Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat peran penggunaan kegiatan membuat pola busana pada materià operasià bilanganà rasional.à Padaà materià ini,à menuntutà pesertaà didikà dapatà menyelesaikan permasalahan operasi bilangan rasional secara kontekstual. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X Busana 1 SMK Negeri 6 Palembang yang berjumlah 25 orang. Metode yang digunakan adalahà desainà researchà terdirià darià tigaà tahap,à yaitu:à preliminary,à desain experimentà (pilot experimentà dan teaching experiment), danà analysis representative. Penelitian ini mengembangkan hasilà pembelajaranà operasià bilanganà rasionalà denganà menunjukkanà aktivitasà danà prosedurà serta strategià pesertaà didikà dalamà menemukanà ideà atauà strategià padaà operasià bilanganà rasional.à Pada bagianà ini,à akanà dibahasà penggunaanà polaà busanaà sebagaià startingà pointà pembelajaranà pola bilanganà denganà Pendidikanà Matematikaà Realistikà Indonesiaà (PMRI)à sebagaià pendekatanà yang mendukungà aktivitasà darià penggunaanà konteksà tersebut.à Selainà itu,à perubahanà darià Hypothetical Learningà Trajectoryà (HLT)à keà Learningà Trajectoryà (LT)à melaluià aktivitas,à dilakukanà dengan pengumpulan dataà menggunakan lembar observasi,à wawancara, rekaman video, foto dan lembar aktivitas peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2012