Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 5, No 1 (2017): Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini

PENERAPAN METODE DEMONTRASI MELALUI KEGIATAN USAP ABUR UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK IKAL DOLOG PONTIANAK KOTA

Wahyuni, Fitri Sinar (Unknown)
., Diana (Unknown)
., Sutrisno (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2019

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah  kreativitas anak dalam mewarnai masih sederhana seperti dalam kegiatan mewarnai menggunakan fotocopy gambar dan buku paket mewarnai menggunakan crayon, dan membuat gambar dengan menggunakan berbagai bentuk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perencanaan penerapan metode demonstrasi melalui kegiatan usap abur untuk meningkatkan kreativitas anak. (2) Pelaksanaan penerapan metode demonstrasi melalui kegiatan usap abur untuk meningkatkan kreativitas anak. (3) Hasil evaluasi penerapan metode demonstrasi melalui kegiatan usap abur untuk meningkatkan kreativitas anak. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah 17 orang anak kelompok  B semester 1, sedangkan tempat penelitian yaitu di Taman Kanak – kanak Ikal Dolog Pontianak Kota. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik dan alat pengumpulan data ini diambil dari observasi. dan wawancara, pengumpulan data ini dilakukan untuk mendapat informasi maupun dokumentasi. Analisis data yang dilakukan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data adalah menggunakan triangulasi dan Member Check. Peserta didik dikatakan tuntas bila telah mencapai 85% dari kreativitas anak menggunakan kegiatan usap abur. Dari empat aspek perkembangan yang diamati adalah rasa ingin tahu yang luas dan mendalam, sering mengajukan pertanyaan, bebas dalam menyatakan pendapat, mempunyai rasa keindahan yang mendalam. Menunjukan bahwa terjadi peningkatan pada setiap siklus  dari kriteria berkembang sangat baik. Pada Kondisi Awal Pada Siklus I dalam kategori baik  adalah 37,86%  kemudian di Siklus II meningkat menjadi 43,74%, dan pada siklus III mengalami peningkatan menjadi 86,76% yang mengalami keberhasilan pada indikator kinerja. Berdasarkan hasil penelitian bahwa adanya peningkatan dari penerapan metode demonstrasi melalui kegiatan usap abur untuk meningkatkan kreativitas anak di Taman Kanak-kanak Ikal Dolog Pontianak Kota.Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Usap Abur, Kreativitas

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JME

Publisher

Subject

Education Other

Description

Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini merupakan terbitan berkala untuk memfasilitasi tulisan dan hasil karya dari mahasiswa, pendidik, akademisi (guru dan dosen) dan peneliti yang berkaitan dengan pendidikan anak usia ...