Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan strategi role play dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Jepang siswa, (2) respons siswa terhadap penerapan strategi role play dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Jepang siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 2 Singaraja tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, kuesioner, dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan strategi role play dapat (1) meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Jepang siswa, yang ditandai dengan meningkatnya nilai rata-rata kelas, yaitu 76 pada siklus I menjadi 89 pada siklus II, (2) menumbuhkan respons positif siswa terhadap penerapan strategi role play dalam meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Jepang siswa.Kata Kunci : kemampuan berbicara, strategi role play ã“ã®ç ”ç©¶ã®ç›®çš„ã¯ã€(1)å¦ç¿’è€…ã®æ—¥æœ¬èªžä¼šè©±èƒ½åŠ›ã‚’å‘上ã•ã›ã‚‹ãŸã‚ã®ãƒãƒ¼ãƒ«ãƒ—レイã®ä½¿ç”¨çжæ³ã€(2)ãƒãƒ¼ãƒ«ãƒ—レイã«å¯¾ã™ã‚‹å¦ç¿’者ã®å応を明らã‹ã«ã™ã‚‹ã“ã¨ã§ã‚る。ã“ã®ç ”ç©¶ã®å¯¾è±¡ã¯ã€2013年度シンガラジャ国立第ニ高ç‰å¦æ ¡è¨€èªžã‚³ãƒ¼ã‚¹11年生30åã§ã‚ã‚‹ã€‚èª¿æŸ»ãƒ‡ãƒ¼ã‚¿ã¯æŽˆæ¥è¦³å¯Ÿã€ãƒ†ã‚¹ãƒˆã€ã‚¢ãƒ³ã‚±ãƒ¼ãƒˆã€ã‚¤ãƒ³ã‚¿ãƒ“ューã«ã‚ˆã‚ŠåŽé›†ã—ãŸã€‚ãれを定性定é‡çš„記述法ã«ã‚ˆã£ã¦åˆ†æžã—ãŸã€‚分æžã®çµæžœã€(1)ãƒãƒ¼ãƒ«ãƒ—レイã«ã‚ˆã£ã¦å¦ç¿’è€…ã®æ—¥æœ¬èªžä¼šè©±èƒ½åŠ›ã‚’é«˜ã‚ã‚‹ã®ã¯æœ‰åйã§ã‚る。ã“れã¯ç¬¬ä¸€å‘¨æœŸçµ‚了時ã®ãƒ†ã‚¹ãƒˆã®å¹³å‡ç‚¹ãŒ76点ã€ç¬¬ãƒ‹å‘¨æœŸçµ‚了時ã®ãƒ†ã‚¹ãƒˆã®å¹³å‡ç‚¹ãŒ89点ã«ãªã£ãŸã“ã¨ã‚ˆã‚Šã‚ã‹ã‚‹ã€(2)å¦ç¿’者ã®å応も良好ã§ã‚ã£ãŸã€‚keyword : 会話能力ã€ãƒãƒ¼ãƒ«ãƒ—レイ使用状æ³
Copyrights © 2015