Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya
Vol 4 No 2 (2018): Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya (Mei)

IMPLEMENTASI EVALUASI KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SMA NEGERI DI KOTA PALU

Erniati Erniati (UIN Alauddin Makassar)
Moh. Natsir Mahmud (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Muhammad Yaumi (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Sitti Mania (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2018

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan ketercapaian target evaluasi kinerja guru PAI di SMA Negeri Kota Palu. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan positivistik. Sumber data primer penelitian ini yaitu pengawas, kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, guru PAI, dan sumber data sekunder yang menyangkut dokumen penunjang penelitian tentang evaluasi kinerja guru PAI. Instrumen penelitian menggunakan panduan observasi, pedoman wawancara, dan check list dokumentasi. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun teknik pengolahan dan analisis datanya melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ketercapaian target evaluasi kinerja guru PAI pada aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran masuk dalam kategori baik. Dengan pencapaian hasil kinerja guru PAI dalam menyusun RPP rata-rata skor 18,32 masuk dalam kategori baik. Kemampuan guru PAI dalam pelaksanaan pembelajaran dapat dikatakan sudah baik, dengan perolehan rata-rata skor 19,62. Kemampuan guru PAI dalam evaluasi pembelajaran dapat dikatakan sudah baik, dengan perolehan rata-rata skor kinerja guru sebesar 18,03. Hasil perolehan skor tersebut sejalan dengan studi dokumentasi yang peneliti lakukan terhadap guru Pendidikan Agama Islam pada SMA Negeri di Kota Palu.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ideas

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ideas adalah sebuah jurnal online berbasis OJS yang memfasilitasi publikasi artikel ilmiah dari hasil penelitian. Hasil penelitian dapat berupa hasil penelitian mandiri atau kolaboratif. Peneliti dapat berasal dari berbagai kalangan seperti guru, dosen, mahasiswa, atau praktisi. Fokus ...