Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) dalam upaya meningkatkan keterampilan menyimak bahasa Jepang dan respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tersebut. Rancangan penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif, yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu lembar observasi, tes, dan angket/kuesioner. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI Bahasa 3 SMA Karya Wisata Singaraja tahun ajaran 2013-2014. Setelah analisis dan pengolahan data dilakukan, diperoleh nilai rata-rata siswa yang mengalami peningkatan mulai dari 74,5 pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 87,8 pada siklus II. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) mampu meningkatkan kemampuan menyimak bahasa Jepang siswa. Terkait hal tersebut, respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) sebagaian besar memberikan respon yang positif dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : model pembelajaran kooperatif, teams games tournament (TGT), menyimak ã“ã®ç ”ç©¶ã®ç›®çš„ã¯ã€€æ—¥æœ¬èªžè´è§£åŠ›ã‚’ å‘上ã•ã›ã‚‹ãŸã‚㮠ティーム ゲムトーナメントグルプ å¦ç¿’法㮠使用状æ³ã€‚ ãŠã‚ˆã³ã€€ ã“ã®å¦ç¿’法ã«ã€€å¯¾ã™ã‚‹ å¦ç¿’法㮠å応を明ãらã‹ã« ã™ã‚‹ã“ã¨ã§ã‚る。 ã“れ㯠クラス有åƒèª¿æŸ»ã§ã‚る。デï¼ã‚¿ã¯å®šæ€§ãŠã‚ˆã³å®šé‡çš„å¥‡ç£æ³•ã«ã‚ˆã‚Šåˆ†æžã—ãŸã€‚ デï¼ã‚¿ã¯äºŒå‘¨æœŸã«ã€€æ¸¡ã‚‹ã€‚授æ¥è¦–察ã€ãƒ†ã‚¹ãƒˆã€ è³ªå• ã‚¢ãƒ³ã‚±ãƒ¼ãƒˆã«ã‚ˆã‚Š åŽé›†ã—ãŸã€‚ ç ”ç©¶ã®å¯¾è±¡ã¯2013 年度シンガラジャ カルヤウィサタ 高ç‰å¦æ ¡è¨€èªžã€€ã‚³ãƒ¼ã‚¹11年生3組㮠生徒ã§ã‚る。 ç ”ç©¶ã® çµæžœç¬¬ä¸€å‘¨æœŸçµ‚了後㮠テスト。 å¹³å‡ç‚¹ãŒã€74,5点㧠ã‚ã£ãŸã®ã« 対銃ã第二周期終了後ã¯ã€€87,8 点上ãŒã£ãŸã€‚ ã“ã®ã“ã¨ã‹ã‚‰é¡å•†æ³•㮠日本語è´è§£åŠ›ã‚’å‘上ã•ã›ã‚‹ãŸã‚ã®ã«ãƒ†ã‚£ãƒ¼ãƒ  ゲムトーナメントグルプ å¦ç¿’法ã¯åŠ¹æžœãŒã‚ã‚‹ã¨ã„ãˆã‚‹ã€‚ã¾ãŸã€ ã“ã®é¡å•†æ³•㫠対ã™ã‚‹ å¦ç¿’法㮠å応㯠ã¨ã¦ã‚‚ 良ã‹ã£ãŸã€‚ keyword : グルプå¦ç¿’法ã€ãƒ†ã‚£ãƒ¼ãƒ  ゲムトーナメントã€è´è§£
Copyrights © 2015