EduChild: Majalah Ilmiah Pendidikan
Vol 3, No 1 (2019)

PENGARUH TOILET TRAINING TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TKQ AL-HUDA ANTAPANI WETAN TAHUN AJARAN 2017-2018

Kokom Komariah (Tk Al Huda Bandung)
Agus Mulyanto (Uninus Bandung)
Reni Nurapriani (Uninus Bandung)



Article Info

Publish Date
20 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh toilet training terhadap sikap kemandirian anak usia 4-5 tahun di TKQ Al-Huda Antapani Wetan. Kemandirian adalah suatu upaya yang dilakukan dan dimaksudkan untuk melatih anak dalam memecahkan masalahnya (Yuliani, 2007). Metode penelitian Pre-Experimental, dengan rancangan One group pretest-posttest design. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu penggunaan metode praktek langsung edukasi toilet training dan variabel terikat yaitu sikap kemandirian pada anak usia 4-5 tahun di TKQ Al-Huda Antapani Wetan tahun ajaran 2017-2018. Populasi penelitian yaitu siswa/i usia 4-5 tahun (kelompok A) yang berjumlah 13 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kemampuan toilet training pre-test sebesar 1,8 dan nilai post-test sebesar 3,3 dengan hasil uji hipotesis t_hitung t_tabel ( 11,666 1,782 ). Kemudian nilai rata-rata sikap kemandirian anak pre-test sebesar 2,5 dan nilai post-test sebesar 3,5 dengan hasil uji hipotesis t_hitung t_tabel ( 12,676 1,782 ) dalam taraf signifikasi 5% (N=13). Oleh karena itu keduanya dinyatakan signifikan. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan kegiatan toilet training pada anak usia 4-5 tahun di TKQ Al-Huda Antapani Wetan pada tahun ajaran 2017-2018 terbukti berpengaruh untuk meningkatkan sikap kemandirian anak.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

EDUCHILD

Publisher

Subject

Education

Description

Majalah Ilmiah Pendidikan EduChild Dini menerbitkan artikel penelitian, melaporkan studi lapangan, praktik terbaik dan kebijakan pembelajaran anak usia dini dan pendidikan sejenis di tingkat nasional dan internasional. Jurnal ini menerbitkan artikel peer-review yang meliputi kurikulum, program ...