Ibtida'i : Jurnal Kependidikan Dasar
Vol 6 No 1 (2019): Juni 2019

EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL CHILDREN LEARNING IN SCIENCETERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA

Yoni Febriati (UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)
Asep Saefurohman (UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)
Juhji Juhji (UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan peserta didik dalam mendeskripsikan dan memahami suatu konsep pada materi klasifikasi benda, hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru sehingga peserta didik dididik untuk berpikir kembali dan mengumpulkan berbagai keterangan tanpa diminta menelaah dan memahami arti yang tersimpan di dalamnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menyelidiki bagaimana penerapan model children learning in science dan pengaruhnya terhadap pemahaman konsep IPA pada materi klasifikasi benda. Metode penelitian menggunakan pre-eksperimen dengan desain one group pretest-postest. Sampel penelitian sebanyak 24 peserta didikdengan menggunakan nonprobability sampling. Data dikumpulkan melalui tes uraian sebanyak 7 item yang sudah divalidasi.Penerapan model children learning in sciencedalam proses pembelajaran mendapatkan hasil dengan nilai rata-rata sebesar 72 sedangkan proses pembelajaran yang tidak menerapkan model children learning in sciencemendapatkan hasildengan nilai rata-rata 27,04. Kemudian dianalisis pengujian statistik dengan menggunakan uji t karena sampel yang digunakan merupakan sampel kecil yang saling berhubungan dan diperoleh nilai tosebesar8,133 lebih besar dari ttabelsebesar 2,069.Artinya, penelitian ini menemukan bahwa penerapan model children learning in science berpengaruh terhadap pemahaman konsep IPA.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ibtidai

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

IBTIDA’I merupakan Jurnal hasil penelitian mahasiswa dan dosen Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. ...