Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi
Vol 3 No 2 (2019)

PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING

Novianjani, Mutiara (Unknown)
Karyadi, Bhakti (Unknown)
Idrus, Irdam (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep peserta didik kelas VII4 SMPN 4 Kota Bengkulu melalui model pembelajaran discovery learning. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas dengan metode deskriptif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subyek penelitian adalah peneliti sebagai guru danĀ  peserta didikĀ  kelas VII4 SMPN 4 Kota Bengkulu pada tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 33 orang. Variabel penelitian ini adalah pemahaman konsep peserta didik dan model pembelajaran discovery learning. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi aktivitas guru dan lembar tes pemahaman konsep peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu rerata dan kategori skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata aktivitas guru pada siklus I sebesar 23 (baik) dan pada siklus II meningkat menjadi 25 (baik). Rata-rata pemahaman konsep peserta didik pada siklus I yaitu 74,7 (baik) meningkat menjadi 82,8 (sangat baik). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep pencemaran lingkungan peserta didik kelas VII4 SMPN 4 Kota Bengkulu.Kata kunci: Discovery Learning, Pemahaman Konsep, pencemaran lingkungan

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jppb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

This journal focuses on the publication of research results in the field of education and learning biology. Detailed scopes of articles accepted for submission to Diklabio are: 1. Classroom Action Research (CAR) 2. Lesson Study (LS) 3. Res earch and Development (R&D) 4. Curriculum in Biology ...