Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 3, No 6 (2015): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Aulia Rahmat (Unknown)
Caswita Caswita (Unknown)
Haninda Bharata (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2015

Abstract

This quasi-experimental research aimed to find out the effectiveness of guided discovery learning model viewed by students mathematics problem solving. The population of this research was all students of grade VIII of SMP Al-Kautsar Bandar Lampung in academic year of 2014/2015 as many as 268 students that was distributed into 8 classes. The sample of this research was students of VIII H class which was chosen by purposive random sampling technique. The design of this research was one-group posttest only design. Based on the result of data analysis, the percentage of students who have good mathematical problem solving in guided discovery learning was not over than 60%. The conclusion of this research was guided discovery learning model was ineffective viewed by students mathematical problem solving.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model guided discovery learning ditinjau dari pemecahan masalah matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al-Kautsar Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 268 siswa yang terdistribusi dalam 8 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII H yang dipilih dengan teknik purposive random sampling. Desain penelitian ini adalah one group posttest only design. Berdasarkan hasil analisis data, persentase siswa yang mempunyai pemecahan masalah matematis yang baik dalam model guided discovery learning tidak lebih dari 60%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model guided discovery learning tidak efektif ditinjau dari pemecahan masalah matematis siswa.Kata kunci: eksperimen semu, guided discovery learning, pemecahan masalah

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...