Ordik
Vol 9, No 1 (2011)

RESTRUKTURISASI PENDIDIKAN JASMANI BERKARAKTER DALAM PERSPEKTIF SOSIOLOGI OLAHRAGA

Nurul Mas&rsquo (amah, )
Rif&rsquo (iy Qomarrullah, )



Article Info

Publish Date
01 Apr 2011

Abstract

Pendidikan jasmani apabila ditarik ke ranah struktur pendidikan dapat dilihat dari tujuan pendidikan itu sendiri. Pendidikan jasmani dan olahraga berhubungan dengan unsur-unsur sosiologik seperti manusia, aktivitas manusia, lembaga dalam masyarakat. Sosiologi olahraga adalah penerapan ilmu sosiologi dalam konteks olahraga; atau dengan kata lain sub-disiplin sosiologi yang membahas olahraga sebagai bagian dari kehidupan sosial budaya. olahraga sebagai fenomena sosial sangat berkaitan erat dengan konteks kehidupan sosial manusia seperti keluarga, ekonomi, media massa, politik, pendidikan, dan agama. Pendidikan jasmani memberikan sumbangan potensi dalam proses pembentukan, diantaranya adalah: karakteristik manusia, dan kebutuhan manusia. ada tiga cara pembelajaran sosial yang umum, yaitu: 1) hadiah dan hukuman, 2) mencontoh dan meniru, dan 3) diajar. Dalam pendidikan jasmani terdapat beberapa sasaran, tujuan, serta pengembangan konsep berbeda dalam istilah serta metode yang digunakan. Terdapat struktur nilai bermakna dalam pembelajaran jasmani di sekolah, yaitu sejumlah keterampilan dan nilai yang  dapat dipelajari melalui olahraga. Adapun kaitannya dengan perilaku sosial menuju pendidikan karakter terdapat dua aspek penilaian, diantaranya: 1) nilai pendidikan karakter dan nilai dalam penjasor, dan 2) praktik nilai kejujuran dalam permainan dan olahraga

Copyrights © 2011