Penelitian ini dilatar belakangi belum optimalnya kreativitas seni menggambar anak di TamanKanak-kanak Khulafaur Rasyidin Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, yang ditandaidengan kurang kegiatan menggambar anak dan koordinasi mata anak yang kurang fokus dalammengikuti kegiatan pembelajaran. Salah satu penyebab permasalahan tersebut adalah guru belummengoptimalkan perkembangan motorik halus anak dengan kegiatan yang berbeda, hal inidisebabkan guru lebih memfokuskan perkembangan motorik halus dengan kegiatan menebalkanhuruf saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan menggambar anak di Taman KanakkanakKhulafaur Rasyidin Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, untuk keperluantersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas melalui pembelajaran dengan menggunakankegiatan menggambar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan metodedeskriptif melalui jenis penelitian kualitatif, yang dilaksanakan dalam empat tahapan yaitu: 1)perencanaan, 2) tindakan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus denganmasing-masing dua kali pertemuan pada setiap siklus. Tekhnik pengumpulan data yang dilakukanmelalui observasi, pada tahap pengamatan oleh observer. Tekhnik pengolahan data menggunakanperhitungan persentase pada siklus I sampai dengan siklus III menggunkan indikator keberhasilan dikatakan berhasil apabila mencapai 75% secara klasikal. Berdasarkan hasil penelitian padakemampuan motorik halus anak dalam kegiatan meniru membuat garis tegak, datar, miring danlengkung, mewarnai gambar rumah menggunakan krayon menggambar bentuk-bentuk geometridan setelah diberikan pembelajaran dengan kegiatan menggamba dari tindakan siklus I sampaidengan tindakan siklus III mengalami peningkatan.Kata kunci: Motorik Halus, Seni Menggambar, Demonstrasi
Copyrights © 2016