UNM Journal of Biological Education
Vol 2, No 1 (2018): September 2018

HUBUNGAN KECERDASAN NATURALISTIK, KECERDASAN INTERPERSONAL DAN KECERDASAN INTRAPERSONAL DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPASMA NEGERI DI KOTA MAKASSAR

Muhammad Wajdi (Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar)
Andi Asmawati Azis (Universitas Negeri Makassar)
Rosdiana Ngitung (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (i) Untuk mengetahui hubungan kecerdasan naturalistik dengan hasil belajar Biologi SMA Negeri di Kota Makassar (ii) Untuk mengetahui hubungan kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar Biologi SMA Negeri di Kota Makassar, (iii) Untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan intrapersonal dengan hasil belajar Biologi SMA Negeri di Kota Makassar, (iv) Untuk mengetahui hubungan kecerdasan naturalistik, kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal secara bersamaan dengan hasil belajar Biologi SMA Negeri di Kota Makassar.            Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas di SMA Negeri di Kota Makassar. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Angket kecerdasan naturalistik, (2) Angket kecerdasan interpersonal, (3) Angket kecerdasan intrapersonal.            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Terdapat hubungan kecerdasan naturalistik dengan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Makassar dengan nilai korelasi sebesar 0,570, (2) Terdapat hubungan kecerdasan interpersonal dengan hasil belajar Biologi kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Makassar dengan nilai korelasi sebesar 0,536, (3) Terdapat hubungan kecerdasan intrapersonal dengan hasil belajar Biologi kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Makassar dengan nilai korelasi sebesar 0,531, (4) Terdapat hubungan antara kecerdasan naturalistik, kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal dengan hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Makassar.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

UJBE

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

UNM Journal of Biological Education with p-ISSN 2581-1959 and e-ISSN 2581-1967 publishes the latest research into the biology teaching and learning, assessment of biology learning, development of biology teaching and learning strategy, development of biology teaching media. The journal aims to ...