AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas peserta didik, kemampuan membuat mind mapping dan hasil belajar kognitif dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terstruktur dengan bantuan teknik mind mapping di kelas VIII7 SMPN 04 Kota Bengkulu pada materi sistem ekskresi manusia. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan setiap siklusnya terdiri atas 4 tahapan yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas VIII7 SMPN 04 Kota Bengkulu tahun ajaran 2017/2018, yang terdiri dari 35 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, lembar penilaian mind mapping dan lembar tes. Hasil penelitian dari analisa data observasi guru siklus I diperoleh skor rata-rata 26 (baik), siklus II menjadi 30 (baik). Hasil analisis data observasi peserta didik siklus I diperoleh skor rata-rata 24 (baik), siklus II menjadi 30 (baik). Hasil analisis data penilaian kemampuan membuat mind mapping siklus I diperoleh persentase nilai 65% (baik), siklus II menjadi 80% (baik). Kemudian hasil belajar ranah kognitif siklus I mendapatkan persentase 65,71%, siklus II menjadi 85,71%. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran Inkuiri terstruktur dengan bantuan teknik mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII7 SMPN 04 Kota Bengkulu.Kata Kunci : Inkuiri Terstruktur, Mind Mapping, Hasil Belajar.AbstractThis study aims to describe teaching activities, learning activities, ability to make mind mapping and students' learning outcome by implementation of structured inquiry model at VIII.1 class of SMPN 04 Kota Bengkulu on the material of human excretion system. Type of this research was a classroom action research that was conducted in two cycles and each cycle consists of four stages: planning, implementation of action, observation, and reflection. The subjects of the study were teachers and students at VIII7 class of SMPN 04 Kota Bengkulu in academic year 2017/2018, which was consisted of 35 students. The research instrument was used observation sheet, mind mapping assessment sheet and test sheet. The results of the teachers' observation data analysis in cycle I obtained an average score of 26 (good), cycle II to 30 (good). The result of data observation analysis of learning activities,  cycle I obtained an average score of 24 (good), cycle II to 30 (good). The result of data observation analysis of students’ ability to make mind mapping, cycle I obtained an persentage score of 65% (good), cycle II to 80% (good). Then, the learning result of cognitive aspect of cycle I got 65,71%, cycle II to 85,71%%. As the conclusion of this study, that Structured inquiry learning model with mind mapping tehnique could improve students' learning outcome at VIII7 class of SMPN 04 Kota Bengkulu.Keywords: Structured Inquiry, Mind Mapping, Learning Outcome.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019