EduChild: Majalah Ilmiah Pendidikan
Vol 3, No 1 (2019)

SHARED READING: SOLUSI PERILAKU PROSOSIAL PADA KELOMPOK ANAK USIA MIXED-AGE GROUPS

Alifah Indalika Mulyadi Razak (Universitas Islam Nusantara)
Agus Ruswandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2019

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi antar teman sebaya memberikan pengaruh yang signifikan pada perilaku prososial anak.  Interaksi antar teman sebaya tersebut memungkinkan anak-anak untuk berinteraksi dan mengenal berbagai bentuk perilaku prososial. Interaksi antar satu anak dengan lainnya ditandai dengan adanya komunikasi dua arah, yang pada umumnya anak-anak mengemas komunikasi tersebut dalam bentuk cerita. Salah satu metode bercerita yang dianggap paling efektif untuk merubah perilaku anak adalah metode shared reading.  Secara teknis  shared reading melibatkan komunikasi aktif antara pembaca cerita dengan pendenger. Intervensi selama 10 hari yang dilakukan pada kelompok anak dengan usia beragam (mixed-aged group),  menunjukkan peningkatan yang signifikan. Pada awal sebelum penelitian perilaku prososial anak berada pada total presentase 42.8 % dan setelah diberikan intervensi meningkat sebesar 80,8%. Berdasarkan presentase tersebut, perilaku prososial mengalam peningkatan skor sebesar 38%

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

EDUCHILD

Publisher

Subject

Education

Description

Majalah Ilmiah Pendidikan EduChild Dini menerbitkan artikel penelitian, melaporkan studi lapangan, praktik terbaik dan kebijakan pembelajaran anak usia dini dan pendidikan sejenis di tingkat nasional dan internasional. Jurnal ini menerbitkan artikel peer-review yang meliputi kurikulum, program ...