EDUKASI
Vol 18, No 1 (2020): Vol 18 (1) Edisi Januari 2020

CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MODEL TO IMPROVE STUDENTS’ VOCABULARY

Sitna Hawa Rajab (Universitas Khairun)
Ali Ajam (Universitas Khairun)
Asrul M. Syawal (Universitas Khairun)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengunaan model Ctl dalam belajar bahasa inggris terutama pada kosakata, pada siswa kelas dua MTS Nurul Hidayah Bobaneigo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan uji-t. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTS Nurul Hidayah Bobaneigo yang khusnya kelas VII A yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 42 siswa diantaranya pria 18 dan wanita 24. Sampelnya adalah 21 orang siswa kelas VII A. Peneliti memberikan tes sebelum treatment tentang kosakata, dan kemudian memberikan posttest setelah treatment. Hal ini dapat dilihat dalam hasil posttest menunjukan bahwa dari 21 siswa 2 siswa memperoleh luar biasa, 10 siswa memperoleh sangat baik, 6 siswa memperoleh baik, dan 3 siswa memperoleh cukup baik. Bahwa skor rata-rata di posttest 1.825. Lebih rendah di skor rata-rata di pretest 1.165. Berdasarkan data diatas pemahaman siswa masih rendah sebelum belajar melalui model pembelajaran CTL. Nilai t-test 4.48 lebih tinggi dari t-table 1.725 pada tingkat signifikan 0.05 itu adalah derajat kebebasan 20. Ini berarti bahwa Hi diterimah dan Ho ditolak. Hal ini menunjukan bahwa pengunaan model pembelajaran CTL signifikan untuk mengajar kosakata di siswa MTS Nurul Hidayah Bobaneigo.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

edu

Publisher

Subject

Education

Description

Edukasi adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Khairun, dengan ruang lingkup kajian tulisan berorientasi pada bidang Pendidikan Matematika, Pengetahun Alam, Ilmu Pengajaran Bahasa, dan Ilmu Pengetahuan Sosial. Terbit sebanyak dua kali dalam ...