Jurnal Manajemen Teknologi
Vol 9, No 3 2010

Bagaimana Interaksi antar konsumen dapat mengakibatkan suatu merek menjadi generik?

Prasetya, Ivan (School of Business and Management, Institut Teknologi Bandung)
Putro, Utomo Sarjono (School of Business and Management, Institut Teknologi Bandung)
Sunitiyoso, Yos (School of Business and Management, Institut Teknologi Bandung)
Hermawan, Pri (School of Business and Management, Institut Teknologi Bandung)
Utomo, Dhanan Sarwo (School of Business and Management, Institut Teknologi Bandung)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2002

Abstract

Abstrak. Generic brand merupakan merek yang telah menjadi nama kategori dan telah kehilangan fungsinya sebagai pembeda dan tentunya hal ini sangat merugikan perusahaan. Pada penelitian ini dibangun suatu simulasi berbasis agen untuk mengetahui mekanisme seperti apa yang dapat menggambarkan proses terjadinya generic brand dan mengetahui bagaimana interaksi konsumen dapat mempengaruhi suatu merek menjadi generik. Studi ini akan mengambil kasus pada produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK). Mekanisme yang dihipotesakan kemudian diuji melalui sejumlah eksperimen. Berdasarkan hasil eksperimen dapat disimpulkan kondisi-kondisi yang menyebabkan suatu merek menjadi generik dan kondisi-kondisi yang dapat mencegah agar suatu merek tidak menjadi generik.Kata kunci: generic brand, simulasi berbasis agen, sistem kompleks

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

mantek

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Manajemen Teknologi merupakan salah satu publikasi ilmiah yg diterbitkan oleh SBM ITB, dalam kerangka untuk mendorong pengembangan praktik dan teori manajemen di Indonesia melalui penyebarluasan temuan-temuan hasil riset di bidang sains dan kasus manajemen. Jurnal ini dikenal secara luas ...