Implementasi Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 Pada Program Keahlian Teknik Bangunan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui (1) Kondisi implementasi Kurikulum 2013 (2) Tingkat pemahaman guru mata diklat dalam implementasikan Kurikulum 2013, (3) Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi Kurikulum 2013, (4) Upaya yang dilakukan program keahlian dalam implementasi Kurikulum2013 pada mata diklat Gambar Teknik SMK N 2 Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah snowball, Teknik analisis data mengunakan Miles and Huberman. Dan validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi data. Hasil penelitin ini adalah: (1) Kondisi implementasi kurikulum 2013 secara informasi, sosialisasi, kondisi, dan supervisi belum dikategorikan baik dan perlu adanya perbaikan dan pengembangan (2) Tingkat pemahaman terdiri dari tiga fungsi manajerial diantaranya adalah perencanaan, pelaksanaa, dan penilaian pembalajaran dilihat dari ketercapaian indikator dapat dikategorikan baik dan sesuai dengan Permendikbud (3) Faktor pendukung diperoleh lewat pendampigan kurikulum 2013 kelompok C Direktorat Pembinaan SMK, Faktor penghambat berasal kedisiplinan guru, pembagian jam pembelajaran yang belum evektif, serta penyusunan administrasi yang terlalu banyak. (4) Upaya apa yang dilakukan dalam mengimplementasikan pembelajaran kurikulum 2013 adalah memaksimalkan prasarana pembelajaran, penyiapan dan pembinaan guru, serta penyediaan buku mata pelajaran.Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran, Kurikulum 2013.
Copyrights © 2015