Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 5, No 11 (2017): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG

Pengembangan LKPD Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self-Efficacy Matematis

Syaifuddin Syaifuddin (Unknown)
Haninda Bharata (Unknown)
Caswita Caswita (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Dec 2017

Abstract

This research development aimed to develop of worksheet based on contextual for increasing problem solving ability and mathematicals self efficacy. The subject of this research was students of VIII C class of SMP Negeri 30 Bandar Lampung. The arranges of worksheet were started with the draft-preperation and all of components based on the composing guidelines. The result of the validation showed that the worksheet got the standart qualification for its content and design. The filed trial results showed that (1) learners who use contextual based Worksheets more interactive, more able to solve mathematical problems in accordance with the steps and obtain an average value of 62.85 with N-Gain 0.60. (2) Learners using contextual based Worksheets more confident, more interactive, and N-Gain Self-Efficacy increased to 0.57 in the moderate category. The result of this research showed that problem solving skill of student using contextual based Worksheets was better than problem solving skill of student with conventional learning. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis konstektual guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy matematis. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII C SMP Negeri 30 Bandar Lampung. Penelitian ini dirancang dengan rancangan Non Equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peserta didik yang menggunakan Lembar kerja berbasis kontekstual lebih interaktif, mampu memecahkan masalah matematis sesuai dengan langkah-langkahnya serta memperolehan nilai rata-rata 76,32 dengan N-Gain 0,62. (2) Peserta didik yang menggunakan Lembar kerja berbasis kontekstual lebih percaya diri, interaktif, dan N-Gain Self-Efficacy meningkat menjadi 0,57 dalam kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang pembelajarannya menggunakan LKPD berbasis kontekstual lebih baik dari peserta didik dengan pembelajaran konvensional. Disarankan agar guru menggunakan Lembar kerja berbasis kontekstual sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan Self-Efficacy peserta didik.Kata kunci: LKPD, pemecahan masalah, self efficacy.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...