Jurnal Teknik Sipil
Vol 17, No 1 (2017): JURNAL TEKNIK SIPIL EDISI JUNI 2017

KAJIAN TINGKAT KEJENUHAN LALU LINTAS PADA JEMBATAN KAPUAS I DI KOTA PONTIANAK

Hendra Masudi (Unknown)
Abubakar Alwi (Unknown)
R.M Rustamaji (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2017

Abstract

Pada  dasarnya  kota  Pontianak  merupakan  suatu  kawasan  kota  yang  dipisahkan  oleh sungai  dimana  sebagai  jalur  penghubung  telah  dibangun  Jembatan  Kapuas  I  yang  mampu membuka keterisolasiran  antara Kecamatan  Pontianak  Kota dan Kecamatan  Pontianak  Timur, satu hal yang tidak dapat  dipungkiri  bahwa  pembangunan  Jembatan  Kapuas  I telah berhasil merangsang pertumbuhan sosial dan ekonomi penduduk kota Pontianak, namun seiring dengan meningkatnya pertumbuhan penduduk dan ekonomi akan mempercepat pula pertumbuhan akan lalu lintas, salah satunya adalah pertumbuhan jumlah kendaraan.Seiring dengan bertambahnya jumlah kendaraan di kota Pontianak ini maka kendaraan yang melalui jembatan Kapuas I akan semakin bertambah.Tingkat  kemacetan lalu-lintas di Kota Pontianak  semakin  bertambah  dari tahun ketahun  serta terjadinya  kemacetan  lalu lintas yang sangat luar biasa. Kemacetan ini terjadi juga di Jembatan Kapuas I, dimana terjadi penumpukan kendaraan terutama pukul 07.00 WIB dan pukul 16.00 WIB – 18.00 WIB, serta setiap hari sabtu dan minggu jumlah kendaraan roda empat dari luar kota yang ingin masuk ke Kota Pontianak melalui Jembatan Kapuas I sangat banyak, sehingga menimbulkan  antrian panjang dan sering menyebabkan kemacetan. Walaupun sudah ada Jembatan Kapuas II tapi tidak mengurangi kemacetan yang terjadi di kawasan Jembatan Kapuas I.Menurut  Moleong  (1993),  dalam  melakukan  penelitian  ada dua jenis metode,   yaitumetode  kualitatif  dan  metode  kuantitatif. Penelitian  kuantitatif didasarkan pada  perhitungan- perhitungan   statistik  sebagai dasar analisis, sedangkan penelitian kualitatif menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau tulisan dari orang-orang dan pelaku yang diamati. Pendekatan  metode  yang    digunakan    dalam    penelitian    ini   adalah  metode  kualitatif  dan kuantitatif.   Pendekatan   metode   kualitatif   digunakan   untuk   memberikan   predikat   kepada variabel-variabel     persepsi     yang     dihasilkan     dari    data  deskriptif  guna  menarik  suatu kesimpulan.   Sedangkan  pendekatan  kuantitatif  digunakan  menganalisis   pengukuran   secara kuantitas terhadap  variabel  yang  dikaji  atau dianalisis.Dari hasil penelitian Kajian Tingkat Kejenuhan Lalu Lintas Pada Jembatan Kapuas I diKota Pontianak  dengan  menggunakan  perhitungan  volume lalu lintas, derajat  kejenuhan,  dan tingkat pelayanan sebagai tolak ukur dengan solusi perbaikan yang ditawarkan adalah duplikasi Jembatan Kapuas 1 dengan membangun jembatan pendamping di sebelah Jembatan Kapuas 1, pembangunan  Jembatan Kapuas 3, dan pembangunan  infrastruktur  penyeberangan  ferry TPI – Batulayang.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jtsuntan

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Jurnal Teknik Sipil Universitas Tanjungpura merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi peneliti yang hendak mempublikasikan hasil penelitiannya dalam bentuk studi literatur, peneltian, dan pengembangan teknologi sebagai bentuk penerapan metode, algoritma, maupun kerangka kerja. ...