Berdasarkan pengamatan dilapangan, kemampuan anak perlu ditingkatkan lagi karena ada beberapa anak yang menghitung angka masih ada yang terbalik-balik seperti angka satu menjadi angka tiga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kemampuan, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan menggunakan media meronce di kelas B yang terdiri dari 19 anak di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Disbun Pontianak Tenggara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian kualitatif ini diperoleh dari sumber data yang terdiri dari guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan alat yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan yaitu: member check dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan kemampuan mengenal konsep bilangan menggunakan media meronce dapat dilihat dari keseharian anak dalam hal mengenal konsep bilangan dari indikator yang diamati yaitu menyebutkan lambang bilangan1-10, menggunakan lambang bilangan untuk menghitung, mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan. Kesimpulan hasil yang diperoleh dalam penelitian membuktikan bahwa 10,52%anak yang mangalami kesulitan dalam mengurutkan bilangan masih terbolak-balik di kelas B1 TK Pertiwi Disbun Pontianak Tenggara.Kata kunci: kemampuan mengenal konsep bilangan, media meronce
Copyrights © 2018