Journal of Nonformal Education and Community Empowerment
Vol 3 No 1 (2019): Journal of Nonformal Education and Community Empowerment

Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Pembelajaran Mandiri pada Pendidikan Kesetaraan Paket C

Fauzi, Ahmad (Unknown)
Siregar, Herlina (Unknown)
Meilya, Ika Rizqi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini, tujuan yang ingin peneliti kemukakan adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran projec based learning dalam pembelajaran mandiri pada pendidikan kesetaraan paket C di PKBM Abdi Pertiwi Kec. Walantaka Kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Formulasi model pembelajaran yang efektif dengan menggunakan strategi Project Based Learning (PjBL) terdiri dari tahap perencanaan dan pelaksanaan. Tahap perencanaan merupakan tahapan yang dilaksanakan pendidik dalam merancang pembelajaran mandiri dengan strategi PjBL yang terdiri dari: 1) pemetaan SK-KD; 2) menentukan tema pembelajaran; 3) menentukan KD yang terkait tema; 4) mengembangkan indicator; 5) mengembangkan silabus; dan 6) mengembangkan RPP. Tahap pelaksanaan merupakan tahap penerapan langkah Project Based Learning dalam pembelajaran mandiri yang dilakukan peserta didik. Tahap ini terdiri dari langkah: 1) menanya; 2) merencanakan proyek; 3) membuat jadwal; 4) melaksanakan proyek; 5) monitoring; 6) menilai; dan 7) mengevaluasi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jnfc

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

The Journal of Nonformal Education and Community Empowerment is published twice a year in June and December. This journal is published by the Department of nonformal Education Faculty of Education Semarang State University since 2012, in 2017 changed with the new ISSN and in collaboration with the ...