Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 3 No 1 (2019)

PEMAHAMAN KONSEP BRYOPHYTA DENGAN MENGGUNAKAN LKPD BERBASIS OBSERVASI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 ARGAMAKMUR

Farida, Nur (Unknown)
Karyadi, Bhakti (Unknown)
Kasrina, Kasrina (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKPD, dan kemampuan pemahaman konsep keanekaragaman Bryophyta pada peserta didik kelas X SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Metode penelitian yang digunakan adalah R & D dengan mengadopsi langkah-langkah dari Borg & Gall. Subyek penelitian 26 orang peserta didik kelas X IPA3 SMA negeri 1 Argamakmur. Variabel penelitian adalah kemampuan pemahaman konsep peserta didik tentang keanekaragaman Bryophyta. Instrumen yang digunakan untuk megukur kemampuan pemahaman konsep dalam bentuk tes esai yang terdiri dari indikator translasi, interpretasi, dan ekstrapolasi. Hasil validasi ahli dan praktisi, LKPD yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan persentase mencapai  87%. kemampuan pemahaman konsep peserta didik setelah belajar dengan LKPD menunjukkan peningkatan dengan rerata nilai pretest-posttest 65,9 menjadi 78,6. Pembelajaran biologi dengan menggunakan LKPD berdasarkan hasil studi keanekaragaman tumbuhan lumut disekitar lingkungan siswa dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas X SMA 1 Argamakmur.Kata kunci : LKPD, keanekaragaman bryophyta, pemahaman konsep

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...