PROSIDING SEMINAR NASIONAL
2012: SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN 2012

PENINGKATAN SIFAT MEKANIK MATERIAL RING PISTON BEKAS SEPEDA MOTOR SUPRA X DENGAN PROSES HEAT TREATMENT

- Solechan (Unknown)
Samsudi Raharjo (Unknown)
- Rubijanto JP (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2012

Abstract

Dunia otomotif berkembang dengan pesatnya, ditandai dengan jumlah kendaraan bermotor diIndonesia mencapai 28.556.498 buah. Apabila kendaraan sebanyak itu bekerja semuanya, lambattahun akan mengalami kerusakan, terutama pada daerah mesin dan kaki-kaki sepeda motor. Daerahmesin yang paling banyak mengalami kerusakan terutama ring piston diakibatkan timbulnyaperubahan temperatur (thermal cycling) dan friction di daerah silinder pembakaran. Untukmeningkatkan kekuatan ring piston perlu dilakukan pengerasan dan pelapisan permukaan dibagianluarnya. Maka perlu peningkatan kekuatan mekanik ring piston dengan proses heat treatment(perlakuan panas) untuk mengatasi pengaruh thermal cycling pada Honda Supra X. Tujuan penelitianini, untuk mengetahui karakteristik material ring piston Supra X, baik ring piston baru, maupun bekasberdasarkan kekerasan, strukturmikro dan komposisi kimia.Metode Penelitian yang dipakai yaitukomparasi sifat mekanik beberapa ring piston Supra X yang nantinya akan dianalisa. Adapun variabelbebas yang digunakan dari ring piston Supra X baru, bekas dan sudah mengalami perlakuan panas 1,2 dan 3 jam. Sedangkan variabel bebas yaitu komposisi kimia, kekerasan dan struktur mikro. Hasilyang diperoleh dari pengujian komposisi kimia terjadi perbedaan yang signifikan antara ring pistonsupra X baru, bekas dan penahanan 1, 2 dan 3 jam khususnya unsur besi (Fe) dan karbon (C). untukunsur Fe ring piston bekas dan baru sebesar 92,45 % dan 93,02 % terjadi selisih 0,57 sedangkan unsurC sebesar 3,65 % dan 3,11 %. Ini berpengaruh terhadap kekesasan dan ,kekuatan tarik yang semakintinggi, tetapi keuletan dan ketangguhan semakin rendah. Sedangkan Hasil pengujian struktur mikromenunjukkan bentuk grafit dari beberapa material memiliki perbedaan, baik dalam bentuk maupunukuran grafit. Untuk kekerasan dengan penahanan waktu 3 jam kekerasannya mendekati kekerasanring piston supra X baru. Kekerasan waktu penahanan 3 jam yaitu 38.66 HRC dan piston baru sebesar39,94 HRC memiliki selisih 1,28 HRC, tetapi ukuran ketebalan ring tidak mengalami kenaikan makaperlu proses lanjuatan yaitu proses coating.

Copyrights © 2012