Jurnal Pendidikan Sains
Vol 4, No 4: Desember 2016

Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL): Analisis Pengetahuan dan Perilaku Santri

Najah Sholehah (Pendidikan Biologi-Universitas Negeri Malang)
Mimien Henie Irawati (Pendidikan Biologi-Universitas Negeri Malang)
Sueb Sueb (Pendidikan Biologi-Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2017

Abstract

Abstract: This research was aimed to describe the knowledge and behavior of students related toSustainableReserveFoodGarden Program (SRFGP). The research was conducted in June 2016 at Miftahul Ma’arif Islamic Boarding House Central Lombok. The type of this research is descriptive quantitative. Sample were collected through Purpossive Sampling technique. The number of respondents were 26 students. The result showed that the knowledge and behaviour of students related to SRFGP were very low, 26,4% and 5,8%, respectively. We need further action to improve the knowledge and behavior to implement SRFGP in environment preservation and awareness.Key Words: SustainableReserveFoodGarden Program (SRFGP), Student Knowledge, Student BehaviorAbstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengetahuan dan manifestasi perilaku santri yang berkaitan dengan program Kawasan Rumah Pangan Lestari. Penelitian dilakukan pada bulan Juni 2016 di pondok pesantren Miftahul Ma’arif Lombok Tengah. Jenis penelitian ini adalah  deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan sampel secara Purpossive Sampling. Jumlah responden sebanyak 26 santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan santri mengenai KRPL sebesar  26,4% dan perilaku yang berhubungan dengan KRPL sebesar 5,8%.. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pengetahuan dan perilaku santri  tentang program KRPL sangat rendah, sehingga perlu dilakukan tindakan lebih lanjut untuk meningkatkannya dalam upaua pelestarian dan kepedulian terhadap lingkungan.Kata kunci: Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), Pengetahuan santri, Perilaku  santri

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jps

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains (JPS) terbit 4 (empat) kali setahun pada bulan Maret, Juni, September, dan Desember, berisi artikel-artikel tentang pendidikan sains baik ditulis dalam bahasa Indonesia maupun asing. Artikel yang dimuat berupa hasil penelitian dan hasil pemikiran. Jurnal Pendidikan Sains ...