Penbios: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains
Vol 4 No 02 (2019): PENBIOS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, Vol. 4, No. 2, November 2019 pISSN

PENGARUH PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR DENGAN METODE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA KELAS VII MTS AL-FATURRAHMAN DESA JERINGO

Zulkarnain Gazali (Unknown)
Nurmiati Nurmiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) metode jigsaw terhadap hasil belajar dan motivasi siswa kelas VII MTs Al-Faturrahman Desa Jeringo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksprimen). Metode pengambilan data menggunakan instrumen pre-test, post-test dan angket motivasi. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Al-Faturrahman Desa Jeringo yang berjumlah 66 siswa yang terdiri dari 2 kelas dengan masing-masing kelas 33 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) model jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa kelas VII MTs Al-Faturrahman Desa Jeringo.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bios

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Environmental Science Public Health

Description

Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains (PENBIOS) is a journal which is managed by the Biology Education Study Program at the University Nadhlatul Wathan (UNW) Mataram receiving and publishing article in the form of research (scientific ...