Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi
Vol 1, No 3 (2013): Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE)

PENGARUH PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN TERHADAP KESIAPAN MAHASISWA PRODI EKONOMI FKIP UNS MENJADI TENAGA PENDIDIK

Novitasari, Fitria (Unknown)
Ngadiman, - (Unknown)
Sumaryati, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2013

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh Program Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap kesiapan mahasiswa menjadi tenaga pendidik bagi mahasiswa prodi ekonomi jurusan P.IPS FKIP UNS angkatan 2009. Kesiapan mahasiswa menjadi tenaga pendidik diukur berdasarkan tingkat kualitas penguasaan kompetensi mengajar.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi Ekonomi angkatan 2009 yang mengikuti PPL dengan jumlah 178 mahasiswa.Sampel yang diambil sebanyak 44 mahasiswa dengan teknik proportional random sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pelaksanaan Program Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap kesiapan mahasiswa menjadi tenaga pendidik, dengan arah hubungan yang positif, pada mahasiswa prodi pendidikan Ekonomi jurusan P.IPS FKIP UNS Surakarta angkatan 2009. Kata kunci: PPL, kesiapan menjadi tenaga pendidik, kompetensi mengajar ABSTRACT The purpose of this research was to determine whether there is the influence of Program Pengalaman Lapangan to the readiness of students to become teacher candidates for student of majoring economics education P.IPS FKIP UNS Surakarta at the year 2009.The readiness of student to become teacher candidates measured by the teaching competency.This research is descriptive quantitative research. The population in this research is student of majoring economics education at the year 2009who participated in the PPL 178 of students. Samples are taken by 44 students withproportional random samplingtechnique. Data obtained using a questionnaire. Data analysis techniques were used to test the hypothesis is the analysis of simple regression analysis.The conclusion of the researchthere is a significant influence on the implementation of the Program Pengalaman Lapangan (PPL) to the readiness of students to became teacher candidate, with the direction of the relationship is positive, of the students majoring Economics education P.IPS FKIP UNS Surakarta at the year 2009. Keywords: PPL, readiness to become teacher candidate, teaching competency

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

ekonomi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

jupe menerbitkan secara on-line kajian ilmiah dan hasil penelitian mahasiswa tentang pendidikan ekonomi yang mengakomodir pendidikan ekonomi, pendidikan akutansi, pendidikan tata niaga dan pendidikan administrasi perkantoran. Kesemuanya memberi kontribusi pada pemahaman, pengembangan teori dan ...