Dalam konteks mengarang karangan deskripsi dengan menggunakan gambar seri adalah kemampuan dalam  mengarang karangan deskripsi. Rumusan masalahnya adalah bagaimanakah tingkat kemampuan mengarang bebas dengan menerapkan gambar seri murid kls V SDNegeri 29 Banda Aceeh. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri 29 Banda Aceh yang berjumlah 32 siswa. yang terdiri dari 19 orang siswa perempuan dan 13 orang siswa laki-laki. Tujuan rumus tersebut digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas V dalam mengarang karangan deskripsi dengan memakai gambar seri. Dilihat dari hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan nilai rata-rata adalah 80,15 berada pada kategori baik. Dilihat dari rumus presentase siswa sebanyak 14 orang siswa dengan persentase 43,75% memperoleh nilai 81-100 dengan kategori tingkatan Perfekk sangat, siswa sebanyak 16 orang siswa dengan persentase 50% memperoleh nilai 61-80 dengan kategori baik, dan siswa sebanyak 2 orang dengan presentase 6,25% memperoleh nilai 41-60 dengan kategori cukup. Simpulan pada penelitian ini adalah menyatakan bahwa kemampuanmengarang karangandeskripsi denganmenggunakan gambarseri kelas VSD Negeri 29BandaAceh berada pada kategori baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020