Artikel ini bertujuan untuk menganalisis konsep “14 poin manajemen kualitasâ€dari TQM dan penerapannya pada pendidikan tinggi. Metode penulisan artikel ini adalahdengan menggunakan metode studi literasi dari 3 jurnal mengenai penerapan TQM padapendidikan yang ditulis oleh Farooq, et al (2007), Thapa (2011), dan Sohel-Uz-Zaman(2016). Dari ketiga jurnal tersebut, diambil salah satu poin penting yang harus diterapkanpada pendidikan tinggi yang ingin menerapkan TQM, yaitu dengan menjalankan “14 poinmanajemen kualitasâ€. Dari poin tersebut diuraikan lebih lanjut melalui pemikiran penulisyang didasarkan pada sumber-sumber lain yang relevan. Kesimpulan dari artikel inimenunjukkan bahwa konsep “14 poin manajemen kualitas†sebagai prinsip dasarpenerapan TQM dapat diterapkan pada pendidikan tinggi, khususnya universitas.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019