Media pembelaajaran adalah alat untuk dapat membantu proses belajar mengajar, sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran dengan lebih baik dan sempurna. Rumusan masalah dalam penelitian yaitu benarkah hasil belajar geografi dengan mempergunakan media video lebih baik daripada media gambar untuk siswa kelas X SMA Negeri 9 Banda Aceh. Penelitian bertujuan mengetahui hasil belajar geografi dengan media video lebih baik daripada media gambar untuk siswa kelas X SMA Negeri 9 Banda Aceh. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X IS-I dan X IS-2 SMA Negeri 9 Banda Aceh dan jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan Purposive sampling. Pengumpulan data dilaksanakan untuk memberikan test kepada peserta didik, yaitu pre-test dan post-test. Teknik pengolahan data menggunakan uji-t. Hasil pengolaahan data penelitian adalah = 2,59 dan = 1,68 dengan signifikan 5% dan dk=48, pada kriteria terima Ha Sesuai dengan hasil yang diperoleh di atas maka sehingga hipotesis alternatif Ha diterima,, Ini berarti hasil belajar geografi dengan mempergunakan media video lebih baik daripada media gambar untuk siswa kelas X SMA Negeri 9 Banda Aceh. Kelas eksperimen 1 memiliki rata-rata nilai 78 dan nilai post-test 87,39 sedangkan kelas eksperimen II memiliki rata-rata nilai 74 dan nilai post-test 64. Kata Kunci: perbandingan, geografi, media video, media gambar
Copyrights © 2018