Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 3 No 2 (2019)

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS LINGKUNGAN SEKITAR SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SMP TENTANG KONSEP IDENTIFIKASI MAKHLUK HIDUP

Mustika, Reni (Unknown)
Singkam, Abdul Rahman (Unknown)
Karyadi, Bhakti (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman peserta didik yang dilakukan secara kelompok berdasarkan kemampuan siswa dalam mengerjakan atau menjawab bahan diskusi pada LKPD. Penelitian dilakukan dengan 3 tahap yaitu 1). Validasi berupa analisis kebutuhan pengembangan materi IPA Biologi berdasarkan kurikulum 13 dan lingkungan sekitar; 2). Pengembangan desain LKPD berdasarkan analisis kebutuhan; dan 3). Uji coba terbatas LKPD pada peserta didik. Subjek penelitian ini sebanyak 30 peserta didk kelas VIIA  Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 17 Bengkulu Tengah. Instrumen yang digunakan adalah lembar instrumen validasi untuk mengetahui kelayakan LKPD dari ahli dan bahan ajar LKPD untuk mengukur pemahaman siswa. Berdasarkan hasil validasi, LKPD yang disusun sangat layak digunakan dengan nilai rata-rata sebesar 85%. Uji coba skala terbatas menunjukkan bahwa LKPD ini efektif secara kelompok dengan nilai tertinggi sebesar 90% yang terletak pada level menyimpulkan. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba tersebut, LKPD yang dikembangkan ini layak digunakan sebagai bahan ajar materi keanekaragaman makhluk hidup kelas VII SMP.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...