cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi
Published by Universitas Hasanuddin
ISSN : 2088411     EISSN : 25282891     DOI : https://doi.org/10.31947
Core Subject : Science, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol.6 No.2 Juli - Desember 2017" : 20 Documents clear
PERILAKU KOMUNIKASI PARA PEDAGANG LOKAL DALAM BERINTERAKSI DENGAN TURIS MANCANEGARA DI SEPANJANG PESISIR KUTA DENPASAR BALI Nettie Nandra Tasunaung; Muhammad Farid; Tuti Bahfiarti
KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol.6 No.2 Juli - Desember 2017
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31947/kjik.v6i2.5335

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perilaku komunikasi dan (2) faktor-faktor penghambat para pedagang lokal dalam berinteraksi dengan turis mancanegara. Penelitian ini dilaksanakan di sepanjang pesisisr pantai Pantai Kuta Denpasar, Bali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data deskriptif. Penentuan informan menggunakan teknik aksidental sampling dengan jumlah informan sebanyak 9 orang. Mereka yang menjadi narasumber merupakan para pedagang lokal dan turis mancanegara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun kebudayaan para pedagang lokal dan turis mancanegara berbeda, namun mereka tetap dapat berkomunikasi secara efektif. Interaksi yang berlangsung antara pedagang lokal dan turis mancanegara menggunakan komunikasi verbal, yaitu secara lisan dan tulisan dan komunikasi nonverbal yang berupa simbolsimbol. Para pedagang lokal dalam berinteraksi langsung dengan turis mancanegara mengalami hambatanhambatan dalam masalah bahasa, budaya, dan motivasi. Meskipun pedagang menemui berbagai macam hambatan dalam berinteraksi dengan turis mancanegara, namun para pedagang lokal tetap berusaha mengatasi semua hambatan tersebut agar komunikasi dapat berlangsung dengan efektif. 
FRAMING PEMBERITAAN KASUS KPK VS POLRI DI SURAT KABAR TRIBUN TIMUR Muhammad Aslam; Hasrullah Hasrullah; Tuti Bahfiarti
KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol.6 No.2 Juli - Desember 2017
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31947/kjik.v6i2.5319

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui menggambarkan, serta menganalisis sikap dan posisi media lokal dalam wacana polemik kasus KPK VS Polri, 2) Mengetahui aspek yang cenderung ditonjolkan harian Tribun Timur dalam memberitakan kasus KPK VS Polri. Objek penelitian ini koran lokal Sulawesi Selatan yakni Tribun Timur. Tipe penelitian peneliti mengarah pada penggunaan metode penelitian kualitatif. Ia bermaksud memberi makna atas fenomena secara holistik dan harus memerankan dirinya secara aktif dalam keseluruhan proses studi. Orientasi kerjanya melegitimasi pemikiran bahwa pendekatan penelitian ini adalah subjektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tribun Timur dalam pemberitaannya mengenai kasus KPK VS Polri mengkonstruksi adanya upaya balas dendam sebagai wujud egoisme lembaga tinggi negara. Secara garis besar dalam pemberitaannya, Tribun Timur mendelegitimasi Polri sebagai penyebab masalah. Tribun Timur dalam pemberitaannya cenderung melihat Kepolisian Republik Indonesia ke arah yang negatif. Namun Tribun Timur tetap menjunjung prinsip cover both sides dengan menghimpun keterangan dari kedua belah pihak.
KONSTRUKSI REALITAS PEMILUKADA DI MEDIA ONLINE (ANALISIS FRAMING BERITA TRIBUN TIMUR ONLINE TENTANG PEMILUKADA KABUPATEN TAKALAR) Rohadi Malik; Muhammad Iqbal Sultan; Kahar Kahar
KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol.6 No.2 Juli - Desember 2017
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31947/kjik.v6i2.5340

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah: untuk menganalisis bingkai berita Pilkada Kabupaten Takalar yang dipublikasi Tribunnews.com. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivistik, dimana data diinterpretasi sesuai teori framing. Penelitian ini berfokus pada pembingkaian berita Pilkada Kabupaten Takalar yang dipublikasikan oleh media online Tribun Timur. Pendekatan metode penelitian ini adalah analisis framing Pan dan Kosicki. Kerangka berita yang dianalisis adalah (a) struktur sintaksis, cara wartawan menyusun fakta. (b) struktur skrip, cara wartawan mengisahkan fakta. (c) struktur tematik, cara wartawan menulis fakta. (d) struktur retoris, cara wartawan menekankan fakta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tribunnews.com, mengangkat dua tema dominan tentang Pilkada Kabupaten Takalar antara lain opini simpatisan dan kampanye dalam momen Pilkada Kabupaten Takalar. Framing opini simpatisan adalah kategori berita yang paling menonjol, namun Tribunnews.com secara proporsional menyuarakan opini simpatisan baik dari kubu Bur-Nojeng sebagai petahana maupun rivalnya SK-HD. Proses seleksi isu merupakan hal yang diprioritaskan oleh pimpinan redaksi dalam rapat redaksi dan wartawan dapat berinisiatif mengusulkan tema pemberitaan yang sesuai realitasnya di lapangan.
PEMANFAATAN DEBAT KANDIDAT UNTUK MENJUAL GAGASAN DAN MENUNJUKKAN KOMPETENSI DALAM PILKADA 2015 DI KABUPATEN SOPPENG Andi Syadaruddin; Muhammad Iqbal Sultan; Hasrullah Hasrullah
KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol.6 No.2 Juli - Desember 2017
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31947/kjik.v6i2.5327

Abstract

ABSTRAK Pemilihan kepala daerah merupakan arena kontestasi politik dengan kompetisi antar pasangan kandidat, dan pemenang ditentukan suara terbanyak oleh pemilih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan debat kandidat sebagai sarana menyampaikan pesan-pesan politik dengan cara public speaking dan mengetahui penguasaan materi dengan tujuan mempersuasi khalayak serta membangun opini publik. Jenis penelitian ini adalah deskriptif Kualitatif. Informan penelitian ini adalah para kandidat pasangan calon, Tim Sukses, dan KPU Kabupaten Soppeng. Penetapan informan dalam penelitian ini menggunakan dua cara yaitu purposif dan aksidental. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua kandidat calon Bupati Soppeng, tidak pernah mengikuti pelatihan public speaking. Menyusun materi debat pada dasarnya hasil olah pikir dan ide dari berbagai pihak termasuk dari masyarakat sebagai bentuk penggalangan aspirasi. Materi debat yang sifatnya untuk mempersuasi khalayak yang berisi pesan-pesan yang bertujuan untuk mempengaruhi pendapat dan perilaku khalayak. Kekuatan dari materi debat, yaitu dapat memberikan informasi tentang kandidat kepada khalayak. Kredibilitas pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Soppeng terbangun atas kualitas dan kapasitas atau kekuatan untuk menimbulkan kepercayaan. Kualitas harus dibangun sejak awal, yaitu berupa pengalaman dan pengetahuan.para kandidat termotivasi untuk mempersuasi khalayak adalah untuk mendorong dan mengugah partisipasinya dalam pilkada, serta bahwa audiens merupakan pemilih cerdas yang akan membantu secara sukarela mendukung kandidat tertentu.
TINGKAT PEMAHAMAN DAN SIKAP REMAJA TERHADAP PROGRAM PENDEWASAAN USIA PERKAWINAN MELALUI FILM ‘KEMBANG DESO’ DI SMA NEGERI 5 MAKASSAR DAN MAN 2 MODEL MAKASSAR Natalia Debora Sidabutar; Hafied Cangara; Muhammad Farid
KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol.6 No.2 Juli - Desember 2017
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31947/kjik.v6i2.5336

Abstract

ABSTRAK Program Pembangunan selalu membutuhkan peran komunikasi sebagai proses penyampaian dan penerimaan pesan dalam rangka meningkatkan dan memanfaatkan pengetahuan, sikap dan perilaku masyarakat dalam mendorong agar secara sadar menerima program pengendalian kependudukan dan keluarga berencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman dan sikap remaja terhadap program Pendewasaan Usia Perkawinan melalui film ‘Kembang Deso’ dan melihat perbedaan pemahaman dan sikap remaja terhadap program Pendewasaan Usia Perkawinan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang berupa membandingkan dua objek penelitian yaitu siswa-siswi SMA Negeri 5 Makassar dengan siswa- siswi MAN 2 Model Makassar. Responden sebanyak 89 orang. Data dianalisis menggunakan model bivariat dengan uji T sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan pemahaman terhadap program Pendewasaan Usia Perkawinan antara siswa-siswa SMA Negeri 5 Makassar dan siswa-siswa MAN 2 Model Makassar. Akan tetapi, dari sikap mereka terhadap program Pendewasaan Usia Perkawinan menunjukkan ada perbedaan yakni siswa-siswi SMA Negeri 5 Makassar berada pada kriteria setuju sedangkan siswa-siswi MAN 2 Model Makassar berada pada posisi netral. Perbedaan ini dilatarbelakangi perbedaan karakteristik sekolah yakni SMA Negeri 5 Makassar mewakili sekolah umum yang memiliki siswa yang lebih variatif dari segi etnis dan agama, sedangkan siswa MAN 2 Model Makassar adalah lembaga pendidikan yang mewakili sekolah berbasis agama (pesantren). Kata 
PENGGUNAAN HASHTAG (#)AKUN TWITTER DIREKTORAT JENDERAL PAJAK DALAM UPAYA MEMBANGUN KESADARAN MEMBAYAR PAJAK Meladia Meladia; Muhammad Nadjib; Muhammad Akbar
KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol.6 No.2 Juli - Desember 2017
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31947/kjik.v6i2.5321

Abstract

ABSTRAK Perkembangan media sosial terus mengubah cara berkomunikasi. Satu alat yang belum diteliti yang tersedia pada platform media sosial adalah hashtag. Penelitian ini bertujuan mengetahui: 1) tipe dan fungsi Hashtag yang digunakan pada akun twitter @DitjenPajakRI. 2) isi Hashtag yang digunakan pada akun twitter @DitjenPajakRI. 3). Pengaruh penggunaan Hashtag pada akun twitter @DitjenPajakRI untuk membangun kesadaran membayar pajak masyarakat dengan model AISAS. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yaitu menggunakan analisis isi kuantitatif dan analisis regresi menguji variable dari hashtag ke dalam model AISAS. Adapun total hashtag yang dianalisis adalah sejumlah 51 hashtag selama periode 1 Januari – 31 Maret 2016 dan populasi survei adalah follower akun twitter @DitjenPajakRI, pengambilan sampel dengan teknik accidental sampling-convienence sampling sebanyak lima puluh orang. Data dikumpulkan melalui dokumentasi, kuisioner, dan observasi. Data dianalisis dengan menggunakan frekuensi tabulasi silang dan analisis regresi dengan bantuan program SPSS IBM 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tipe hashtag lebih dominan hasil retweet dan Fungsi Hashtag lebih banyak fungsi pengelompokkan; 2) Isi Hashtag lebih banyak bertopik kegiatan, bersifat informatif dan tautan berupa photo; 3) Tweet menggunakan Hashtag di sosial media dalam kegiatan penyuluhan online kesadaran membayar pajak memberikan pengaruh positif dan signifikan kepada attention, interest, search, action, dan share berdasarkan hasil uji model yang dilakukan, dengan memanfaatkan fitur yang ada di sosial media di harapkan membantu pemerintah dan lembaga non profit dalam kegiatan penyuluhan, dan kampanye kesadaran masyarakat.
STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KEGIATAN SIMPAN PINJAM PEREMPUAN PADA PNPM MANDIRI PERDESAAN Israyanti Israyanti; Jeanny Maria Fatimah; Rahman Saeni
KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol.6 No.2 Juli - Desember 2017
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31947/kjik.v6i2.5341

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi dalam mengimplementasikan kegiatan SPP pada PNPM mandiri perdesaan dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan kegiatan SPP pada PNPM mandiri perdesaan. Tipe penelitian bersifat deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Hasil penelitian menunjukkan strategi komunikasi yang diterapkan pihak pengelola dalam mengimplementasikan kegiatan simpan pinjam perempuan (SPP) berkaitan dengan persoalan pengenalan khalayak; penyusunan pesan; penetapan metode penyampaian pesan; pemilihan media; dan peranan komunikator. Penelitian ini juga menemukan bahwa ada beberapa faktor pendukung selama proses pengimplemetasian kegiatan SPP diantaranya adanya dukungan dari pemerintah baik itu ditingkat kabupaten, kecamatan, maupun desa, dukugan finansial dan yang tak kalah penting dukungan, antusiasme dan patisipasi dari masyarakat. Sementara untuk faktor penghambatnya yaitu keterlambatan pencairan dana dan pembuatan laporan, ketidakaktifan dari pelaku-pelaku yang terkait dalam kegiatan SPP, serta susahnya penjadwalan kegiatan untuk masyarakat.
KONSEP DIRI DAN KOMPETENSI KOMUNIKASI PENYANDANG DISABILITAS DALAM MENUMBUHKAN KEPERCAYAAN DIRI DAN AKTUALISASI DIRI DI DUNIA KEWIRAUSAHAAN KOTA MAKASSAR Andi Maulana Armas; Andi Alimuddin Unde; Jeanny Maria Fatimah
KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol.6 No.2 Juli - Desember 2017
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31947/kjik.v6i2.5328

Abstract

ABSTRAK Penyandang disabilitas memiliki keterbatasan untuk mendapatkan pekerjaan sedangkan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dengan berwirausaha, penyandang disabilitas harus memiliki konsep diri positif dan memiliki kompetensi komunikasi yang baik. Penelitian ini bertujuan: (1). Memahami dan mengetahui konsep diri pada penyandang disabilitas dalam menumbuhkan kepercayaan diri di dunia kewirausahaan Kota Makassar dan (2). Mengetahui kompetensi komunikasi penyandang disabilitas dalam menumbuhkan aktualisasi diri di dunia kewirausahaan Kota Makassar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan ditetapkan secara purposif, yaitu terdiri atas 4 orang penyandang disabilitas fisik dan 4 orang lainnya yang dianggap mengenal informan (significant others). Data dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyandang disabilitas yang berwirausaha memiliki konsep diri positif walaupun awalnya memiliki konsep diri negatif pada saat mengalami dan merasakan keterbatasannya yang dipengaruhi oleh persepsi dari dalam diri (in self) dan persepsi dari luar diri (out self). Penyandang disabilitas dalam berwirausaha memiliki kompetensi komunikasi yang baik yang dapat dilihat dari tiga aspek, yaitu: motivasi, pengetahuan dan keterampilan. Kompetensi komunikasi yang tidak maksimal ditemukan pada penyandang disabilitas rungu dan wicara, yaitu pada aspek pengetahuan dan keterampilan yang disebabkan oleh keterbatasan atau disabilitas yang mereka alami terhubung langsung dengan organ tubuh yang berfungsi untuk berkomunikasi.
333 SOUNDCLOUD SEBAGAI MEDIA ALTERNATIF DISTRIBUSI KARYA MUSIK MUSISI INDIE KOTA MAKASSAR Andi Muhammad Fauzi Ramadhan; Sudirman Karnay; Andi Subhan Amir
KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol.6 No.2 Juli - Desember 2017
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31947/kjik.v6i2.5337

Abstract

ABSTRACT The purpose of this research is: (1) To find motive of indie musicians on using Soundcloud as an alternative media distribution for musical pieces. (2) To find effort of indie musicians on using Soundcloud as an alternative media distribution for musical pieces. This research is in Makassar, on indie musicians who using Soundcloud. As for the method of this research used Descriptive Qualitative. The result of this research shows that indie musicians in Makassar have different motives on using Soundcloud as an alternative media distribution. The first, musicians used soundcloud to promote their works. The second, as an effort to distribute their works through the download feature. The third, Soundcloud is unsophisticated and very friendly media. The fourth, Soundcloud is utilized by musicians for the sake of protection feature for their uploaded works. The fifth, musicians used Soundcloud as a means of documentation for their works. The variety of Soundcloud uses been applied by indie musicians. The musician effort to utilize the feature not just confined by uploaded the works. Makassar indie musicians also integrated their Soundcloud account to another social media. Furthermore, they are providing download feature for their listeners, so they can download it for free. However, no musicians yet utilized description feature to describe the music context of their works. 
PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PENGEMBANGAN BAHASA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK ASOKA KOTA MAKASSAR Marwah Marwah; Tawany Rahamma; Muhammad Nadjib
KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi Vol.6 No.2 Juli - Desember 2017
Publisher : Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31947/kjik.v6i2.5322

Abstract

ABSTRAK Pendekatan Saintifik sangat mendukung perkembangan bahasa anak. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran bahasa anak di taman kanak kanak Asoka kota Makassar, (2) Untuk mengetahui tingkat perkembangan bahasa anak di taman kanak kanak Asoka kota Makassar, (3) Untuk mengetahui hubungan pelaksanaan pendekatan saintifik terhadap tingkat perkembangan bahasa anak di taman kanak kanak Asoka kota Makassar. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Pelaksanaan pendekatan saintifik dalam pengembangan bahasa anak melalui tahapan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, mengkomunikasikan terlaksana dalam kegiatan pembelajaran disetiap sentra pembelajaran, (2)Perkembangan bahasa anak mencakup aspek bahasa anak yaitu, menyimak, berbicara, membaca dan menulis untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak, perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun mengarah kepada Berkembang Sangat Baik, dan untuk anak usia 4-5 tahun mengarah kepada Berkembang Sesuai Harapan, (3)Terdapat hubungan pendekatan saintifik dengan perkembangan bahasa anak, dengan pendekatan saintifik memunculkan motivasi anak untuk belajar melalui bermain. 

Page 1 of 2 | Total Record : 20


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Volume 12 No. 2 Juli-Desember 2023 Volume 12 No. 1 Januari-Juni 2023 Volume 11 No. 2 Juli-Desember 2022 Volume 11 No. 1 Januari-Juni 2022 Volume 10 No. 2 Juli-Desember 2021 Volume 10 No. 1 Januari-Juni 2021 Vol. 9 No. 2 Juli - Desember 2020 Vol. 9 No. 1 Januari – Juni 2020 Vol. 9 No. 1 Januari – Juni 2020 Vol. 8 No. 2 Juli - Desember 2019 Vol. 8 No. 1 Januari – Juni 2019 Vol.7 No.2 Juli - Desember 2018 Vol.7 No.1 Januari - Juni 2018 Vol.6 No.2 Juli - Desember 2017 Vol.6 No.1 Januari - Juni 2017 Vol.5 No.2 Juli - Desember 2016 Vol.5 No.1 Januari - Juni 2016 Vol.4 No.4 Oktober - Desember 2015 Vol.4 No.4 Oktober - Desember 2015 Vol.4 No.3 Juli - September 2015 Vol.4 No.3 Juli - September 2015 Vol.4 No.2 April - Juni 2015 Vol.4 No.2 April - Juni 2015 Vol.4 No.1 Januari - Maret 2015 Vol.4 No.1 Januari - Maret 2015 Vol.3 No.4 Oktober - Desember 2014 Vol.3 No.4 Oktober - Desember 2014 Vol.3 No.3 Juli - September 2014 Vol.3 No.3 Juli - September 2014 Vol.3 No.2 April - Juni 2014 Vol.3 No.2 April - Juni 2014 Vol.3 No.1 Januari - Maret 2014 Vol.3 No.1 Januari - Maret 2014 Vol.2 No.4 Oktober - Desember 2013 Vol.2 No.4 Oktober - Desember 2013 Vol.2 No.3 Juli - September 2013 Vol.2 No.3 Juli - September 2013 Vol.2 No.2 April - Juni 2013 Vol.2 No.2 April - Juni 2013 Vol.2 No.1 Januari - Maret 2013 Vol.2 No.1 Januari - Maret 2013 Vol.1 No.4 Oktober - Desember 2011 Vol.1 No.4 Oktober - Desember 2011 Vol.1 No.3 Juli - September 2011 Vol.1 No.3 Juli - September 2011 Vol.1 No.2 April - Juni 2011 Vol.1 No.2 April - Juni 2011 Vol.1 No.1 Januari - Maret 2011 Vol.1 No.1 Januari - Maret 2011 More Issue