Kepuasan pelanggan merupakan hal yang penting bagi setiap perusahaan jasa/barang pada perusahaan. Terminal Bungurasih merupakan terminal bus tersibuk di Indonesia (dengan jumlah penumpang hingga 120.000 per hari) Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui tingkat kepuasan penumpang terhadap kualitas sistem pelayanan Terminal Purabaya (Bungurasih) Surabaya. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, dengan menggunakan kuisioner sebagai pengumpul data, sampel yang digunakan adalah 100 penumpang dari berbagai maskapai di lokasi penelitian yaitu di Terminal Terminal Purabaya (Bungurasih) Surabaya. Analisa data menggunakan analisa regresi linier berganda dan uji hipotesis meliputi uji t, uji f dan determinasi berganda. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan Analisis kepuasan penumpang terhadap kualitas sistem pelayanan Terminal Purabaya (Bungurasih) Surabaya diukur dari 5 dimensi yaitu Tangible Reliability Responsiviness Assurance dan Empathy yang dapat disimpulkan bahwa variabel bebas yang terdiri dari Tangibles, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Emphaty secara simultan mempunyai pengaruh terhadap variabel terikat yaitu Kualitas sistem pelayanan.
Copyrights © 2020