Tujuan penelitian adalah
untuk mengetahui penerapan bimbingan kelompok teknik sosiodrama untuk
meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa di lingkungan sekolah pada siswa
kelas VII-7 di SMP Negeri 1 Krembung Sidoarjo tahun ajaran 2009-2010. Rancangan
penelitian ini termasuk dalam jenis pre-eksperimental
design, dengan metode The One Group Pre
Test Post Test Design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas
VII-7 SMP Negeri 1 Krembung Sidoarjo tahun ajaran 2009-2010, yang mempunyai
kemapuan interaksi sosial yang rendah di lingkungan sekolah. Siswa yang
memiliki interaksi sosial rendah tersebut dipilih yang berjumlah 10 siswa. Teknik analisis data
yang digunakan adalah teknik statistic dengan menggunakan analisis uji tanda. Dari
hasil penelitian di dapat nilai p=0,01
< á= 0,05, maka Ho ditolak. Dengan demikian menunjukkan bahwa teknik
sosiodrama mampu meningkatkan kemampuan interaksi sosial siswa di lingkungan sekolah. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif pengguanaan teknik
sosiodrama terhadap peningkatan kemampuan interaksi sosial pada siswa kelas
VII-7 SMP Negeri 1 Krembung Sidoarjo tahun ajaran 2009-2010.
Copyrights © 2012