Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui: (1) penerapan teknik drill dalam meningkatkan kemampuan menulis, (2) respons siswa terhadap penerapan teknik drill dalam meningkatkan kemampuan menulis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IA 4 SMA N 2 Singaraja Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes, kuesioner, dan wawancara terhadap guru serta siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan teknik drill dapat meningkatkan kemampuan menulis katakana. Hal ini diketahui berdasarkan hasil penelitian terjadi peningkatan rata-rata nilai tes tulis yaitu sebesar 9,7. Pada siklus I nilai rata-rata siswa 75,93 dan siklus II nilai rata-rata siswa 85,63, (2) Respons siswa terhadap penerapan teknik drill dalam meningkatkan kemampuan menulis huruf katakana adalah positif.Kata Kunci : katakana, teknik drill ã“ã®ç ”ç©¶ã®ç›®çš„ã¯ã€(1)å¦ç¿’者ã®è¡¨è¨˜èƒ½åŠ›ã‚’å‘上ã•ã›ã‚‹ãŸã‚ã®ãƒ‰ãƒªãƒ«ãƒ†ã‚¯ãƒ‹ãƒƒã‚¯ã®ä½¿ç”¨ã€(2)ドリルテクニックを使用ã—ãŸå ´åˆã®å¦ç¿’者ã®å応を明らã‹ã«ã™ã‚‹ã“ã¨ã§ã‚る。ã“ã®ç ”ç©¶ã®å¯¾è±¡ã¯ã€2013年度シンガラジャ国立第二高ç‰å¦æ ¡ç†ç³»ã‚³ãƒ¼ã‚¹11年生4組ã®30åã§ã‚る。調査データã¯ã€æŽˆæ¥è¦–察ã€ãƒ†ã‚¹ãƒˆã€ã‚¢ãƒ³ã‚±ãƒ¼ãƒˆã€ã‚¤ãƒ³ã‚¿ãƒ“ューã«ã‚ˆã‚ŠåŽé›†ã—ãŸã€‚ãれを定性ã€å®šé‡çš„記述法ã«ã‚ˆã£ã¦åˆ†æžã—ãŸã€‚分æžã®çµæžœã€(1)ドリルテクニックã®ä½¿ç”¨ãŒã€å¦ç¿’者ã®ã‚«ã‚¿ã‚«ãƒŠè¡¨è¨˜èƒ½åŠ›ã‚’é«˜ã‚ã‚‹ã®ã«æœ‰åйã§ã‚る。ã“れã¯ã€ç¬¬ä¸€å‘¨æœŸçµ‚了後ã®ãƒ†ã‚¹ãƒˆã®å¹³å‡ç‚¹ãŒ75,93点ã€ã“れã«å¯¾ã—第二周期終了後ã®ãƒ†ã‚¹ ã®å¹³å‡ç‚¹ã¯85,63点ã§9,7ãƒã‚¤ãƒ³ãƒˆä¸Šæ˜‡ã—ãŸã“ã¨ã‹ã‚‰è¨€ãˆã‚‹ã€(2)å¦ç¿’者ã®å応も良好ã§ã‚ã£ãŸã€‚keyword : カタカナã€ãƒ‰ãƒªãƒ«ãƒ†ã‚¯ãƒ‹ãƒƒã‚¯
Copyrights © 2015