Jurnal Bahtera - Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 5, No 46 (2017): Jurnal Surya Bahtera

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS MELALUI TEKS BERITA DENGAN METODE STAD PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 PETANAHAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Wahyu Indah jiwandan (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Khabib Sholeh (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Bagiya Bagiya (Universitas Muhammadiyah Purworejo)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2018

Abstract

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi: (1) penerapan pembelajaran menulis teks eksplanasi kompleks melalui teks berita dengan metode STAD; (2) perubahan minat siswa dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi kompleks melalui teks berita dengan metode STAD; (3) Peningkatan hasil keterampilan menulis teks eksplanasi kompleks siswa kelas XI setelah menggunakan metode STAD melalui teks berita. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah 22 siswa kelas XI MIA I SMA Negeri 1 Petanahan tahun pelajaran 2016/2017. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui keterampilan menulis teks eksplanasi kompleks dengan metode STAD melalui teks berita sedangkan teknik nontes digunakan untuk mendapatkan informasi tentang keadaan peserta didik melalui observasi, catatan lapangan, kuisioner, dan dokumentasi foto. Teknik penyajian hasil analisis data menggunakan teknik informal. Hasil penelitian ini meliputi: proses pembelajaran menulis teks eksplanasi kompleks melalui teks berita dengan metode STAD adalah: siswa berkelompok secara heterogen; guru membagikan teks berita; siswa mendiskusikan teks berita untuk mencari tema dan urutan peristiwa; siswa menulis teks eksplanasi kompleks; guru memberikan simpulan. Pembelajaran menggunakan metode STAD melalui teks berita dapat meningkatkan minat siswa. Pada prasiklus 22,7% siswa aktif dalam mengikuti pembelajaran, pada siklus I meningkat menjadi 77,3%, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 86,4% siswa. Peningkatan keterampilan menulis teks eksplanasi kompleks dapat diketahui dari hasil rata-rata nilai siswa, pada prasiklus nilai rata-rata siswa adalah 57,9, selanjutnya pada siklus I terjadi peningkatan 16,1 poin menjadi 74 dan pada siklus II terjadi peningkatan 6,1 poin dari siklus I menjadi 80,1. Kata kunci: menulis, teks eksplanasi kompleks, STAD, Teks Berita.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

bahtera

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Bahtera merupakan jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya. Jurnal ini sebagai media publikasi karya tulis ilmiah yang dihimpun oleh Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Muhammadiyah Purworejo ...