Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh toilet training terhadap sikap kemandirian anak usia 4-5 tahun di TKQ Al-Huda Antapani Wetan. Kemandirian adalah suatu upaya yang dilakukan dan dimaksudkan untuk melatih anak dalam memecahkan masalahnya (Yuliani, 2007). Metode penelitian Pre-Experimental, dengan rancangan One group pretest-posttest design. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu penggunaan metode praktek langsung edukasi toilet training dan variabel terikat yaitu sikap kemandirian pada anak usia 4-5 tahun di TKQ Al-Huda Antapani Wetan tahun ajaran 2017-2018. Populasi penelitian yaitu siswa/i usia 4-5 tahun (kelompok A) yang berjumlah 13 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kemampuan toilet training pre-test sebesar 1,8 dan nilai post-test sebesar 3,3 dengan hasil uji hipotesis t_hitung t_tabel ( 11,666 1,782 ). Kemudian nilai rata-rata sikap kemandirian anak pre-test sebesar 2,5 dan nilai post-test sebesar 3,5 dengan hasil uji hipotesis t_hitung t_tabel ( 12,676 1,782 ) dalam taraf signifikasi 5% (N=13). Oleh karena itu keduanya dinyatakan signifikan. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan kegiatan toilet training pada anak usia 4-5 tahun di TKQ Al-Huda Antapani Wetan pada tahun ajaran 2017-2018 terbukti berpengaruh untuk meningkatkan sikap kemandirian anak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019