Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 3 No 1 (2019)

PENGEMBANGAN BOOKLET KEANEKARAGAMAN PTERIDOPHYTA DI KAWASAN SUBAN AIR PANAS UNTUK SISWA SMA

Fitriasih, Rosma (Unknown)
Ansori, Irwandi (Unknown)
Kasrina, Kasrina (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendata keanekaragaman spesies tumbuhan Pteridophyta yang tumbuh di kawasan wisata Suban Air Panas Kabupaten Rejang Lebong dan membuat booklet tumbuhan paku-pakuan yang valid dan efektif sehingga dapat dijadikan sebagai bahan ajar Biologi bagi siswa kelas X SMA Negeri 1 Rejang Lebong pada materi pelajaran tumbuhan (Plantae) subbab Pteridophyta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Dan Pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4D (four-D) yang terdiri dari empat tahap yaitu Define (pendefinisian), Design (perencanaan), Devolope (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Adapun tahapan yang digunakan yaitu hanya pada batas tahap Devolope (pengembangan). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar angket kebutuhan siswa, lembar observasi lapangan, lembar karakteristik morfologi, lembar validasi booklet dan angket respon siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, ditemukan 14 spesies tumbuhan paku. 7 famili Polypodiaceae, 1 famili Dryopteridaceae, 1 famili Adiantaceae, 1 family Selaginellaceae, 1 famili Equisetaceae, 1 family Pteridaceae dan 1 famili Marattiaceae. Booklet yang telah dikembangkan dinyatakan valid dengan nilai akhir 92 % dan dengan kriteria sangat baik. Data angket respon siswa menunjukkan bahwa booklet efektif dijadikan bahan ajar dengan presentase 83 % dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa booklet yang dikembangkan dapat dijadikan bahan ajar dan efektif sebagai alternative sumber belajar biologi kelas X SMA N 1 Rejang Lebong pada materi ajar tumbuhan (Plantae) subbab Pteridophyta.Kata Kunci : Booklet, Pteridophyta, Bahan Ajar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...