Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia
Vol 6, No 1 (2016)

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMA

SURAYANAH . (Unknown)
PROF. DR. I WAYAN SADIA, M.Pd . (Unknown)
PROF. DR. I WAYAN SUASTRA, M.Pd. . (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan keterampilan proses sains dan kemampuan pemecahan masalah antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini tergolong eksperimen semu pada siswa kelas X SMA N 1 Seririt tahun pelajaran 2015/2016. Berdasarkan hasil uji kesetaraan kelas, digunakan rancangan eksperimen post test only control group design untuk dua kelompok sampel. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif dan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan: (1) perbedaan keterampilan proses sains dan kemampuan pemecahan masalah siswa antara kelompok siswa yang belajar dengan model pembelajaran problem based learning dan konvensional (F=70,253;p

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jurnal_ipa

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Science Education. ...