AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran children learning in science terhadap hasil belajar materi kalor peserta didik kelas XI MIA SMA Negeri 1 Pemangkat. Bentuk penelitian ini berupa true-experimental design dengan rancangan nonequivalent control group design. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik intact group, kelas XI MIA 1 dengan jumlah 35 peserta didik sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI MIA 2 dengan jumlah 34 peserta didik sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data meliputi tes pre-test dan post-test. Pretest pada kelas eksperimen diperoleh skor rata-rata sebesar 38,71 dan posttest sebesar 78,57, pada kelas kontrol rata-rata pretest diperoleh sebesar 50,58 dan posttest sebesar 71,91. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan antara skor rata-rata hasil pretest dan posttest kelas kontrol lebih kecil daripada kelas eksperimen yang dipengaruhi oleh penerapan model pembelajaran CLIS. Pengaruh model pembelajaran CLIS juga menunjukkan effect size sebesar 0,7 (kategori sedang). Penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran bagi guru dan peserta didik agar dapat menurunkan kesulitan dalam belajar.  Kata Kunci: Children Learning In Science, Hasil Belajar, Kalor
Copyrights © 2019