PROFIT : Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Vol 3, No 1 (2016): PROFIT

ANALISIS KECAKAPAN HIDUP SISWA PADA PEMBELAJARAN EKONOMI KREATIF MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DI SMA NEGERI 15 PALEMBANG

Rafika Rahmadani (Unknown)
Riswan Jaenudin (Unknown)
Ikbal Barlian (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2018

Abstract

Abstract : Formulation of the problem in this researh is how the values of the specific skills of students learning the creative economy through project based learning can see values on specific skills of students. The variables of this study are life skills that are restricted to specific skills and focused on values. the subject were SMAN 15 Palembang X. IPS 2 grade students and one teacherof the creative economy. observational data used to determine the values of the specific skills of the students, a quetionnaire used to determine students respons to learning the creative economy and the interview is used to determine the creative economy concept of learning through projrct based learning. the result showed that the values of the specific skills students consisting of academy pretty good. Result for the value of academic skill was 68,7% in the category is quite good and the value of vocational skills is 69,7% and can be quite good. It shows that with in the students have the values of the good life skills so that these values can be used as the procces of formation student skill.Abstrak : Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana nilai-nilai kecakapan spesifik siswa pada pembelajaran ekonomi kreatif di SMA Negeri 15 Palembang dan bagaimana pembelajaran ekonomi kreatif melalui pembelajaran berbasis proyek dapat memperlihatan nilai-nilai pada kecakapan spesifik siswa. Variabel penelitian ini adalah kecakapan hidup siswa yang dibatasi pada kecakapan spesifik dan difokuskan pada nilai-nilainya.Subjek penelitian ini adalah SMA Negeri 15 Palembang dengan siswa kelas X.IPS 2 dan satu guru mata pelajaran ekonomi kreatif.Data observasi digunakan untuk mengetahui nilai-nilai kecakapan spesifik siswa, angket digunakan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap pembelajaran ekonomi kreatif dan wawancara digunakan untuk mengetahui konsep pembelajaran ekonomi kreatif melalui pembelajaran berbasis proyek.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai kecakapan spesifik siswa yang terdiri dari kecakapan akademik dan kecakapan vokasional terlihat cukup baik. Hasil untuk nilai kecakapan akademik adalah 68,7% masuk dalam kategori cukup baik dan nilai kecakapan vokasional adalah 69.7% dan dapat dikatakan cukup baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa di dalam diri siswa memiliki nilai-nilai kecakapan hidup yang baik sehingga nilai-nilai tersebut dapat dijadikan sebagai proses pembentukan keterampilan diri siswa.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

PROFIT : Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi mempublikasikan hasil penelitian ilmiah di bidang Pendidikan Ekonomi dan kajian Ilmu Ekonomi lainnya, berupa penelitian dasar, perancangan, dan pengembangan teknologi, serta kajian teoritis. Jurnal terbit secara berkala dua kali setahun (Mei dan ...