Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK)
Vol 8, No 10 (2019): Oktober 2019

MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TENTANG KALOR

Nadya, Putri (Unknown)
Djudin, Tomo (Unknown)
Oktavianty, Erwina (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2019

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran children learning in science terhadap hasil belajar materi kalor peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 1 Pemangkat. Bentuk penelitian ini berupa true-experimental design dengan rancangan nonequivalent control group design. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik intact group, kelas XI MIA 1 dengan jumlah 35 peserta didik sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI MIA 2 dengan jumlah  34 peserta didik sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data meliputi tes pre-test dan post-test. Pretest pada kelas eksperimen diperoleh skor rata-rata sebesar 38,71 dan posttest sebesar 78,57, pada kelas kontrol rata-rata pretest diperoleh sebesar 50,58 dan posttest sebesar 71,91. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan antara skor rata-rata hasil pretest dan posttest kelas kontrol lebih kecil daripada kelas eksperimen yang dipengaruhi oleh penerapan model pembelajaran CLIS. Pengaruh model pembelajaran CLIS juga menunjukkan effect size sebesar 0,7 (kategori sedang). Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran bagi guru dan peserta didik agar dapat menurunkan kesulitan dalam belajar.  Kata Kunci: Children Learning In Science, Hasil Belajar, Kalor

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jpdpb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Journal of Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) is a peer-reviewed journal which focuses on topics related to education and science in various teaching and learning fields. JPPK invites researchers, lecturers, teachers from various levels such as elementary and secondary levels of ...