Journal of Nonformal Education and Community Empowerment
Vol 3 No 2 (2019): Journal of Nonformal Education and Community Empowerment

IMPLEMENTASI PENDEKATAN PARTICIPATORY RURAL APPRAISAL PADA PROGRAM PELATIHAN

Ridwan, Ihwan (Unknown)
Dollo, Asdar (Unknown)
Andriyani, Andriyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi pendekatan partisipatory rural appresial pada program pelatihan pengolahan hasil pertanian dan model pemberdayaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian PRA, lokasi penelitian di Kecamatan Masalle Kabupaten Enrekang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi Subjek penelitian adalah pengelola PKBM, tokoh masyarakat, mitra dan peserta pelatihan. Teknik yang digunakan adalah purposive sampling, analisis data yang digunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan PRA efektif dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan memanfaatkan rumah produksi berbasis teknologi informasi. Model PRA yang diformulasikan dengan pengelola PKBM menemukan bahwa pada tahap refleksi perlu dilakukan monitoring dan evaluasi pada tahap perencanaan dan tindakan agar dapat diketahui output dan outcome dari kegiatan pelatihan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jnfc

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

The Journal of Nonformal Education and Community Empowerment is published twice a year in June and December. This journal is published by the Department of nonformal Education Faculty of Education Semarang State University since 2012, in 2017 changed with the new ISSN and in collaboration with the ...