Penerapan TIK dalam pembelajaran sangat diperlukan karena merupakan  salah satu tuntutan dalam menerapkan kurikulum. Salah satu TIK yang dapat diterapkan adalah video pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh video pembelajaran kimia terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas X  pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan jenis quasi eksperimen yang dilaksanakan melalui rancangan” posttest-only control group design”. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan Media Video Pembelajaran Kimia dan kelas kontrol dengan metode konvesional.Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Data motivasi belajar siswa diperoleh menggunakan angket sedangkan hasil belajar siswa menggunakan tes pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan bantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) ada pengaruh video pembelajaran kimia terhadap  motivasi  belajar.  Hal ini dibuktikan oleh signifikan uji  Z 0.00< 0,05 .Rata-rata motivasi kelas eksperimen (68.35) dan lebih tinggi daripada kelas kontrol (60.39) (2) tidak ada pengaruh video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan signifikan uji t 0.296> 0.05. Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen73.8  dan kontrol 68.8.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 0000