Humanika
Vol 2 No 3 (2019): Jurnal Ilmiah Humanika: Jurnal Ilmu Sosial, Pendidikan, dan Humaniora

PENERAPAN “14 POIN MANAJEMEN KUALITAS” SEBAGAI PRINSIP TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) PADA PENDIDIKAN TINGGI

Mahendrawan, Ersam (Unknown)
Yanuarti, Maghfiroh (Unknown)
Solihat, Ihat (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2019

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis konsep “14 poin manajemen kualitas”dari TQM dan penerapannya pada pendidikan tinggi. Metode penulisan artikel ini adalahdengan menggunakan metode studi literasi dari 3 jurnal mengenai penerapan TQM padapendidikan yang ditulis oleh Farooq, et al (2007), Thapa (2011), dan Sohel-Uz-Zaman(2016). Dari ketiga jurnal tersebut, diambil salah satu poin penting yang harus diterapkanpada pendidikan tinggi yang ingin menerapkan TQM, yaitu dengan menjalankan “14 poinmanajemen kualitas”. Dari poin tersebut diuraikan lebih lanjut melalui pemikiran penulisyang didasarkan pada sumber-sumber lain yang relevan. Kesimpulan dari artikel inimenunjukkan bahwa konsep “14 poin manajemen kualitas” sebagai prinsip dasarpenerapan TQM dapat diterapkan pada pendidikan tinggi, khususnya universitas.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

humanika

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah HUMANIKA adalah wadah berkarya bagi para penulis dan peneliti untuk menerbitkan tulisannya tentang berbagai bidang keilmuan seperti ilmu sosial, pendidikan dan humaniora. Karya yang kami usung adalah artikel, hasil penelitian dan review buku yang menjadikan masyarakat dan manusia ...