AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan
Vol 7, No 1: Juni 2017

PENGEMBANGAN MODUL TRIGONOMETRI BERCIRIKAN OPEN-ENDED PROBLEM

Agung Deddiliawan Ismail (Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Malang)
Anis Farida Jamil (Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Malang)
Octavina Rizky Utami Putri (Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2017

Abstract

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mengembangkan modul Trigonometri bercirikan open-ended problem yang dapat mendukung mahasiswa berpikir tingkat tinggi dengan kriteria kualitas valid, praktis, dan efektif. Penelitian dan pengembangan ini mengadaptasi model 4D oleh Thiagarajan, dkk yang terdiri dari tiga tahap, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Subjek uji coba dalam penelitian dan pengembangan ini adalah mahasiswa semester gasal 2016/2017. Modul, instrumen (lembar observasi aktivitas mahasiswa dan lembar angket respon mahasiswa), dan RPP yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid. Modul ini juga memenuhi kriteria praktis yang ditunjukkan oleh: (1) hasil pengamatan aktivitas mahasiswa yang memenuhi kategori sangat baik, dan (2) mahasiswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan modul Trigonometri bercirikan open-ended problem. Modul ini memenuhi kriteria efektif yang ditunjukkan oleh peningkatan hasil tes observasi awal dan tes setelah uji coba modul. Kata Kunci: pengembangan, modul trigonometri, open-ended problem

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

AdMathEdu

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Admathedu is a peer-reviewed open access journal published twice in a year (June and December) since 2011. The Admathedu aims to provide an national forum for researchers and professionals to share their ideas on all topics related to mathematics ...