Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Vol 10, No 1 (2009)

KEEFEKTIFAN PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TOPIK TUGAS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PEMILIHAN PROGRAM PENJURUSAN SISWA

Dinar Mahdalena Leksana 1, (Unknown)
Titin Indah Pratiwi, (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2009

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektifitas layanan bimbingan kelompok topik tugas untuk meningkatkan pemahaman pemilihan program penjurusan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian pre-test post-test one group design. Subjek penelitian ini  adalah 8 siswa kelas X-c yang memiliki tingkat pemahaman pemilihan program penjurusan rendah. Instrument pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket pemahaman pemilihan program jurusan yang mengukur tingkat pemahaman pemilihan program jurusan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji jenjang bertanda Wilcoxon (Wilcoxon’s Signed Rank Test) yang tergolong dalam statistik non parametrik. Dengan taraf signifikan 5 % dan N = 8   menunjukkan adanya perbedaan skor antara sebelum dan seudah perlakuan bimbingan kelompok topik tugas. Jadi Hipotesis yang diajukan peneliti “Terdapat perbedaan yang signifikan skor pemahaman pemilihan program penjurusan antara sebelum dan sesudah penerapan bimbingan kelompok dengan topik tugas” dapat diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan topik tugas efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman pemilihan program penjurusan.

Copyrights © 2009