Pendidikan
jasmani apabila ditarik ke ranah struktur pendidikan dapat dilihat dari tujuan
pendidikan itu sendiri. Pendidikan jasmani dan olahraga berhubungan dengan
unsur-unsur sosiologik seperti manusia, aktivitas manusia, lembaga dalam
masyarakat.
Sosiologi
olahraga adalah penerapan ilmu sosiologi dalam konteks olahraga; atau dengan
kata lain sub-disiplin sosiologi yang membahas olahraga sebagai bagian dari
kehidupan sosial budaya. olahraga sebagai fenomena sosial sangat berkaitan erat
dengan konteks kehidupan sosial manusia seperti keluarga, ekonomi, media massa,
politik, pendidikan, dan agama.
Pendidikan
jasmani memberikan sumbangan potensi dalam proses pembentukan, diantaranya
adalah: karakteristik manusia, dan kebutuhan manusia. ada tiga cara
pembelajaran sosial yang umum, yaitu: 1) hadiah dan hukuman, 2) mencontoh dan
meniru, dan 3) diajar. Dalam pendidikan jasmani terdapat beberapa sasaran,
tujuan, serta pengembangan konsep berbeda dalam istilah serta metode yang
digunakan.
Terdapat struktur nilai bermakna dalam pembelajaran jasmani di sekolah,
yaitu sejumlah keterampilan dan nilai yang 
dapat dipelajari melalui olahraga. Adapun kaitannya dengan perilaku
sosial menuju pendidikan karakter terdapat dua aspek penilaian, diantaranya: 1)
nilai pendidikan karakter dan nilai dalam penjasor, dan 2) praktik nilai
kejujuran dalam permainan dan olahraga
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2011