Jurnal Karya Pendidikan Matematika
Vol 3, No 2 (2016): Jurnal Karya Pendidikan Matematika

PROFIL MATHEMATIC TEACHERPRENEUR PADA MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA

Martyana Prihaswati (Unknown)
Andari Puji Astuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2016

Abstract

Salah satu alternatif dalam meningkatkan kualitas guru adalah teacher preneur programme. Teacherpreneur diharapkan dapat membentuk guru yang lebih terampil selain di bidang pengajaran, meningkatkan kualitas sekolah, dan dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan siswa karena pengalaman yang diperoleh guru dari pekerjaannya di luar sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil mathematic teacherpreneur pada mahasiswa Pendidikan Matematika FMIPA UNIMUS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mahasiswa Pendidikan Matematika FMIPA UNIMUS sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) indikator risk taker mahasiswa tinggi, indikator persuader tinggi karena promosi masih dilakukan di lingkungan kampus, dan indikator ambitious juga terbilang tinggi. Namun, untuk indikator manajerial terbilang rendah. Sedangkan indikator lain seperti performer dan leadership tergolong standar. (2) Profil mathematic teacherpreneur di prodi Pendidikan Matematika FMIPA UNIMUS adalah (a) berani menghadapi kegagalan dan senang mengembangkan ide-ide baru dalam berwirausaha untuk menciptakan inovasi baru dalam meningkatkan produksi, (b) mencari peluang dalam berwirausaha. Berdasarkan penelitian diharapkan prodi dapat memberi mata kuliah kewirausahaan lanjutan untuk peningkatan indikator manajerial pada mahasiswa.Kata Kunci : mathematic, profil, teacherpreneur

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JPMat

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JKPM | Jurnal Karya Pendidikan Matematika | P-ISSN: 2339-2444 E-ISSN: 2549-8401 is peer reviewed journal that contains the work of the field of educational research or teaching mathematics, mathematics, mathematical applications, mathematical computerization and models of mathematics education in ...