 No 1, Maret 2025 Vol. 23 No. 4 (2024): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 23 No 4, Desember 2024 Vol. 23 No. 3 (2024): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 23 No 3, September 2024 Vol. 23 No. 2 (2024): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 23 No 2, Juni 2024 Vol. 23 No. 1 (2024): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 23 No 1, Maret 2024 Vol. 22 No. 4 (2023): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 22 No 4, Desember 2023 Vol. 22 No. 3 (2023): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 22 No 3, September 2023 Vol. 22 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 22 No 2, Juni 2023 Vol. 22 No. 1 (2023): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 22 No 1, Maret 2023 Vol. 21 No. 4 (2022): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 21 No 4, Desember 2022 Vol. 21 No. 3 (2022): Jurnal Ilmiah Komputasi : Vol. 21 No 3, September 2022 Vol. 21 No. 2 (2022): Jurnal Ilmiah Komputasi Volume: 21 No. 2, Juni 2022 Vol. 21 No. 1 (2022): Jurnal Ilmiah Komputasi Volume: 21 No. 1, Maret 2022 Vol. 21 No. 2 (2022): Juni 2022 Vol. 20 No. 4 (2021): Jurnal Ilmiah Komputasi Volume: 20 No. 4, Desember 2021 Vol. 20 No. 1 (2021): Jurnal Ilmiah Komputasi Volume: 20 No. 1, Maret 2021 Vol. 19 No. 4 (2020): Jurnal Ilmiah Komputasi Volume: 19 No. 4, Desember 2020 Vol. 19 No. 3 (2020): Jurnal Ilmiah Komputasi Volume: 19 No. 3, September 2020 Vol. 19 No. 2 (2020): Jurnal Ilmiah Komputasi Volume: 19 No. 2, Juni 2020 Vol. 19 No. 1 (2020): Jurnal Ilmiah Komputasi Volume: 19 No. 1, Maret 2020 Vol 19, No 2 (2020): Juni Vol 19, No 1 (2020): Maret Vol 18, No 4 (2019): Desember Vol 18, No 3 (2019): September Vol 18, No 2 (2019): Juni Vol 18, No 1 (2019): Maret Vol 17, No 4 (2018): Desember Vol 17, No 3 (2018): September Vol 17, No 2 (2018): Juni Vol 17, No 1 (2018): Maret Vol 17, No 1 (2018): Maret Vol 16, No 3 (2017): Desember Vol 16, No 2 (2017): September Vol 16, No 1 (2017): Juni Vol 15, No 2 (2016): Desember Vol 15, No 1 (2016): Juni Vol 15, No 1 (2016): Jurnal Ilmiah KOMPUTASI Vol 14, No 2 (2015): Desember Vol 14, No 2 (2015): Desember Vol 14, No 1 (2015): Juni Vol. 12 No. 2 (2013): Jurnal Ilmiah Komputasi Volume: 12 No. 2, Desember 2013 Vol. 12 No. 1 (2013): Jurnal Ilmiah Komputasi Volume: 12 No. 1, Juni 2013 Vol 12, No 2 (2013): Desember More Issue